Review : Asus Zenfone 4 Max – Kamera Ganda, Baterai Tahan Lama, Harga Lebih Murah

0
cof

GadgetSquad.id – Smartphone berkamera ganda sedang menjadi tren saat ini. Itu pula yang menjadi salah satu alasan ASUS untuk menghadirkan serangkaian smartphone berkamera ganda. Setelah menghadirkan seri ASUS Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ke pasaran Indonesia pada akhir agustus lalu, kini ASUS menghadirkan varian terbaru lainnya yaitu Zenfone 4 Max ZC520KL.

Pasti muncul pertanyaan : Apa bedanya ?

ASUS Zenfone 4 Max ZC520KL bisa dikatakan sebagai Zenfone 4 Max Pro versi kompak atau lebih kecil. Dengan beberapa fitur yang kekuatannya juga ‘lebih kecil’. Masih mengusung kata ‘Max’ di nama serinya, menandakan smartphone ini masih mengunggulkan kemampuan daya tahan hidup yang lebih lama karena dibekali baterai berkapasitas besar.

Jika ASUS Zenfone 4 Max Pro ZC554KL menawarkan daya tahan baterai maksimal berkapasitas 5.000 mAh, Zenfone 4 Max ZC520KL  hadir dengan  baterai berkapasitas 4.100 mAh, yang masih tergolong berkapasitas besar. Perbedaan lain dari kedua smartphone ini yaitu  Zenfone 4 Max Pro mengusung layar 5,5 inci. Sedangkan Zenfone 4 Max memiliki layar 5,2 inci.

Seperti ‘kakaknya’ Zenfone 4 Max juga mengusung kamera ganda, tapi terdapat sedikit perbedaan. Jika Zenfone 4 Max Pro ZC554KL datang dengan kamera beresolusi 16 megapiksel di bagian belakang, Zenfone 4 Max ZC520KL hadir dibekali dengan kamera 13 megapiksel di kamera utamanya dan 5 megapiksel untuk kamera kedua yang berlensa wide.

 

Desain Kokoh
Zenfone 4 Max ZC520KL hadir dengan desain unibody yang membuatnya tampak kokoh. Dimana bagian baterai menyatu dengan bodi. Bodi smartphone ini menggunakan bahan polycarbonate yang ringan dengan sentuhan metal finishing.

Di sekeliling sisi smartphone ini dibuat membulat agar nyaman saat digenggam. Ketebalannya yang berukuran 8,73mm masih terbilang nyaman digenggam atau dimasukan ke dalam kantong. Ditambah layarnya yang juga telah menggunakan kaca 2,5D dengan kontur membulat. Sudut dengan kontur 2.5D itu, tak hanya membuat smarthone tampak lebih elegan, tetapi juga membantu layar kaca berpadu sempurna dengan diamond cut metallic chamfered edge.

sdr

 Konektivitas
Karena berdesain unibodi alias tidak dapat membongkar pasang casing belakangnya, maka di sebelah kiri body disematkan slot SIM berjenis triple slot. Ya, tak lagi seperti di lini ZenFone 3 Max yang mengandalkan slot hybrid, konektivitas pada Zenfone 4 Max ZC520KL bisa dikatakan lebih leluasa. Kenapa? Sebab perangkat itu telah bisa langsung mengaktifkan dua SIM card berbarengan, sekaligus memasukan kartu memori eksternal. Tidak seperti slot Hybrid,di mana hanya menyediakan dua slot, yang slot satunya harus bergantian antara SIM card atau kartu memori.

sdr

Untuk membuka slot SIM card tersebut, pengguna cukup menusuk lubang yang tersedia di samping slot SIM dengan SIM card ejector yang sudah disediakan di paket pembelian. Kalau hilang, tenang saja. Slot penyimpanan ini masih bisa dibuka dengan menusukkan jarum atau paper clip. Adapun slot ekspansi penyimpanan itu sendiri dapat menampung kartu Micro SD mendukung hingga hingga kapasitas 256GB.

Finger Print
Untuk urusan keamanan, Zenfone 4 Max ZC520KL dilengkapi dengan sensor sidik jari. Namun jika di lini Zenfone 3, ASUS meletakannya di bagian belakang bodi, kini sensor tersebut telah direposisi ke bagian depan body smartphone, menyatu dengan tombol Home.

