telkomsel 4gGadgetSquad.id – Buat kamu yang pakai nomor Telkomsel, operator ini kasih kabar gembira. Yaitu layanan akses internet 4G-nya dijanjikan akan lebih kencang.

Setelah pengumuman resmi pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika mengenai pemenang lelang spektrum untuk frekuensi 2,3 GHz, di akhir Oktober 2017, Telkomsel telah melakukan serangkaian aktivitas agar pelanggan dapat merasakan pengalaman Internet cepat dengan kualitas yang lebih baik berbasiskan teknologi TDD (Time Division Duplex) 2,3 Ghz.

Sukses melakukan Uji Laik Operasi (ULO), saat ini Telkomsel pun telah menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi yang menyatakan bahwa Telkomsel telah memenuhi syarat kelaikan operasi untuk penyelenggaraan telekomunikasi di frekuensi 2,3 GHz.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, “Kami terus gerak cepat pasca pengumuman pemenang lelang spektrum untuk frekuensi 2,3 GHz, agar pelanggan dapat segera merasakan pengalaman mobile broadband Telkomsel yang lebih baik lagi. Penyesuaian izin jaringan bergerak seluler pun sudah selelsai dan telah ditetapkan oleh Kominfo.”

Ririek lebih lanjut menjelaskan bahwa tambahan spektrum ini memungkinkan Telkomsel untuk memperkuat dan memaksimalkan kualitas layanan layanan 4G LTE bagi pelanggan, khususnya di wilayah-wilayah yang kapasitas penggunaan layanan datanya sudah padat. Dengan kecepatan akses mobile broadband yang lebih tinggi, Telkomsel mampu menghadirkan pengalaman digital lifestyle terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia, dan pelanggan pun semakin nyaman dalam mengakses berbagai informasi secara mobile, khususnya layanan video streaming.

Saat ini BTS LTE TDD yang mendukung layanan TDD 2,3 GHz secara bertahap digelar di area Jabodetabek yang memiliki tingkat kepadatan layanan data yang tinggi, dan diharapkan pada pertengahan Desember 2017, sebanyak 500 BTS LTE TDD akan tergelar tidak hanya di Jabodetabek namun juga di Palembang dan Bandung. Ke depannya, di awal tahun 2018, BTS LTE TDD akan digelar untuk menyasar kota-kota lainnya di seluruh Indonesia yang memiliki kepadatan akses layanan data yang cukup tinggi.

Tidak  perlu ganti simcard

Untuk dapat menikmati layanan LTE TDD 2,3 GHz ini, pelanggan tidak perlu melakukan penggantian simcard selama handset yang digunakan sudah support band frekuensi LTE TDD 2,3 GHz dan berada dalam coverage layanan LTE TDD 2,3 GHz. Saat ini dari sekitar 50 juta handset LTE yang ada di jaringan Telkomsel, sekitar 85% diantaranya sudah dapat mensupport layanan ini. LTE TDD 2,3 GHz ini dapat memberikan layanan throughput Downlink yang lebih baik, dikarenakan besarnya lebar bandwidth yang digunakan.

“Dengan tambahan spektrum ini, akan memungkinkan pelanggan kami menikmati layanan broadband dan layanan digital dengan kualitas dan kecepatan akses yang lebih baik. Dalam jangka panjang, tambahan spektrum ini juga memungkinkan kami untuk terus memberikan layanan data terbaik kepada masyarakat secara kompetitif”, jelas Ririek.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini ketersediaan spektrum di Indonesia masih sangat terbatas dan sangat langka, sementara perbandingan antara jumlah pelanggan dan alokasi spektrum frekuensi yang dimiliki Telkomsel tidak proporsional. Dengan pertimbangan tersebut dan untuk mengakomodasi pertumbuhan pelanggan dengan jumlah populasi yang sangat besar di Indonesia, maka nilai tambahan spektrum ini menjadi sangat tinggi dan penting untuk Telkomsel.