Vivo lagi-lagi menggelontorkan smartphone seri terbarunya. Yaitu Vivo V5s. Sejumlah seri smartphone terbaru sudah diluncurkan Vivo sejak awal tahun ini. Dari mulai seri Vivo V5 , V5 Plus, V5 Lite hingga yang terbaru yaitu V5s.

 

Sama dengan smartphone ‘saudaranya’ sebelumnya, Vivo V5 Lite, seri V5s juga lebih menyasar ke pengguna pemula. Ini terihat dari harganya yang tidak jauh berbeda. Vivo V5s dibanderol dengan harga Rp 3 jutaan. Ini berarti levelnya masih di bawah Vivo V5 dan V5 Plus.

 

Meskipun begitu secara keseluruhan Vivo V5s masih membawa fitur dan spesifikasi yang terbilang tinggi. Tidak hanya itu, bodinya pun masih didesain dengan tampilan yang tetap terlihat elegan. Bagian bodi belakang dan sampingnya masih dibalut warna rose pink berkontur dove. Sisi sekeliling sampingnya juga masih diberi ornament list berwarna gold chrome yang menambah kesan elegan.

 

Ukuran bodinya terbilang standar untuk ukuran smartphone berlayar 5,5 inchi, namun pas di genggaman tangan . Bodinya memang tidak begitu tipis, namun bentuknya cukup ergonomis. Untuk bobotnya, smartphone ini terasa tidak begitu ringan.

 

Sama dengan beberapa seri Vivo V5 sebelumnya, desain V5s juga berjenis unibodi. Yang berarti baterai menyatu dengan bodi sehingga bagian belakang smartphone tidak bisa dilepas. Itulah mengapa dua slot simcard dan satu memori eksternal diletakkan di bodi luar.

 

Camera Selfie

Sama seperti tiga seri sebelumnya (V5 , V5 Plus, V5 Lite) di seri V5s masih menjagokan fitur kamera selfie. Bahkan dibandingkan V5 Lite, kamera selfie di smartphone ini resolusinya lebih tinggi, yaitu 20 megapiksel dengan sensor Sony IMX376 dan aperture f/2.2 . Sedangkan v5 Lite berresolusi 16 megapiksel.Untuk kamera belakangnya, resolusinya masih sama, yaitu 13 megapiksel.

 

Kamera selfie di Vivo V5s dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung. Seperti Face Beauty, yang fungsinya pasti sudah tahu, yaitu memperbagus tampilan muka agar hasil fotonya lebih kece. Beberapa fasilitas yang disediakan untuk mengedit tampilan muka seperti Buffing, Skin Tone dan Whitening.

 

Ada juga fitur HDR agar foto terlihat jelas meski dalam kondisi backlight. Atau jika kondisi lokasi pengambilan foto minim cahaya, sudah disediakan lampu flash pada kamera selfie. Untuk mulai memotret pun disediakan tiga cara shot, yaitu Touch (menekan tombol shot), Voice (perintah suara) dan Palm (lambaian tangan). Kamera selfie ini juga bisa merekam video hingga resolusi Full HD 1080p.
Kamera Belakang

Meski menjagokan kamera selfie, Vivo V5s tidak begitu saja mengeyampingkan kamera belakang. Kamera belakangnya pun masih bsia diandalkan untuk menghasilkan foto yang bagus. Kamera belakang Vivo V5s membawa kekuatan resolusi sebesar 13 megapiksel. Resolusi ini sama dengan yang dimiliki Vivo V5 dan V5 Lite.

 

Kamera belakangnya ini juga dilengkapi dengan fitur Face Beauty, untuk menghasilkan foto dengan tampilan wajah yang terlihat lebih bagus. Tidak ketinggalan juga ada beberapa fitur pendukung kamera untuk kamera belakang. Seperti Panorama, Night, Ultra HD, PPT, Profesional, Slow, Time Lapse.

