GadgetSquad.ID – Konsumsi baterai yang boros membuat perangkat seperti charger menjadi sangat penting bagi pengguna smartphone. Oleh karenanya sangat penting untuk selalu membawa charger mereka kemanapun mereka pergi. Sering dibawa jalan membuat charger kurang diperhatikan penggunanya. Alhasil charger ponsel mereka menjadi cepat rusak, karena pengguna tidak merawat charger smartphonenya dengan baik. Tentu hal ini dapat berpengaruh pada daya tahan baterai smartphone. Untuk itu sebaiknya kita mengetahui cara merawat charger smartphone. Berikut tips merawat charger gadget atau smartphone.

1. Gulung Dengan Benar
Posisi kabel charger saat digulung sangat menentukan awet atau tidaknya charger smartphone. Maka dari itu ketika menggulung kabel pastikan agak longgar sehingga kabel tidak tegang. Jika kamu menggulung kabel terlalu rapat, biasanya pangkal kabel charger menjadi tegang. Kondisi seperti ini dapat membuat elemen di dalam kabel putus.

2. Copot Setelah Charging
Kebiasaan buruk kebanyakan orang, setelah selesai mengisi baterai biasanya tidak mencopot charger dari sumber listrik dan membiarkan kabelnya terurai begitu saja. Hal ini akan membuat charger lebih cepat rusak karena terus menerus terhubung dengan sumber listrik.

3. Pastikan Posisinya Benar
Ketika kita bepergian membawa smartphone tentu kita juga akan membawa charger smartphone. Simpanlah charger pada posisi yang benar. Pastikan charger tidak terhimpit benda-bedan lainnya. Jangan lupa pastikan kabel charger digulung dengan baik. Sehingga tidak kusut untuk menghindari resiko kabel putus.

4. Hindarkan Dari Anak Kecil
Jika di rumah banyak anak kecil apalagi balita, lebih baik meletakan charger di tempat yang tidak dapat dijangkau anak-anak. Karena banyak charger rusak akibat ditarik oleh anak-anak. Akhirnya charger tidak dapat berfungsi dengan baik. Maka dari itu penting sekali untuk tidak meletakannya sembarangan. Bahkan saat mengisi baterai hindari tempat yang dapat dijangkau anak-anak.

5. Simpan Di Tempat Yang Aman
Usahakan setelah mengisi baterai letakan charger di tempat yang aman. Hal ini untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjatuh dari tempat yang tinggi atau malah ditarik oleh anak-anak. Begitu juga saat mengisi baterai di tempat umum, hindari meletakan charger di meja atau tempat lainya. Usahakan untuk langsung menyimpannya di dalam tas atau kantong baju.