GOOGLE Akan Diblokir, Ini Alternatifnya!!

4

Google, sebuah perusahaan raksasa di bidang teknologi dan aplikasi asal Amerika Serikat, siapa yang tidak mengenalnya. Lewat berbagai aplikasinya yang sudah menjadi kebutuhan primer bagi mayoritas masyarakat dunia khususnya Indonesia seperti layanan surat elektronik (Gmail), aplikasi berbagi video Youtube, hingga situs pencarian Google itu sendiri adalah bagian yang terpisahkan bagi kaum pekerja maupun pelajar. Perusahaan yang resmi berdiri sebagai PT Google Indonesia sejak tahun 2011 di Indonesia tersebut sebenarnya sudah sejak pertengahan tahun 2014 diusut terkait "pengemplangan" pajak. Pihak Google menolak untuk diperiksa oleh Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan. Bahkan, mereka tidak juga mendirikan Badan Usaha Tetap sebagai dasar pengenaan pajak. Menteri Keuangan (Sri Mulyani) menyatakan hal ini adalah suatu pelanggaran dan terdapat sanksi yang dapat dikenakan, salah satunya yaitu pemboikotan dari Indonesia. Mekanisme perpajakan ini sesungguhnnya telah dikaji dari sisi regulasi dengan adanya Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan, bahwa pajak bagi perusahaan raksasa Over The Top (OTT) seperti Google harus membayar pajak penghasilan sebesar 25%.

Berikut ini saya rangkum berbagai aplikasi / situs alternatif yang dapat sedikit menggantikan peran Google dalam keseharian sobat Gadget Squad untuk tetap mendukung produktivitas. Setidaknya saya jabarkan 3 aplikasi / situs terbesar yaitu Google.com, Gmail, dan Youtube.

1. Situs Pencarian: Bing

Setiap mesin pencarian tentunya memiliki algoritma sendiri-sendiri. Hal ini dapat menyebabkan perebedaan hasil pencarian di web. Misalkan ketika kita ketik keyword "hotel murah" di Google akan menampilkan situs A di daftar teratas, maka dengan situs pencarian lain mungkin akan menampilkan situs B.

Kelebihan dari bing.com adalah pada sisi pencarian video yang dapat menampilkan hasil dari situs lain selain Youtube sehingga lebih variatif. Yang kedua, disajikannya referensi terhadap topik pencarian video, sehingga akan lebih banyak lagi pilihan hasil pencarian kita. Ketiga, terdapat fitur aktivasi filter (dapat dimatikan), sehingga kita dapat menemukan situs yang diblokir. Keempat, terdapat thumbnail review dari link yang tampil di daftar hasil pencarian, apabila kita mengarahkan kursor pada link tersebut sehingga tidak perlu meng-klik dahulu untuk melihat isinya.

2. Surat Elektronik: Hotmail

Tentunya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antar layanan surat elektronik. Namun mengapa saya merekomendasikan hotmail.com ? Karena: pertama, terintegrasinya dengan ekosistem Windows Phone sebagai bagian dari Perusahaan yang sama milik Microsoft sehingga akses dan navigasinya lebih lancar. Kedua, terdapat link langsung untuk situs-situs dan aplikasi yang masih juga dalam naungan Microsoft, seperti Twitter, Skype, Facebook, dan lain-lain. Ketiga, disediakannya layanan penyimpanan berbasis awan (cloud) pada OneDrive sejumlah 15 GB.

Baca Juga  Lebih Dari 7 Menit, Pesan di WhatsApp Tetap Bisa Dihapus, Begini Caranya

3. Situs Berbagi Video: DailyMotion

Terdapat berbagai pilihan lain untuk menggantikan peran Youtube, namun saya akan membahas DailyMotion sebagai situs video sharing terpopuler nomor 2 setelah Youtube. Kelebihannya adalah: pertama, Dailymotion minim iklan sehingga lebih nyaman untuk ditonton dan lebih hemat waktu maupun kuota data. Kedua, sudah terdapat berbagai channel populer (WatchMojo, FC Barcelona, OkeZone, dan lain-lain) yang juga dapat di-subscribe layaknya pada Youtube. Dan ketiga, terdapat tab kategori video yang tidak sulit untuk dicari, sehingga memudahkan dan membuat nyaman untuk belajar menggunakan Dailymtion.

Demikianlah berbagai aplikasi / situs yang saya rekomendasikan untuk setidaknya menggantikan beberapa fungsi dari situs-situs dan aplikasi milik Google yang kemungkinan akan diblokir di Indonesia. Apabila sobat Gadget Squad punya ide dan opini lain, silahkan masukkan di kolom komentar ya!


Terima kasih 🙂

4 COMMENTS