ramJakarta, Mediatren – Prosesor memang menjadi faktor penting buat performa smartphone. Tapi ada faktor lainnya yang juga ikutan menentukan seberapa kencang kinerja smartphone, yaitu kapasitas RAM (Random Access Memory). Semakin besar kapasitas RAM maka kecepatan kinerja smartphone juga akan melesat. Belakangan ini pun semakin banyak smartphone yang sudah dibekali dengan RAM berkapasitas besar. Hingga saat ini kapasitas RAM yang paling besar mencapai 4 GB. Dan beberapa smartphone terbaru yang sudah beredar sudah diselipkan RAM berkapasitas 4 GB. Berikut ini diantaranya :
Samsung Galaxy S7 Edge
Berbeda dengan versi global yang mengusung prosesor premium Snapdragon 820, model Galaxy S7 Edge yang mendarat di tanah air ditopang Exynos 8890, prosesor octa-core besutan Samsung sendiri. Meski begitu, performanya tetap cemerlang di antara ponsel kebanyakan yang ada di pasar. Mengusung layar 5,5 inci, RAM 4GB, storage 32GB, baterai 3600mAh, kamera 12MP/5MP, Galaxy S7 Edge dibanderol tinggi, yakni Rp10,5 juta.

Tahun lalu Galaxy S6 Edge hadir bersama Galaxy S6 dengan pembeda hanya terletak di bentuk layar melengkung. Namun keseluruhan spek, semunya sama. Tahun ini, S7 Edge menghadirkan kembali tampilan inovatif S6 Edge, bahkan lebih melengkung lagi, dan menggabungkannya dengan setumpuk fitur dan power luar biasa dari Galaxy S7. Hasil jepretan kamera brilian, campuran material logam dan kaca sangat nyaman digenggam, dan bahkan overlay Touchwiz berubah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dari sebelumnya. Peningkatan dalam hal daya tahan baterai juga disambut antusias. Kendati dibanderol dengan harga tinggi, smartphone menawarkan yang terbaik di hampir setiap departemen.

Samsung Galaxy S7
Serupa dengan saudara lengkungnya, Galaxy S7 juga ditemani prosesor besutan Samsung, Exynos 8890, bukan Qualcomm Snapdragon 820. Mengusung layar lebih sempit 5,1 inci, RAM 4GB, storage 32GB, baterai 3000mAh, dan kamera 12MP dan kamera selfie 5MP, sudah mengadopsi Android 6.0 Lollipop. Dibanderol sedikit lebih murah Rp9 juta.

Sekilas, desain S7 terlihat sama seperti flagship tahun lalu S6. Namun ternyata banyak perbedaannya. Pertama, bagian belakang ponsel terasa jauh lebih baik berkat bagian belakang yang melengkung (melalui proses yang disebut 3D Thermo Forming). Flagship tahun ini sekarang tahan air dan dilengkapi slot microSD. Kamera ini hanya brilian (lebih rendah di megapixel tapi ditingkatkan kualitasnya).

Oppo F1 Plus
Melenggang di Indonesia pertengahan April dengan harga Rp5,5 juta, Oppo F1 Plus cukup diminati konsumen. Pasalnya, vendor mengakomodir pengguna smartphone yang gemar fotografi, terutama selfie. Kamera depan F1 Plus mengusung kualitas lebih baik dari pada kamera belakang. Wajar bila vendor menamakannya “Selfie expert”.

Kendati difokuskan untuk selfie, ponsel diperkuat SoC Helio P10 2GHz besutan MediaTek, dengan 4GB RAM dan 64GB storage. Dalam lembar spesifikasi, F1 Plus menyuguhkan bentang layar 5.5-inch FHD display, kamera belakang 13MP, kamera depan 16MP, dan kapasitas bateri 2850mAh. Pada Juni 2016, vendor mengkonfirmasi kehadiran edisi khusus smartphone F1 Plus dalam balutan nuansa Barcelona, termasuk untuk pasar Indonesia.

Vivo V3 Max
Resmi dirilis di pasar Indonesia akhir Mei 2016, V3 Max merupakan produk anyar dari produsen smartphone global Vivo. Ponsel mengedepankan kecepatan dalam performanya sebagai pelengkap kebutuhan kaum urban yang fun dan energetic. Sudah dijajakan baik online maupun offline, V3 Max dibanderol Rp5 juta dengan pilihan warna Gold dan Rose Gold.

Termasuk kategori premium, V3 Max mengkombinasikan 4GB RAM dengan Snapdragon 652 64-bit Octa-Core CPU dan kemampuan mengenal sidik jari. Ponsel juga memiliki teknologi penghematan daya yang inovatif yang bisa mengisi daya baterai dalam 5 menit untuk memutar musik selama 2 jam.

Kamera utama 13MP dan sekunder 5MP dapat diaktifkan dalam secepat 0,7 detik dan teknologi PDAF. Ada juga fitu bernama Smart Split, untuk multitasking, sehingga engguna dapat menonton video streaming sekaligus membalas pesan. Desain all-metal case, V3Max dilengkapi dengan VIVO AK4375 Hi-Fi Chip yang memberikan kualitas pemutaran audio dan video bermutu Hi-Fi.

Asus Zenfone 2 Deluxe
November silam, Asus resmi merilis model Zenfone 2 Deluxe dengan dua versi storage, yakni 32GB dan 256GB. Kendati ruang penyimpanannya luas, produsen tetap memberi opsi slot microSD untuk penambahan memori eksternal sampai dengan 128GB. Spesifikasi lain di antaranya adalah layar berdiameter 5,5 inci IPS LCD dengan resolusi FullHD dan dilindungi Corning Gorilla Glass 3, dengan lapisan Asus ZenUI di atas Android OS 5.0 Lollipop. Untuk kinerjanya, Zenfone 2 Deluxe sudah ditopang prosesor empat-inti 2.3GHz dari Intel Atom Z3560 yang berpadu GPU PowerVR G6430, berpadu RAM 4GB.

Untuk keperluan fotografi, vendor telah menyiapkan kamera 13MP dengan dual-LED flash, dan kamera selfie 5MP. Tidak lupa, handset juga sudah support jaringan 4G-LTE dan Bluetooth 4.0. Sementara kapasitas baterainya adalah 3000mAh, yang sudah mengadopsi fitur fast charging 60% dalam 40 menit