Buka-bukaan Soal Kinerja, XL Axiata Klaim Pendapatan Q3 2017 Terus Tumbuh

0

GadgetSquad.ID – Jelang tutup tahun, XL Axiata (XL) kembali buka-bukaan perihal kinerja bisnisnya. Pihak XL menginfokan jika pendapatannya, sepanjang kuartal ketiga tahun 2017, tumbuh cukup signifikan.

Dari data yang ada disebutkan, pendapatan XL Axiata berhasil tumbuh sebesar 5 persen QoQ dan 14 persen YoY. Menurut pihak XL, kinerja positif tersebut didorong dari pertumbuhan pendapatan Data yang tumbuh sebesar 11 persen QoQ atau 61 persen YoY.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, dalam keterangan resminya menuturkan, kinerja yang tumbuh kuat di kuartal ketiga memperlihatkan, bahwa agenda transformasi merupakan strategi yang tepat dan terbukti, menghasilkan pencapaian yang sesuai harapan.

“Bisnis layanan Data yang kami kembangkan, menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu dan yang tertinggi di industri,” bebernya.

Lebih lanjut dijelaskan, jika pendapatan di sektor data, sejauh ini telah memberikan kontribusi sebesar 71 persen, terhadap pendapatan jasa perusahaan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Selama periode sembilan bulan di 2017, XL Axiata mencatat pendapatan kotor sebesar Rp.16,926 triliun, meningkat sebesar 5 persen YoY, terdorong dari meningkatnya Service Revenue perusahaan sebesar 8 persen.

Dari sisi jumlah pelanggan, pada kuartal ini juga mengalami peningkatan sebesar 2 juta pelanggan, sehingga secara total jumlah pelanggan XL Axiata mencapai 52.5 juta. Adapaun ARPU secara kuartal juga meningkat, dengan rata-rata ARPU campuran sebesar Rp. 35.000.

Baca Juga  Sah, Ini Dia Bos Baru Indosat Ooredoo

Peningkatan pendapatan layanan Data didorong oleh meningkatnya jumlah pelanggan yang menggunakan smartphone, yakni meningkat 36 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Di akhir kuartal ini, jumlah pengguna smartphone mencapai sekitar 37 juta, atau sekitar 70 persen dari total pelanggan XL Axiata, tertinggi di antara operator yang ada di Indonesia.

Meningkatnya pengguna smartphone juga mendorong meningkatnya trafik layanan sebesar 162 persen YoY, yang mayoritas dikarenakan kenaikan dari trafik data

Sementara itu, Earnings Before Interest, Tax, Depreciation and Amortization (EBITDA) XL Axiata tumbuh secara berturut-turut selama tiga kuartal sebesar 10 persen QoQ dan 15 persen YoY dengan margin sebesar 38,2 persen di kuartal ketiga 2017 yang didorong dari meningkatnya pendapatan serta upaya efisiensi yang dilakukan.