Review Samsung Galaxy J7 Pro: Tidak Cuma Jago Selfie

0

Jika seri A dan S dirasa kemahalan, pengguna smartphone Samsung tidak perlu bingung karena vendor asa korea ini menyiapkan smartphone J series yang dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. Masuk dikelas menengah Samsung J Series siap Anda miliki dengan segudang fitur.

Seperti smartphone yang kalo ini akan saya review adalah Samsung Galaxy J7 Pro. Manjadi varian tertinggi dari seri J, dibanderol dengan harga Rp3 juta-an. Salah satu kelebihan dari smartphone ini adalah kemampuan kameranya. Lalu apa lagi kelebihan atau kekurangan smartphone ini? Berikut adalah reviewnya.

Desain Kuat

Menggunakan material logam di bagian belakangnya, membuat Samsung Galaxy J7 Pro memiliki penampakan yang terlihat mewah dan kokoh. Memiliki desain yang mirip dengan iPhone 7, smartphone ini juga  menambahkan garis aksesn yang merupakan antenna dari smartphone. Garis ini terdapat di bagian atas dan bawahnya.

Saat digenggam Samsung Galaxy J7 Pro terbilang nyaman, karena bodinya yang terbilang tipis. Bagian depannya terdapat tombol fisik home dan dua tombol sentuh yang tidak dilengkapi dnegan backlight. Untuk keamanan, tombol sentuh ini masih membenamkan fungsi fingerprint scanner.

Kelebihan lain dari smartphone ini adalah slot SIM Card yang menggunakan dua slot berbeda dimana Slot pertama hanya berisi 1 slot nano SIM, dan slot kedua berisi 1 slot nano SIM dan 1 slot microSD. Sehingga pengguna masih dapat menggunakan dua kartu SIM card dan microSD. Menilik pada bodi disebelah kanan tersedia  akan menemui tombol power dan lubang speaker tepat diatasnya.

Dibagian bawah Samsung menempatkan jack audio 3.5mm dan port microUSB 2.0 yang berfungsi sebagai media pengisian baterai dan sebagai media transfer data.

Layar Cerah

Pada bagian layar Samsung menempatkan layar yang cukup luas dengan Bezel yang juga cukup tipis. Meski masuk di kelas menengay, namun sasung sudah menggunakan panel layer teknologi Super AMOLED. Teknologi layer inilah yang tidak ada di smartphone merek lain pada kelas yang sama. Dengan resolusi yang FullHD, tampilan layar terbilang halus dan jernih. Sehingga layer nyaman digunakan baik didalam maupun diluar ruang. Apalagi tingkat kecerahannya bisa diatur secara otomatis.

Untuk menghemat penggunaan baterai, smartphone memiliki fitur Always-on Display. Dengan fitur ini akan pengguna Samsung Galaxy J7 Pro mampu menampilan jam serta beberapa notifikasi dengan warna monokrom saat layar terkunci. Samsung Galaxy J7 Pro hadir dengan dukungan sistem operasi Android 7.0 Nougat dengan tampilan khas Samsung  yakni TouchWiz UI.

Kamera bagus

Samsung sudah menyiapkan kamera yang cukup mumpuni pada Samsung Galaxy J7 Pro. Memiliki kamera belakang 13 megapixel dengan lensa f/1.7 yang dilengkapi dengan LED flash, dan kamera depan 13 megapixel dengan lensa f/1.9, rasanya sangat cukup untuk pengguna yang suka berfoto.

Didalamnya tersedia berbagai fitur kamera. Sebut saja mode Pro, Panorama, Continuous Shot, HDR, Night, Sports, dan Sound & Shot. Fitur yang paling saya suka adalah Mode Pro, mode ini saya untuk mengatur ISO, white balance, dan exposure compensation secara manua. Sehingga saya dapat mengeksplore kamampuan fotografi yang saya miliki.