 

Kamera belakang juga dibekali dengan lampu flash yang membantu saat kondisi kurang cahaya. Soal kemampuan  merekam video , kamera belakang memiliki kekuatan yang sama, yaitu bisa merekam hingga resolusi Full HD 1080p.

 

Fitur Khas

Selain membawa berbagai fitur bawaan Android, di Vivo V5s juga menyertakan beberapa fitur khas. Antara lain i Theme, yang menyediakan berbagai macam pilihan tampilan theme, wallpaper dan Lock Screen yang bisa dipilih sesuai selera. Caranya cukup mendownloadnya, karena banyak yang tersedia secara gratis.

 

Selain itu juga ada fitur V-Appstore. Fitur ini berisi berbagai macam aplikasi dan juga game. Sebenarnya mirip dengan Google PlayStore. Aplikasinya pun sebenarnya berasal dari Google PlayStore. Hanya saja Vivo memilihkan berbagai aplikasi dan game yang sesuai dengan smartphone V5s ini.

 

Selanjutnya ada fitur Apps Clone yang baru  pertama kali dihadirkan pada V5s. Fitur ini memungkinkan untuk menggandakan aplikasi media sosial sehingga dapat mengaktifkan dua akun secara bersamaan dalam satu smartphone. Fitur ini bisa digunakan pada aplikasi WhatsApp, BBM, LINE, dan Viber. Ada juga fitur Smart Split 2.0 yang memungkinkan menjalankan dua aplikasi multitasking dalam satu layar smartphone. Beberapa aplikasi yang dapat menggunakan fitur ini : Facebook, LINE, Viber, Messages, WhatsApp, YouTube, Video Streaming, VLC, dan masih banyak lagi.

 

Vivo V5s juga dilengkapi sensor fingerprint yang menjadi satu dengan tombol Home yang berada di bawah layar. Fingerprint ini memungkinkan pengguna dapat membuka kunci layar dengan cepat hanya dengan menyentuhkan sidik jari. Sensor ini dapat merespon sentuhan sidik jari dalam waktu hanya 0,2 detik saja.

 

Kinerja

Kinerja Vivo V5s disokong prosesor MediaTek MT6750 octa-core 1,5 GHz. Untuk kapasitas RAM nya dibekali sebesar 4 GB. Kapasitas RAM ini lebih besar dibandingkan Vivo V5 Lite yang sebesar 3 GB.

 

Juga ada sistem manajemen Smart Engine generasi baru yang dipadukan dengan Funtouch OS 3.0 terbaru (berbasis Android 6.0) yang memberikan kinerja yang lancar. Untuk ruang penyimpanan, disediakan memori internal 64 GB. Ini berarti bisa menampung lebih luas dibandingkan V5 dan V5 Lite, yang memori internalnya sebesar 32 GB. Jika masih dirasa kurang, disediakan slot microSD yang bisa membaca hingga kapasitas 256 GB. Slot Micro SD ini menjadi satu dengan slot simcard 2.

 

Untuk daya tahan hidupnya, Vivo V5s dibekali baterai berkapasitas 3.000 mAH. Kapasitas ini sama besarnya dengan kapasitas pada baterai Vivo V5 dan V5 Lite. Kapasitas baterai sebesar ini terbilang cukup untuk menjalakan berbagai aktifitas di smartphone ini kurang lebih selama seharian.

 

 

Spesifikasi :

FREQUENCY                : 850/900/1800/1900, 3G/HSDPA/4G/LTE

PROSESOR                   : MediaTek MT6750 octa-core 1,5 GHz

RAM                            : 4 GB

LAYAR                          : 5.5 inchi 720 x 1280 pixels, IPS

MEMORI                     : 64 GB, Micro SD 256 GB

Kamera Belakang       : 13 MP

Kamera sekunder        : 20 Mpix

BATTERY                     : 3.000 MAH

OS                                : Android v 6.0 Marshmallow