Untuk mempercantik tampilan, sensor ini memiliki aksen krom yang warnanya disesuaikan warna smartphone di sekelilingnya. Sensor sidik jari tersebut memungkinkan Anda meregistrasi hingga lima jari sekaligus, dan sensor ini tetap dapat membaca sidik jari walaupun Anda meletakan jari dalam posisi apapun.

sdr

Ibu jari adalah salah satu jari yang direkomendasikan untuk keamanan mengingat posisi sensor ini yang berada di bagian depan. Posisi ibu jari yang bebas saat menggenggam smartphone menjadi keuntungan tersendiri, ibu jari dapat dengan mudah menjangkau sensor ini. Sensor sidik jari ini juga bisa digunakan untuk mengangkat panggilan telpon dari spesifik kontak.

 Zenfone 4 Max ZC520KL didesain dengan tiga pilihan warna menarik, Deepsea Black, Sunlight Gold, Rose Pink. Pilihan warna yang dihadirkan ini membuat Zenfone 4 Max cocok dipakai siapa saja, mulai dari pria yang maskulin berkat kerhadiran warna Deepsea Black-nya, ataupun menjadi pilihan wanita yang feminim dengan kehadiran warna Rose pink.

 ‘Max’ Untuk Baterai Maksimal
Asus Zenfone 4 Max dibekali baterai jenis Lithium Polymer dengan kapasitas 4.100 mAh. Dari pengujian yang dilakukan, baterai yang tertanam pada smarphone ini mampu bertahan hingga 37 hari saat dalam kondisi standby di jaringan 4G. Jika digunakan untuk berkomunikasi suara lewat jaringan berbasis 3G, baterainya mampu bertahan hingga 31 jam. Adapun jika digunakan untuk mendengarkan musik, baterai dapat bertahan selama 101 jam non stop. Sementara untuk web browsing dengan jaringan Wi-Fi, smartphone ini dapat bertahan selama 21 jam.

Untuk mengisi ulang baterai, smartphone ini telah mendukung fitur Rapid Charge yang memungkinkan baterai smartphone ini dapat terisi ulang hingga menyediakan waktu bicara selama 2 jam dalam 15 menit saat di re-charge.Daya tahan baterai maksimal di smartphone ini selain karena memiliki kapasitas besar, juga karena disediakn opsi optimalisasi baterai yang memudahkan pengguna untuk memilih setting yang paling tepat untuk berbagai aktivitas yang mereka lakukan.

Dengan baterai 4.100mAh, ASUS ZenFone 4 Max ZC520KL merupakan salah satu smartphone kompak dengan kapasitas baterai terbesar yang tersedia di pasaran saat ini. Untuk lebih meningkatkan kemampuan daya tahan baterai, ASUS ZenFone 4 Max ZC520KL juga menyediakan lima modus yang memungkinkan pengguna mengatur konsumsi energi sesuai dengan kebutuhan mereka saat itu. Pilihan yang tersedia adalah:

 Performance: Setting ini akan membuat smartphone ini berada di performa tertingginya. Tingkat kecerahan layarnya pun berada di tingkat maksimal. Modus ini akan sangat cocok digunakan saat Anda bermain game dan memutar video. Namun modus ini memiliki efek daya tahan baterai yang lebih pendek.

 Normal: Ini merupakan setting default dari sejak lahirnya ZenFone 3, dan kini juga disematkan pada ZenFone 4 Max ZC520KL. Modus ini akan secara cerdas mengatur performa CPU dan juga tingkat kecerahan layar untuk menghemat energi baterai.

 Power Saving: Modus ini tak hanya membuat performa CPU dan juga tingkat kecerahan layar berkurang demi untuk menghemat energi baterai, modus ini juga akan mematikan jaringan (mobile data dan juga WiFi), saat smartphone dalam kondisi sleep untuk lebih menghemat energy dan akan kembali terhubung ke jaringan saat layar dinyalakan kembali. Modus ini cocok saat pengguna akan beristirahat atau sangat membutuhkan daya baterai yang tersisa karena akan menghentikan seluruh notifikasi pesan sampai perangkat kembali diaktifkan.

