Antara Xiaomi Mi A1 dan  Moto G5s Plus Bagus Mana ?

0

Dua smartphone keren baru saja meluncur kemarin di Indonesia, Antara Xiaomi Mi A1 dan  Moto G5s Plus Bagus Mana? kedua smartphone ini memiliki spesifikasi dan harga yang terbilang mirip, ya setidaknya hingga tanggal 28 Seprember besok, Karena Moto G5S Plus masih dibanderol dengan harga promo pre order.

Nah, karena saya sendiri belum lama mencoba smartphone ini jadi saya akan coba menbandingkan antara Xiaomi Mi A1 dan Moto G5S Plus secara spesifikasi yang dimilikinya. Berikut adalah perbandingan antaranya.

Desain

Yang pertama secara desain. Kali bentuknya sih daya tidak terlalu banyak perbedaan. Moto G5s Plus memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda pada produk-produk sebelumnya, sedangkan Moto G5S Plus memiliki bentuk kekinian yang mirip dengan iPhone terbaru. Kali dari ukuran dimensi keduanya juga terbilang sama. Bedanya hanya sekitar 1 hingga 2 cm lebih tinggi untuk Xiaomi Mi A1 dan lebih lebar dan tebal untuk Moto G5S Plus. Untuk beratnya Moto G5S Plus juga sedikit lebih berat.

Kedua smartphoe ini sama sama memiliki fitur finger rint scanner, namu yang membedakan adalah pada letaknya pada smatpohne Xiaomi Mi A1 berada di bagian punggung, sedangkan Moto G5S Plus berada pada tombol Home bagian depan.

Layar

Beralh pada bagian layar kita lihat kedua smatphone ini sama-sama memiliki layar 5.5 inchi  dengan resolusi FullHD 1080 x 1920 pixels, keduanya juga dilapisi dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3 jadi pada sisi ini keduanya terbilang sama kuat.  Begitu juga dari sisi tampilan keduanya dibungkus dengan interface dari OS Android Nougat, dan pastinya keduanya juga siap menerima system operasi Android 8.0 Oreo.

Hardware

Menilik dari sisi jeroannya, keduanya menggunakan chipset prosesor dan GPU yang sama. Yakni sama-sama mengunakan Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625, CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 506. Tidak hanya itu keduanya juga sama-sama dibekali dnegan memori RAM 4 GB

Yang membedakan adalah dari kapasitas memori internal dimana Xiaomi Mi A1 memiliki kapasitas dua kali lebih besar dibandingkan Moto G5S Plus dengan 64 GB, sedangkan Moto G5S Plus memiliki kapasitas memori internal sebesar 32GB.

Namun kedua smartphone ini sama-sama memiliki slot microUSB sehingga keterbatasan memori internal dapat ditambahkan dengan kartu memori MicroSD hingga 128GB

 

Kamera

Perbedaan yang cukup banyak adalah dari fitur kamera, pada fitur ini Moto G5S Plus memiliki dual kamera dengan resolusi yang lebih besar dengan 13MP, kamera belakang ganda 13 MP ang dikombinasikan dengan software spesial. Didalamnya tersedia Mode ‘selective focus’ memudahkan untuk mengambil gambar profesional dengan menambahkan efek latar belakang ‘blur’. Mode hitam dan putih, atau ganti latar belakang yang bisa memberikan foto Anda tampilan yang benar-benar baru.

Xiaomi Mi A1 memang sama-sama memiliki Dual lensa kamera namun resolusinya 12 MP. Dua lensa kamera ini masing-masing memiliki fungsi wide angle + telephoto. Hasilnya Dual camera ini mampu menghasilkan foto setara kamera DSLR, yaitu foto dengan efek bokeh. Bahkan Xiaomi berani mengklaim hasil foto bokehnya lebih bagus dibandingkan hasil foto dari Dual Camera di iPhone 7. Foto bokeh dari Dual Camera Xiaomi Mi A1 diklaim fokusnya terlihat lebih tajam dan tampilannya lebih terang. Dual camera ini juga diberi kemampuan melakukan 2x oprical zoom dan  10x digital zoom.

Baca Juga  Ini Sebabnya Samsung Galaxy Note8 Disebut Sebagai Hp Kamera Terbaik 2017

Sedangkan untuk kamera depan Moto G5S Plus memiliki resolusi 8MP dengan sudut lebar dilengkapi dengan LED selfie flash dan mode ‘panoramic selfie’ baru sehingga Anda bisa mengambil foto selfie tidak hanya teman tapi juga lingkungan sekitar. Sedangkan untuk Xiaomi Mi A1 hanya memililii kamera depan dengan resousi kamera 5 MP.

Konektifitas

Kedua smartphone Moto G5S Plus dan Xiaomi Mi A1 memang sama sama memiliki konektifitas yang sama kuat. keduanya sama-sama mampu terkoneksi pada jaringan 4G/LTE. Tidak hanya itu kedua smartphone ini juga memiliki koneksi nirkabel seperti wifi, Bluetooth, Radio FM, hingga kabel data. Namun yang membedakan Xiaomi Mi A1 menggunakan kabel data MicroUSB Type-C sedangkan Moto G5s Plus masih menggunakan microUSB 2.0.

Baterai

Dari sisi kekuatan daya tahan baterai kedua smartphone baik Xiaomi Mi A1 dan Moto G5S Plus sama-sama meggunakan kapasitas baterai 3000 mAh. Tidak hanya itu, keduanya juga diklaim memiliki kemampuan untuk mengisi daya lebih cepat sehingga penguna tidak perlu menuggu lama saat mengisi daya baterai.

Begitulah perbandingakn singkat atara kedua smartphone antara Xiaomi Mi A1 dan Moto G5S Plus, mana yang lebih bagus? Keduanya terbilang sama kuat dan biar andalah yang menentukan.

Untuk lebih legkapnya berikut adalah perbandingan spesifikasi lengkap antara kedua smartphone ini.


Xiaomi Mi A1
Motorola Moto G5S Plus
Dimensi 155,4 x 75,8 x 7,3 mm 153,5 x 76,2 x 8 mm
Berat 165 gram 168 gram
Layar 5,5 inci, 1920 x 1080 piksel, IPS LCD,

lapisan gores Gorilla Glass 3

5,5 inci, 1920 x 1080 piksel, IPS LCD,

lapisan gores Gorilla Glass 3

Hardware Snapdragon 625, octa-core Cortex-A53 2 GHz, GPU Adreno 506 Snapdragon 625, octa-core Cortex-A53 2 GHz, GPU Adreno 506
RAM 4 GB 4 GB
Memori Internal 64 GB 32 GB
Slot Memori Eksternal MicroSD hingga 128 GB MidroSD hingga 128 GB
Kamera Belakang Dual Kamera (12 megapiksel wide-angle (26mm equiv. full-frame), lensa f/2.2, dual-tone flash + 12 megapiksel telephoto (50mm equiv. full-frame), lensa f/2.6) Dual Kamera (13 megapiksel, lensa f/2.0, sensor full-color, dual-tone LED flash + 13 megapiksel, lensa f/2.0, sensor monokrom)
Kamera Depan 5 megapiksel 8 megapiksel, LED flash
Kapasitas Baterai 3.000 mAh 3.000 mAh
Jaringan Seluler GSM/ 3G HSPA/ 4G LTE GSM/ 3G HSPA/ 4G LTE
Konektor USB USB Type-C micro-USB 2.0
Konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, jack audio 3,5 mm, GPS, A-GPS, GLONASS Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.2, jack audio 3,5 mm, GPS, A-GPS, GLONASS
Harga Rp 3.100.000 Rp 2.999.000