Hapus Data Saja Kurang, Lakukan Ini Sebelum Jual Smartphone

0

Menghapus data adalah kewajiban yang harus dilakukan sebelum jual Smartphone, terutama Android. Namun menghapus dengan melakukan pengaturan ulang data pabrikan (factory data reset) dianggap kurang aman dari data anda sebelumnya. Ada cara lain yang harus dilaukan supaya data anda hilang sepenuhya, bagaimana caranya?

Perlu diketahui metode ulang data pabrikan (factory data reset) memang jadi pilihan karena dianggap dapat paling cepat menghilangkan seluruh data yang ada di perangkat. Sebenarnya cara ini tak sepenuhnya menghapus data yang ada di perangkat smartphone, bahkan pihak lain masih dapat mengakses informasi dari data yang dihapus tersebut, demikian dilansir dari Android Autorithy.

Sebelum menjual smartphone Android lakukan enkripsi data, caranya pilih menu Settings>Security. lalu buka pilihan Encrypt phone. Biasanya biasanya berlangsung cukup lama, tergantung tergantung dari tiap-tiap perangkat smartphone.

Cara lainnya memastikan data aman adalah memasukkan data lainnya. Hal ini dilakukan untuk menimpa data anda sebelumnya. Jadi setelah data utama dihapus, Anda harus memasukkan lagi file data lain untuk memenuhi memori.

Setelah Anda lakukan dua cata tadi, baru lakukan factory data reset sekali lagi.