 Super Saving: Modus ini mirip dengan Power Saving tetapi satu langkah lebih hemat dengan cara untuk menutup seluruh fungsi jaringan, kecuali telepon, SMS dan alarm dengan tujuan untuk lebih jauh lagi dalam menghemat energi baterai. Modus ini dapat memperpanjang masa standby ZenFone 4 Max ZC520KL hingga mencapai 147 jam pada saat kapasitas baterai tersisa 60%.

 Customized: Di sini pengguna bisa mengatur seluruh setting, mulai dari performa CPU, tingkat kecerahan layar dan juga fungsi-fungsi jaringan sesuai keinginan.

Yang menarik, pada ZenFone 4 Max ZC520KL ini juga tersedia fitur Smart Switch. Gunanya, pengguna bisa beralih secara otomatis ke modus penghematan energy tanpa perlu memilih secara manual modus yang diinginkan. Opsi Smart switch sendiri terdiri dari dua bagian. Switch by battery level atau Switch by schedule.

Pada modus Switch by battery level, smartphone akan secara otomatis bergeser ke opsi Power Saving, Super saving, ataupun Customized jika kondisi baterai mencapai level tertentu. Battery level yang diset pun bisa dipilih. Pengguna bisa memilih opsi 10% sampai 30% sebelum smartphone masuk ke modus penghematan yang kita pilih.

Opsi kedua adalah Switch by schedule. Opsi ini juga sangat menarik. Pengguna bisa mengatur kapan smartphone berada di modus Performance, kapan ia masuk ke modus Power saving, Super saving ataupun modus lainnya demi menghemat energi.

Sebagai contoh, misal pengguna tidur pukul 23.00 WIB setiap malamnya dan kembali mulai beraktivitas pada pukul 08.00 WIB setiap paginya, maka ia bisa mengatur agar di jam-jam tersebut, smartphone masuk ke modus Power Saving. Sementara di luar jam-jam tersebut, secara otomatis ZenFone 4 Max ZC520KL masuk ke modus Performance (misalnya). Ini tentu sangat bermanfaat bagi pengguna dan membuat smartphone kesayangannya menjadi lebih mengerti pola pemakaian sang pemilik.

 

Reverse Charging
Selain punya kapasitas baterai besar dan fitur penghemat energi, ASUS ZenFone 4 Max ZC520KL juga bisa membagikan kapasitas energi yang ia simpan di baterainya ke perangkat lain. Dengan fitur reverse charging capability, smartphone ini dapat berubah fungsi pula menjadi sebuah powerbank.

cof

Cara pemakaiannya mudah. Pengguna cukup menghubungkan smartphone atau gadget lain yang akan diisi ulang menggunakan kabel USB on the go (OTG) yang disediakan pada paket penjualan dan kabel data yang juga sudah disediakan. Tancapkan ujung kabel data (micro USB) ke smartphone yang akan diisi, dan tancapkan ujung kabel USB OTG ke ASUS 4 Max ZC520KL. Dengan demikian, daya yang masih dimiliki oleh baterai milik ZenFone 4 Max akan ditransfer ke smartphone yang akan kita isi.

Pengguna juga tidak perlu khawatir ZenFone  4  Max ZC520KL-nya kehabisan baterai. ASUS memiliki fitur yang akan secara otomatis memutus transfer daya ke perangkat lain jika daya baterai yang ia miliki hanya tersisa tinggal 30 persen.

 

Kamera Ganda
Zenfone 4 Max ZC520KL dilengkapi dengan dua kamera belakang untuk memudahkan pengguna mendapatkan hasil jepretan yang sempurna apapun subjeknya dan seberapa pun jaraknya. Hal ini berkat hadirnya satu kamera utama dengan resolusi 13 megapiksel dan satu kamera berlensa wide dengan resolusi 5 megapiksel. Jadi layaknya fotografer profesional, para pengguna bisa berganti-ganti lensa sesuai situasi dan kondisi.

Smartphone teranyar dari ASUS ini juga dilengkapi dengan PixelMaster 4.0 Camera yang mana membuat kamera bagian belakangnya miliki akurasi otofokus yang cepat hingga 0,03 detik. Otofokus super cepat ini berkat hadirnya autofocus phase detection.

sdr

Pada autofocus Phase Detection, kamera memanfaatkan sensornya untuk mendeteksi kontras dari cahaya yang masuk ke lensa. Mendeteksi kontras dilakukan dengan cara membelokkan cahaya dari lensa menggunakan cermin menuju dua buah sensor Auto-Fokus (bukan sensor foto). Sehingga, pengguna dapat mendapatkan focus dengan mudah walaupun saat memotret subjek yang bergerak.

