HEXA, Robot Laba-laba yang Bisa Diprogram Sendiri

0

Perangkat robot kini makin canggih saja. Kini ada HEXA, Robot Laba-laba yang Bisa Diprogram Sendiri. Robot ini dibuat oleh perusahaan pembuat robot consumer Vincross. Bentuknya unik karena seperti seekor laba-laba

HEXA adalah robot berkaki enam ini memiliki kemampuan bergerak dengan cepat. Robot berdiameter 12 cm dan 50,8 cm ini cukup kompak sehingga dapat dimasukan kedalam tas ransel penggunnya.

Untuk bergerak HEXA berbagai sensor untuk “melihat” termasuk kamera 720p. Bahkan ditambahkan dengan fitur night vision, 3-axis accelerometer, sensor pengukur jarak, dan inframerah.

Vincross mengklaim robot ini memiliki tingkat kemampuan manuver yang tinggi dan dapat berjala disegala medan dengan cepat. Robot ini dapat dikendalikan melalui sebuah smartphone.

Vincross memberikan keleluasaan bagi pengunanya yang ingin mengkostumisasi HEXA, dengan menggunakan MIND, yakni sebuah system operasi dengan software developer kit sendiri. Dengan mengunakan platform Linux, MIND akan membiarkan penguna untuk menciptakan gerakan dan aplikasi baru, sehingga mampu memperluas kemampuan robot. Pengguna juga dapat menggunakan Skills Store, sehingga memudahkan pemilik HEXA untuk berbagi dan menguji program. Skills Store ini dapat diakses melalui aplikasi HEXA mealui sebuat smartphone.

Melalui program Kickstarter sekarang seharga $ 499 para donator akan mendapatkan HEXA, dengan kit pengembang perangkat lunak yang lengkap, charger kabel, dan beberapa hadiah bonus lainnya.