Rillis Layanan MyBusiness, Telkomsel Mulai Bidik Bisnis Enterprise di Pasar UKM

0

GadgetSquad.ID – Telkomsel terus mengembangan layanan bisnis berbasis enterprise. Terbaru, opertor selular terbesar di Tanah Air ini, mulai membidik peluang layanan enterprise segmen usaha kecil menengah (UKM).

Arief Pradetya, VP Enterprise Mobile Product Marketing Telkomsel, menuturkan, pihaknya selama sudah cukup lama berbisnis di pasar enterprise, hanya saja fokusnya belum ke UKM.

“Kehadiran Telkomsel di pasar enterprise sendiri sudah lama. Tapi memang kalau bicara fokus, dulu kami banyak fokus di perusahaan besar, seperti perusahaan multinasional, perusahaan yang coverage-nya tak hanya di Indonesia,” jelasnya.

Arief melanjutkan, Telkomsel melihat ada segmen pasar yang dianggap belum bisa dilayani dengan baik secara khusus olehnya. Segmen pasar yang dimaksud adalah UKM.

Menyadari akan kebutuhan itu, Telkomsel merilis solusi bisnis baru untuk UKM yang diberi nama MyBusiness.

Arief menerangkan, solusi ini terbagi menjadi dua kategori besar, yaitu ‘Mulai Usaha Anda’ dan ‘Kembangkan Usaha Anda’.

“Untuk ‘Mulai Usaha Anda’ ini merupakan solusi untuk para pelaku UKM yang baru merintis usaha. Sementara untuk yang ‘Kembangkan Usaha Anda’, Telkomsel menyediakan solusi bagi pelaku yang sudah cukup lama berkecimpung dan ingin mengembangkam bisnis,” kata Arief.

Telkomsel mengklaim, solusi yang disodorkan memiliki semua aspek yang dibutuhkan pelaku, mulai dari konektivitas internet, penyedia mesin POS (Point of Sales), kesehatan, sampai manajemen karyawan. Dalam praktiknya, Telkomsel banyak menggandeng mitra kerjasama.

Baca Juga  Sah, Ini Dia Bos Baru Indosat Ooredoo

“Untuk layanannya, kami bekerjasama dengan partner seperti MITRA, Indie Home, Jarvis Store, Trust Medis, Moka, e-Accounting, Microsoft Office 365, Google Business Connect, dan Gadjian. Semuanya bisa dinikmati dengan jumlah minimal, dibayar bulanan dan disesuaikan dengan kebutuhan,” pungkas Arief.