Selain Phase Detection, PixelMaster 4.0 Camera juga menyajikan fitur EIS (Electronic Image Stabilization) yang memungkinkan pengguna mengambil video yang minim getaran dan juga ada fitur Super Resolution yang memungkinkan pengguna mendapatkan detail yang lebih baik berkat resolusi yang lebih tinggi hingga 64 megapiksel.

Baca Juga  Review: Ini Dia Kelebihan dari HP Game Razer Phone?

Dari sisi modus pemotretan, ZenFone 4 Max ZC520KL menyediakan beragam pilihan modus memotret yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari Auto, Pro, Beauty, Super Resolution, Gif Animation, Panorama dan Time Lapse. Beragam filter foto dan fitur HDR, Wide Angle dan Portrait pun dapat diaktifkan untuk mendapatkan foto yang sesuai keinginan Anda.

Adapun untuk kamera depan, modus pemotretan yang tersedia adalah Beauty, Auto, GIF Animation, Selfie Panorama. Menariknya kamera depannya telah dilengkapi dengan Softlight LED flash yang memungkinkan pengguna mengambil foto selfie yang lebih natural. Beberapa yang menarik untuk diulas antara lain adalah:

Kamera Ganda dengan Lensa Wide Angle
Seperti yang telah diungkap sebelumnya, smartphone ini memiliki kamera ganda di bagian belakangnya. Satu kamera utama dengan resolusi 13 MP yang mampu menghasilkan foto dengan reproduksi warna yang sangat baik, tajam dan mampu menjaga detail dengan baik dalam kondisi cahaya memadai.

Sedangkan kamera kedua menggunakan sensor beresolusi 5 MP dengan lensa wide dengan ruang pandang 120 derajat, dimana gambar yang mampu ditangkapnya lebih lebar ketimbang kamera utamanya. Meski hanya beresolusi 5 MP, kamera ini mampu menghasilkan gambar yang baik meski dengan detail yang tak sebaik kamera utama.

 HDR

Kamera dari Zenfone 4 Max ZC520KL ini dilengkapi dengan fitur HDR. High Dinamic Range (HDR) memungkinkan kamera dari smartphone sanggup menghasilkan foto yang lebih baik, dimana area-area gelap diperbaiki pencahayaanya.

 Super Resolution
Untuk mendapatkan foto dengan resolusi setinggi ini, ASUS menggunakan teknik image- processing khusus untuk menangkap kemudian mengombinasikan empat buah foto resolusi 13 megapixel hingga didapatkan sebuah foto dengan tingkat ketajaman 4x lebih tinggi dengan detail yang jauh lebih baik dan tingkat noise yang lebih rendah.

Hal ini dapat dimanfaatkan saat Anda menemukan lokasi yang indah untuk di foto dan ingin mengabadikanya secara lebih detail. Di smartphone ini pun Anda bisa memanfaatkan fitur ini saat memotret dengan kamera Wide Angle-nya untuk mendapatkan detail yang lebih baik dari sensor kamera 5 megapikselnya.

 Selfie dengan Softlight LED Flash dan Beauty
Anda yang gemar berfoto selfie, kini tak perlu lagi takut foto diri Anda tampak jelek. Berkat hadirnya fitur Beauty akan meningkatkan hasil foto wajah secara langsung dengan berbagai efek make-up termasuk pelembut dan pencerah warna kulit, blush dan koreksi warna, memodifikasi bentuk mata, sampai meniruskan bentuk pipi.Kehadiran Softlight LED Flash juga akan memberikan Anda foto selfie yang sempurna kapan saja dan dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

Selfie Master untuk Anda Pecinta Selfie
Di dalam Zen UI 3.0 versi update, Anda bisa menikmati aplikasi Selfie Master. Di dalamnya, Anda bisa memanfaatkan kamera depan beresolusi 8 megapiksel milik smartphone untuk ber-swafoto dalam bentuk foto maupun video. Bahkan Anda bisa memanfaatkan  fitur  BeautyLive yang memungkinkan kamu melakukan live broadcasting dengan fitur beautification, sehingga paras akan terasa lebih menarik saat bercengrakama dengan para fans secara langsung di dunia maya.

