Alibaba Edukasi UKM Indonesia Menuju Industri E-commerce
Alibaba Edukasi UKM Indonesia Menuju Industri E-commerce

Seminar terbuka ini bertujuan untuk membekali UKM Indonesia dengan beragam pengetahuan maupun sarana penunjang kesuksesan di industri e-commerce. Kegiatan ini juga bertujuan untuk berkontribusi kepada kesuksesan ekonomi digital Indonesia.

Melanjutkan misinya untuk mendorong transformasi bisnis global di era digital dengan mengadakan Alibaba Global Course di Indonesia.
Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan UKM dalam memahami industri e-commerce yang menghadirkan pembicara dari Taobao University dan sejumlah pelopor ekonomi digital dalam negeri seperti Tokopedia, Lazada Indonesia, UCWeb, dan Alibaba.com.

Dihadiri sekitar 1.000 pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) lokal di Jakarta, acara seminar terbuka ini ini dibuka oleh Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Rudy Salahuddin.

“Ekonomi Indonesia sedang bergerak ke tahap penggabungan antara sektor perdagangan online dan offline,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rudy Salahuddin.

“Kita perlu lebih proaktif dan adaptif terhadap perubahan. Maka dari itu pemerintah mengambil langkah strategis untuk perkembangan ekonomi digital, termasuk menciptakan Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (e-commerce Roadmap), membangun infrastruktur, dan membina technopreneurs. Kami juga menyambut baik inisiatif dari sektor swasta, seperti Alibaba Global Course, karena sejalan dengan misi kami untuk meningkatkan kapasitas pelaku ekonomi digital Indonesia”.

Vice President Alibaba Group Brian Wong, mengatakan, “Adalah kehormatan bagi kami untuk bisa menghadirkan Alibaba Global Course kepada para pelaku UKM di Indonesia. Kami sangat senang dan terkesan atas antusiasme dan dukungan para pelaku UKM untuk mengikuti seminar ini. Hal ini sejalan dengan misi kami yaitu untuk membantu pengusaha Indonesia dalam ekonomi digital. Kami berharap seminar ini mampu membantu mereka untuk sukses di dunia e-commerce, baik dalam bidang analisis konsumen, best industry practice maupun kemampuan pemasaran. Pada akhirnya, kami berharap mereka dapat berkontribusi pada kesuksesan Indonesia dalam ekonomi digital dan menciptakan peluang karir yang inovatif.”

Seminar Alibaba Global Course menghadirkan jajaran pembicara terbaik dari industri e-commerce dalam negeri. Salah satunya adalah Co-Founder Tokopedia Leontinus Alpha Edison, yang berbagi wawasan mengenai bagaimana UKM dapat meningkatkan pengalaman belanja konsumen melalui teknologi digital dan mengembangkan bisnis mereka. Sedangkan Chief Marketing Officer Lazada Indonesia Achmad Alkatiri menyampaikan rahasia kesuksesan penjual yang telah mampu memanfaatkan platform Lazada untuk meningkatkan bisnis mereka. Sementara itu, pembicara lain dari UCWeb, Alibaba.com, dan Taobao University mempresentasikan beragam topik, mulai dari tren terbaru untuk memperkenalkan merek dan konten pemasaran, menciptakan lini produk dan strategi penetapan harga, hingga tips membangun kepercayaan dengan pembeli Business to Business (B2B) dari seluruh dunia.

Alibaba Global Course diselenggarakan oleh Alibaba Business School, sebuah lembaga yang didirikan oleh Hangzhou Normal University of China dan Alibaba Group pada Oktober 2008. Fokus utama dari kegiatan ini adalah untuk memberikan sistem pelatihan e-commerce agar UKM dapat semakin berkembang. Penyelenggara kursus ini adalah Taobao University, platform pendidikan dan pelatihan Alibaba Group yang menawarkan kesempatan belajar kepada praktisi e-commerce. Taobao University juga menawarkan kursus offline dan online dari individu di luar Tiongkok, instansi pemerintah, dan para pebisnis. Selama beberapa tahun terakhir, Taobao University telah menyelenggarakan lebih dari 30 kursus pelatihan di enam negara termasuk wilayah Asia Tenggara dan sekitarnya, yang dihadiri lebih dari 2.600 peserta – termasuk lebih dari 2.500 UKM dan pengusaha.
PT Global Jet Ecommerce sebagai authorized channel partner Alibaba.com di Indonesia menyediakan dukungan logistik terhadap penyelenggaraan acara ini.