Banyak Ponsel “Lawas” Tidak Terpakai? Dijadikan Ini Saja…

0

Pesatnya perkembangan teknologi ponsel atau smartphone, akan membuat perangkat ponsel atau smartphone “lawas” tidak terpakai lagi. Jika dijual bikin sakit hati, mending dimanfaatkan sebaik-baiknya supaya berguna. Bagaimana caranya?

Dijadikan Sebagai Alarm

Fitur alarm pada ponsel atau smartphone pasti masih tetap dapat digunakan. Tinggal atur jam bangun, pilih ringtones untuk bunyi alarm, dana tur volume sesuka hati, maka anda sudah bisa memanfaatkannya sebagai sebuah alarm.

Dibandingkan jam alarm biasa, fitur alarm ponsel juga dapat menggunakan fitur multiple alarm, jadi anda tidak perlu menggunakan jam alarm untuk membangunkan tidur. Dengan memanfaatkan ponsel lama anda, maka tidak perlu lagi mengaktifkan fitur alarm pada smartphone yang biasa dipakai.

Dijadikan kamera CCTV

Jika ponsel tersebut adalah tergolong sebuah smartphone, maka anda bisa memanfaatkannya sebagai kamera CCTV. Dengan bermodalkan kamera utama yang masih mumpuni, anda tinggal menginstal aplikasi didalamnya. Tinggal install aplikasi SalientEye di Google Play Store. Kemudian, jalankan aplikasi dengan syarat harus selalu terhubung ke layanan internet. Letakkan smartphone dengan kamera yang menyorot langsung ke jendela atau pintu yang akan anda awasi. Bila ingin keluar rumah dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya hubungkan smartphone pada charger, agar kamera terus aktif tanpa khawatir kehabisan daya.

SalientEye merupakan aplikasi pintar yang sangat berguna untuk membantu melindungi keamanan rumah. Jika suatu saat terjadi perampokan, kamera akan memotret secara continous berdasarkan sensor pendeteksi gerakan.

Hasil foto secara otomatis akan terkirim ke email Anda dan beberapa saat kemudian smartphone akan berdering keras.ini akan membuat perampok lari ketakutan. Sedangkan hasil foto tersebut, bisa digunakan sebagai barang bukti pelaporan ke pihak berwajib. Gampang kan?

Memang sih tidak setajam dan sedetail teknologi masa kini. Namun, ponsel ini setidaknya bisa Anda manfaatkan menjadi sebuah kamera pengawas atau CCTV.

Baca Juga  Ini Hp Musik Android dengan Kualitas Suara yang Bagus

DIjadikan Sebagai GPS Online/ Offline

Buat anda yang suka traveling menggunakan mobil, ponsel lawas bisa membuat Anda lebih hemat dan menyulap ponsel ini menjadi alat penunjuk arah. Jika dibandingkan perangkat GPS di smartphone yang anda biasa pakai, ponsel lawas juga terbilang tidak kalah akurat. Dengan memanfaatkan fitur Google Maps, atau aplikasi pemetaan lain, anda bisa menjadikan ponsel atau smartphone lawas menjadi sebuah alat penunjuk arah GPS. Namun begitu anda juga harus pastikan ponsel atau smartphone sudah terkoneksi ke jaringan internet agar dapat melakukan tracking secara realtime.

Mau lebih hemat lagi? Anda bisa menggunakan aplikasi GPS Offline yang banyak tersedia dan siap diunduh. Saat difungsikan, GPS Offline memang jauh lebih hemat dari pemakaian data internet. Tetapi sebelumnya, anda harusmen-download map offline.

Beberapa tips ini bisa Anda aplikasikan untuk kembali memanfaatkan fitur dan fungsi ponsel atau smartphone lama. Ternyata, meski sudah tidak terpakai sebagai alat komunikasi, ponsel atau smartphone seri lama pun masih dapat dimanfaatkan untuk mendukung aktivitas Anda.