Selain itu masih ada banyak efek warna dan kreasi stiker yang bisa dipakai langsung saat mengambil foto, sehingga pengguna dapat dengan berkreasi lebih bebas pada foto yang mereka ambil.

Baca Juga  Ini Sebabnya Samsung Galaxy Note8 Disebut Sebagai Hp Kamera Terbaik 2017

Dari fitur yang dimiliki oleh kamera Samsung Galaxy J7 Pro, hasilnya terbilang baik. Pada kondisi cahaya yang terang, kameranya bisa menangkap gambar dengan tingkat kecerahan dan saturasi warna yang cukup baik. Begitu juga saat mengambil foto pada kondisi pencahayaan yang gelap, kamera utamanya mampu menghasilkan foto yang baik pada kondisi tersebut.

Beralih pada kamera depan atau selfie, Samsung Galaxy J7 Pro mampu menghasilkan foto dengan warna kulit yang natural. Dengan kamera ini pengguna dapat menggunakan efek beauty sehingga foto wajah jadi lebih cantik.

Performa cukup baik

Tidak menggunakan chipset sekelas snapdragon atau MTK tidak membuat Samsung Galaxy J7 Pro kalah performa dari smartphone dikelasnya. Dengan chipset Exynos 7870 octa-core berkecepatan 1,6GHz dan grafis Mali-T830MP2.  yang dipadukan dengan RAM 3GB. Spesifikasi ini terbilang cukup untuk kebutuhan pengguna. Saat dilakukan pengetesan performa smartphone ini mampu menjalankan beberapa aplikasi bersamaan sekaligus.

Dari  pengujian dengan aplikasi benchmark, skor rata-rata yang didapatkan terbilang cukup baik. Tidak hanya itu, Perpindahan antar aplikasinya pun tergolong mulus tanpa ada jeda. Jadi smartphone ini cukup mumpuni untuk kebutuhan sehari-hari, baik untuk fitur nonton video HD, messaging, social media, streaming atau main game. Sebagai pengetesan saya menjalankan game asphalt8: airborne dan spiderman. Kedua game ini dapat dijalankan dengan lancar dan mulus.

Untuk menyimpan berbagai data, aplikasi, foto dan video, Samsung Galaxy J7 Pro sudah dibekali dengan memori internal dengan kapasitas 32 GB. , JIka kurang pengguna masih dapat menambahkannya dengan menggunakan kartu microSD hingga 256GB.

Untuk kekuatan baterai Smartphone Samsung Galaxy J7 Pro dibekali dengan baterai berkapasitas 3600 mAh. Dengan kapasitas ini Saya dapat beraktivitas seharian tanpa harus mengisi ulang baterainya atau sekitar 12 jam lebih dengan penggunaan yang normal.

Pada saat pengujian mulai bermain game, streaming dan browsing, menonton video HD serta ng mendengarkan music selama masing-masing satu jam. Kapasitas baterai berkurang sekitar 40%.

Fitur unggulan

Samsung Galaxy J7 Pro tak hanya dibekali dengan akses jaringan yang lengkap, tapi Samsung juga memaksimalkan sinyal dengan menggunakan fitur Signal Max. Fitur ini bisa dilihat dari dua antenna untuk mampu mendapatkan sinyal yang lebih baik.

Tidak berbeda dengan smartphone kebanyakan Samsung Galaxy J7 Pro juga memiliki kemampuan jaringan internet yang sudah mendukung teknologi TDD LTE dan FDD LTE. Akses koneksi lain yang juga hadir pada Galaxy J7 Pro adalah NFC Akses koneksi lainnya yang juga hadir menghiasi Galaxy J7 Pro antara lain, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth v4.1, GPS + A-GPS dan Glonass.

Kelebihan:

  • Desain kokoh dan keren
  • Kualitas layar baik sangat baik
  • Hasil kamera bagus
  • Memiliki Fingerprint scanner yang responsif
  • Daya tahan baterai kuat

Kekurangan:

  • Softkey tidak dibekali backlight
  • Kapasitas RAM dan memori internal kurang besar