Fitur BeautyLive pun secara langsung menyediakan tombol pintas untuk melakukanlive broadcasting melalui   beberapa aplikasi seperti Facebook ataupun Youtube. Jumlahnya bisa bertambah bergantung aplikasi live broadcast apa saja yang Anda instal di smartphone ini.

 Video Lebih Stabil berkat EIS
Stabilitas gambar yang menjadi salah satu masalah saat para pengguna mengambil gambar bergerak atau video. Kehadiran EIS (Electronic Image Stabilization) adalah salah satu solusi yang di suguhkan ASUS pada smartphone ini. Teknologi ini pertama kali diperkenalkan pada lini Zenfone 3.

Di kamera utama smartphone ini dibekali sistem EIS 3-Axis yang diklaim   akan   membantu   meminimalisir   guncangan   pada   hasil rekaman video yang diambil. Perlu diingat, resolusi yang mampu dijangkau sudah mencapai Full-HD.

Lalu bagaimana EIS bekerja? Sistem pada EIS akan mendeteksi pergerakan lewat tiga sumbu (axis). Sumbu pertama adalah pitch atau gerakan ke atas dan ke bawah. Sumbu kedua adalah yaw, atau gerakan ke kiri dan ke kanan. Adapun sumbu ketiga adalah roll, yakni saat pengguna memegang smartphone, salah satu tangannya bergeser sedikit lebih tinggi dari yang lainnya, sehingga posisi kamera menjadi tidak lurus horizontal, atau bisa dibilang Roll akan mengkalibrasi sudut kemiringan gambar yang diakibatkan gerakan spontan.

Dengan teknologi 3-Axis Video EIS, smartphone akan memperbaiki tangkapan gambar agar tetap stabil, tak terguncang. Caranya, dengan menggunakan imaging prosesor yang bertenaga, ia akan membandingkan beberapa frame gambar yang sudah diambil, dan menghilangkan gerakan yang berguncang tersebut.

Layar High Definition Super Tajam.
Sesuai namanya, ZenFone 4 ZC520KL memiliki layar berukuran 5,2 inci beresolusi HD (720×1280 piksel). Di bagian layar ini juga telah dilengkapi dengan 2,5D Curved glass yang akan membuat layar ini lebih nyaman digunakan dan smartphone lebih nyaman digenggam.

Demi kenyamanan pengguna, ASUS menggunakan layar jenis In-Plane Switching (IPS) pada smartphone ini. Tujuannya adalah agar layar mampu menyajikan gambar dengan reproduksi warna yang baik meski pengguna melihat ke layar tersebut dari berbagai sudut, hingga 178 derajat. Artinya, dilihat dari samping sekalipun, tidak ada penurunan kualitas warna dari gambar yang ditampilkan di layar.

Tak sampai di situ, layar IPS tersebut juga dilengkapi dengan LED yang punya tingkat kecerahan di atas 400nits. Dengan kata lain, saat pengguna melihat tampilan smartphone di luar ruangan, bahkan di bawah terik matahari pun, konten masih bisa dilihat dengan nyaman dibandingkan dengan melihat konten dari perangkat lain yang tingkat kecerahan layarnya di bawah 400 nits.

Dengan display beresolusi HD, ASUS ZenFone 4 Max ZC520KL sangat nyaman untuk digunakan  memutar film ataupun menonton konten multimedia dari Internet. File video high definition ataupun streaming video dari YouTube, dapat diputar dengan kualitas tampilan optimal. Bagaimana jika digunakan untuk bermain game? Tenang saja. Layar tersebut mendukung multitouch hingga 10 jari sekaligus.
Performa CPU Quad Core
Saat ini smartphone dituntut untuk memiliki kinerja yang efisien untuk menjalankan berbagai aplikasi, hingga kondisi multitasking. Tak pelak, komponen penyedia tenaga mulai dari prosesor, chip grafis, RAM, storage, kemampuan layar dan lain-lain menjadi pertimbangan yang sangat berpengaruh bagi pengguna sebelum menjatuhkan pilihan.

