Powerbank Rusak dan Lama Dicas? Ini Sebabnya

0
Powerbank rusak (ilustrasi)

Mungkin banyak pemilik powerbank kadang suka bingung kenapa powerbank mereka rusak dan lama saat dicas. Mau tau apa sebabnya?

Merawat powerbank sama saja dengan perangkat lainnya. Terutama saat mengisi kembali daya baterai. Secara tidak langsung memang kadang pengguna hp tidak merawat powerbank mereka dengan baik dan benar. Sehingga powerbank rusak. Apa sih sebab powerbank rusak dan lama di cas? Ini sebabnya.

Hindari Sinar Matahari Secara Langsung

Sama seperti perangkat elektronik lain, powerbank juga akan mengeluarkan suhu panas saat dipakai. Nah, saat ini terjadi, hindari powerbank dari sinar matahari langsung karena akan menghambat sirkulasi powerbank. Selain itu, komponennya juga bisa cepat rusak karena suhu panas berlebihan yang diterima perangkat. Ini menyebabkan powerbank rusak.

Baca juga: Cara Memilih Powerbank Berkualitas

Hindari Benturan
Usahakan jangan sampai powerbank kena benturan baik secara disengaja atau tidak. Apalagi terbentur dengan benda keras lainnya. Hal ini akan menyebabkan lampu indikator yang mati total atau bahkan indikator longgar sehingga tidak bisa dipakai lagi.Ini menyebabkan powerbank rusak.

Jangan Terlalu Sering Gunakan Powerbank
Setiap baterai powerbank memiliki perbedaan jenis. Lithium-Ion (Li-Ion) dan Lithium-Polimer (Li-Po). Keduanya memiki
Usia pengisian, untuk Li-Ion memiliki daya tahan 500 kali pengisian daya baterai. Sedangkan Li-Po mampu mengisi daya hingga 1000 kali. Jika penggunaanya telah mencapai angka maksimal, maka daya powerbank akan cepat habis. Dan, pengisian ulang daya baterai pun menjadi lebih lama.

Baca Juga  5 Tips Belanja Online di Harbolnas Aman Dari Penipuan

Jangan Sampai Over-Charging
Pengisian daya melalui powerbank bisa cepat rusak jika terlalu lama. Jadi usahakan langsung dicabut saat Powerbank terisi penuh. Powerbank akan mengalami kerusakan lebih parah jika terdapat tidak memiliki fitur over charging protection.Ini menyebabkan powerbank rusak.

Jangan Gunakan Hp Saat Dicas dengan Powerbank
Biasanya, pengguna akan tetap memainkan smartphone meski sedang diisi daya. Hal ini akan membuatnya lebih cepat rusak, sama dengan saat mengisi daya dengan powerbank. Hal ini akan menyebabkan arus dari powerbank menjadi tidak stabil selama proses pengisian daya. Selain itu, baterai powerbank juga bisa ‘bocor’ karena seringnya pengguna melakukan hal tersebut.Ini menyebabkan powerbank rusak.

Untuk itu ada baiknya kamu merawat powerbank supaya tidak cepat rusak.