Hampir sebagin besar pengguna smartphone atau tablet, memiliki Powerbank. Tapi mereka tidak mengetahui cara Memilih dan Merawat Powerbank dengan benar. Perangkat penyuplai daya portable ini memang bermanfaat terutama ketika saat gadget mengalami kehabisan daya baterai. Namun sisi lain Anda tak dapat melakukan pengecasan sebagaimana mestinya. Misalnya ketika sedang berada di jalan atau berada di lokasi di mana colokan listrik tidak ada.

Mengingat fungsinya yang cukup penting, sepatutnya pengguna bisa menjaga kondisi Powerbank agar awet. Karena terkadang Powerbank digunakan dengan cara ‘sembarangan’. Berikut beberapa tips Begini Cara Merawat Powerbank Supaya Gak Cepet Rusak:

Gunakan Hanya Dalam Keadaan Mendesak

Powerbank memiliki manfaat berarti ketika daya baterai gadget Anda lemah, sementara colokan listrik sulit untuk ditemui. Pada saat mendesak inilah pilihan jatuh untuk memanfaatkan powerbank yang Anda bawa untuk mengecas baterai gadget Anda. Jadi, jika masih mungkin ditemui colokan listrik, tentu akan lebih baik bagi Anda untuk tidak menggunakan powerbank untuk mengisi daya baterai gadget Anda. Bukan apa-apa, jika terlalu sering digunakan kemampuan powerbank pun bisa berkurang.

Pilih Kapasitas Powerbank Yang Besar

Agar dapat memenuhi kebutuhan Anda, sebaiknya ketika membeli powerbank pilihlah yang memiliki kapasitas lebih besar dari baterai smartphone atau tablet Anda. Akan lebih baik lagi, jika powerbank yang Anda pilih memiliki kapasitas minimal dua kali dari kapasitas gadget Anda. Jadi, misalkanAnda memiliki smartphone dengan baterai 2000 mAh, maka powerbank yang sebaiknya Anda beli adalah yang minimal memiliki kapasitas 4000 mAh.

Simpan Powerbank Ditempat yang Tepat

Menyimpan powerbank sebaiknya pada tempat yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Hal itu lantaran kondisi suhu ruangan yang tidak tepat dapat membuat powerbank Anda mudah rusak. Jika dimungkinkan maka simpanlah powerbank Anda pada tempat yang sesuai, dengan kondisi suhu lingkungan yang tak terlalu ekstrim baik panas maupun dingin. Selain itu, hindari pula powerbank dari paparan sinar matahari secara langsung, karena hal tersebut akan mengakibatkan komponen pada powerbank mudah rusak. Jika rusak, mau tidak mau Anda pun harus membelinya kembali, dan itu berarti Anda harus mengeluarkan biaya untuk itu.

Isi Penuh Powerbank Ketika Dicas

Sebagai perangkat yang berguna sebagai penyuplai daya cadangan, powerbank sebaiknya dalam kondisi siaga, dalam arti di dalamnya tersimpan daya listrik yang optimal ketika akan digunakan nanti. Untuk dapat digunakan secara optimal, pastikan jika Anda telah mengisi daya baterai pada powerbank Anda dengan penuh. Memang sih, semakin besar kapasitas baterainya, maka pengisian daya powerbank biasanya juga akan semakin lama. Jadi, aturlah waktu kapan sebaiknya Anda melakukan pengecasan powerbank agar pengisian dayanya bisa sampai penuh.

Hindari Benturan Keras Atau Terjatuh

Selain sell untuk penyimpanan daya, Powerbank juga memiliki komponen yang penting didalamnya. Oeh karenanya hindari benturan yang keras pada Powerbank apalgi terjatuh. Karena ini akan menyebabkan kerusakan pada komponen dan menurunkan kemampuan pada sell baterai untuk penyimpanan daya.

Abaikan Fitur Lain Yang Kurang Berguna

Banyak powerbank yang datang membawa fitur tambahan, salah satunya adalah senter. Fitur ini ada baiknya Anda manfaatkan dalam keadaan mendesak saja, seperti dalam keadaan mati listrik, misalnya.  Karena semakin sering Anda menggunakan fitur tesebut saat tidak mendesak, maka daya yang ada pada POwerBank akan berkurang. Dan akibatnya gadget anda tidak sempat untuk mengisi daya saat diperlukan.

Gunakan Kabel Data Bawaan Milik Gadget Anda

Ketika Anda membeli sebuah powerbank, biasanya dalam paket penjualan bakal disertai sejumlah kabel data atau konektor yang bisa Anda gunakan untuk disambungkan ke gadget yang Anda. Meski sejatinya kabel bawaan powerbank bisa digunakan sebagai konektor untuk mentransfer daya listrik ke gadget, ada baiknya jika Anda memilih untuk menggunakan kabel bawaan gadget yang Anda punya. Hal itu karena bisa saja kabel bawaan powerbank tidak sesuai jika digunakan untuk mengecas baterai gadget yang Anda miliki. Ketidakcocokan tersebut bisa saja berimbas pada proses pengisian daya baterai yang menjadi lebih lama. Atau yang lebih buruk, akibat ketidakcocokan bisa juga berimbas  pada rusaknya baterai gadget Anda.