Untuk mengotaki seluruh aktivitas, ASUS ZenFone 4 Max ZC520KL diperkuat oleh SoC Qualcomm Snapdragon 425 yang memiliki CPU quad core berbasis ARM Cortex A53 kecepatan 1,4GHz. Ia ditemani oleh grafis Qualcomm Adreno 308 yang berjalan di kecepatan hingga 598MHz. Menariknya, meski menggunakan SoC kelas mainstream, smartphone ini mampu menawarkan performa yang cukup bisa di andalkan.

SoC ini dibekali dengan Hexagon DSP (Digital Signal Microprocessor) yang didesain untuk beroperasi dengan energi lebih efisien, khususnya pada aplikasi yang berurusan dengan sinyal seperti audio, video, dan mobile broadband. Setiap sinyal analog dikonversi menjadi sinyal digital lalu kemudian diproses oleh DSP pada latency yang lebih rendah, dan pada akhirnya meningkatkan performa. Untuk konektivitasnya, Snapdragon 425 menggunakan modusm X6 LTE yang mendukung Cat. 4, 150Mbps download dan 75Mbps upload, masih dengan dukungan Wi-Fi ac. serta Quick Charge 2.0.

Dari sisi grafis, GPU Qualcomm Adreno 308 dalam SoC mampu menampilkan resolusi HD 720p hingga 60 frame per second demi menghasilkan tampilan video berkualitas dengan mulus dan lancar. SoC ini juga  mampu merekam video kualitas 1080p, serta kamera terbatas hingga 16 megapixel.

 

Antarmuka ASUS ZenUI dengan Android Nougat 7.1.1
Di dalam setiap produk smartphone ASUS, kita akan melihat UI yang berbeda dari yang lainnya. Dikenal sebagai ZenUI, desainnya interface yang menghiasi Zenfone 4 Max ZC520KL ini memang masih mengusung ZenUI 3.0. Namun ZenUI 3.0 pada smartphone telah mendapatkan update serta peningkatan menuju Android Nougat. Perbedaannya, dapat terlihat melalui icon seperti contoh berikut:

 Zen Motion
UI ini dilengkapi dengan fitur Zen Motion yang memungkinkan kita menggunakan beberapa jenis gesture untuk menjalankan aplikasi atau menghidup matikan layar smartphone in Pada Touch Gesture merupakan fitur yang memungkinkan pengguna bisa mengaktifkan aplikasi dengan menggambarkan sebuah huruf di layar yang sedang sleep. Penulis sendiri menggunakan gesture untuk membuka kamera.

Kini UI juga dilengkapi dengan Motion Gesture dan Quick Trigger untuk One Hand modus di mana Anda bisa langsung mengangkat panggilan dengan mendeketkan smartphone ke telinga atau menekan tombol home dua kali untuk mengaktifkan One Hand Modus.
Anda juga bisa memulihkan kinerja smartphone dengan fitur Mobile Manager. Di fitur tersebut Anda dapat melakukan banyak hal untuk memperbaiki kinerja smartphone, mulai dari memosongkan RAM, membersihkan data-data yang kurang penting untuk memperluas media penyimpanan hingga mengatur keamaan dan permissions setiap aplikasi yang Anda instal di smartphone.

ZenUI juga memiliki opsi kostumisasi yang memungkinkan pengguna mengubah tampilan yang berbeda beda sesuai selera mereka. Pengguna juga bisa menemukan toko aplikasi untuk tema, wallpaper dan icon di dalam aplikasi theme. Jika Anda membelinya melalui aplikasi Theme, pengguna akan mendapatkan paket lengkap terdiri dari (tema, icon dan wallpaper). Ketika mau di-apply, kita bisa meng-custom hendak menggunakan yang mana saja.

Adapula Game Genie yang merupakan sebuah floating aplikasi yang memungkinkan pengguna lebih nyaman saat bermain game dengan smartphonenya. Bahkan Anda bisa melakukan Boost pada smartphone Anda untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik saat bermain game tanpa lag.

Dengan fitur ini Anda juga bisa merekam sesi game Anda atau bahkan melakukan live broadcasting secara mudah melalui Youtube ataupun Twitch. Jadi pengguna dapat dengan mudah berbagi sesi game terbaiknya ke orang lain.

Harga

Asus membanderol Zenfone 4 Max seharga Rp2.299.000, lebih murah dibandingkan harga dari Zenfone 4 Max Pro yang dijual Rp2.999.000. Asus Zenfone 4 Max tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni Deepsea Black, Sunlight Gold, dan Rose Pink.