Catat, 31 Oktober Pengguna Prabayar Harus Registrasi Ulang Gunakan NIK & KK

0

GadgetSquad - Kebijakan strategis kembali diambil Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), untuk menambah kenyamanan pelanggan telekomunikasi di Tanah Air, khususnya pengguna nomor prabayar.

Mulai 31 Oktober 2017 nanti, semua pengguna kartu prabayar, harus memberlakukan registrasi nomor pelanggan yang divalidasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Penetapan ini diatur dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, yang telah diubah dengan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Perubahan atas Peraturan Menkominfo Nomor 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

Registrasi ini dikatakan sebagai upaya pemerintah dalam mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan, terutama pelanggan prabayar sebagai komitmen melindungi konsumen dan untuk kepentingan national single identity.

"Proses registrasi dinyatakan berhasil apabila data yang dimasukkan calon pelanggan dan pelanggan lama prabayar tervalidasi," demikian pernyataan Kominfo melalui situs resminya.

Dalam keterangan tersebut dibeberkan juga, jika data yang dimasukkan calon pelanggan dan pelanggan lama tidak dapat tervalidasi meski telah memasukkan data yang sesuai dengan yang tertera pada KTP dan KK, pelanggan wajib mengisi Surat Pernyataan. 

Adapun surat pernyataan tersebut, isinya menyatakan bahwa seluruh data yang disampaikan adalah benar, sehingga calon pelanggan dan pelanggan lama prabayar bertanggung jawab atas seluruh akibat hukum yang ditimbulkan dan secara berkala melakukan registrasi ulang sampai berhasil tervalidasi. 

Baca Juga  Ini Hp Musik Android dengan Kualitas Suara yang Bagus

Lalu bagaimana cara pelanggan baik lama maupun baru, melakukan proses registrasi tersebut? Caranya cukup mudah, pelanggan tinggal ketik sms dan kirim ke 4444, dengan sebagai berikut.

- Pelanggan baru ketik Sms : NomerNIK#NomerKK# lalu kirim ke 4444

- Pelanggan lama ketik Sms : ULANG#NomerNIK#NomerKK# lalu kirim ke 4444

Note : Pastikan nomer NIK dan KK terdiri dari 16 digit.