laptop asus

GadgetSquad.id – ASUS makin rajin merilis laptop terbarunya, kali ini giliran seri VivoBook yang ditujukan untuk segmen menengah. Kali ini, model terbaru yang diperkenalkan yaitu ASUS VivoBook S14 S410U. Laptop ini memiliki keunggulan pada dimensinya yang lebih kecil dan prosesor dan kartu grafisnya yang masih tetap ngegas alias kencang.

Setelah sebelumnya hadir dalam varian layar 15 inci yakni VivoBook S15, varian terbaru dari ASUS yakni VivoBook S14 S410 dihadirkan dimensi layar yang lebih kecil yakni 14 inci. Bobotnya hanya 1,7Kg serta memiliki ketebalan 17,9mm. Tentu saja dengan bodi yang demikian, laptop ini akan sangat mudah untuk diajak bepergian serta mendukung produktivitas penggunanya.

“Kami mendapat banyak masukan dari pengguna untuk menghadirkan VivoBook series dalam dimensi yang lebih kompak karena era millenial menuntut seseorang untuk bisa semakin mobile dan produktif di manapun dan kapanpun,” ucap Galip Fu, Country Marketing Manager, ASUS Indonesia. “Ini alasan utama hadirnya VivoBook S14 S410 dengan dimensinya yang ramping dan portable,” tambah Galip.

Dari sisi performa, Galip menambahkan, ASUS memperbarui prosesor dari laptop consumer ini dengan menyematkan Intel Core i5 generasi ke-8 atau yang lebih dikenal kode nama Kaby Lake R. Tidak hanya itu, kemampuan olah grafisnya pun turut ditingkatkan dengan menyematkan komponen VGA card Nvidia MX150.

“VivoBook S S410 ditujukan bagi pengguna muda, mereka yang masih menyelesaikan studinya di kampus, atau baru saja lulus dari bangku kuliah dan mulai bekerja,” ucap Galip. “Mereka umumnya adalah kalangan yang aktif, dinamis dan penuh gairah, menginginkan perangkat atau gadget yang premium untuk mendukung aktivitas dan gaya hidup sehari-hari tetapi tetap harus ramah dari sisi budget,” ucapnya lagi.

Prosesor dan Kartu Grafis Lebih Kencang

ASUS VivoBook S14 S410 menawarkan penggunanya kombinasi sempurna antara keindahan desain dan performa laptop. Memiliki bezel NanoEdge 7,8mm yang tipis, finishing logam yang sempurna, laptop ini diperkuat prosesor Intel Core i5 generasi ke-8 Intel Core i5-8250U yang bekerja hingga kecepatan 3,4GHz. Ditopang oleh RAM DDR4 sebesar 8GB dan grafis Nvidia GeForce MX150 dengan VRAM 4GB, VivoBook S14 S410 sesuai untuk gaya hidup perkotaan yang serba cepat dan dinamis.

“ASUS VivoBook S14 S410 menggunakan prosesor Intel Core i5-8250U yang memiliki 4 core dan 8 thread,” ucap Galip. “Dibanding generasi sebelumnya yang hanya memiliki 2 core prosesor 2 inti dengan 4 thread, generasi chip terbaru ini tentu saja memiliki performa yang jauh lebih baik sebab beban tugas yang dijalankan bisa dibagi-bagi, sehingga membuat proses komputasi semakin efektif dan efisien,” jelasnya.

Tidak hanya itu, ketersediaan descrete graphic dari Nvidia MX 150MX menjadikan perangkat ini playable untuk bermain game dengan tingkat grafis cukup berat. Serta cocok untuk menjadi perangkat bagi para konten kreator yang hobi mengolah foto maupun video. “Nvdia MX 150MX memiliki kecepatan 4 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan hanya menggunakan onboard VGA card,” ungkap Galip. “Chip grafis ini juga telah menggunakan arsitektur berbasis Pascal dan teknik litografi 14nm sehingga membuat performa semakin efisien,” jelasnya lagi.

Layar VivoBook S14 pun mampu menampilkan kualitas dan detil warna yang tajam berkat resolusi Full HD yang dimiliki serta penyematan teknologi unggulan ASUS untuk mengoptimasi tampilan layar seperti ASUS Splendid Technology dan ASUS Tru2life.

Desain Ringkas Dengan Port Lengkap

ASUS tidak pernah absen untuk mengedepankan aspek performa pada tiap perangkat buatannya, tidak terkecuali laptop yang satu ini. Selain dukungan kemampuan prosesor, RAM serta grafis yang mumpuni untuk mengolah sistem dengan baik, ASUS VivoBook S14 S410 juga dilengkapi dengan dua buah storage internal. Untuk memastikan performa tinggi, disediakan SSD sebesar 128GB. Adapun untuk keleluasaan penyimpanan, masih ada harddisk berkapasitas ekstra lega, 1TB.

“Penggabungan antara SSD dan HDD akan menghasilkan perangkat yang gesit untuk membuka maupun menutup aplikasi hingga multitasking sekaligus mampu menampung banyak program di dalamnya,” jelas Galip. “Anda akan merasakan peningkatan dalam kecepatan baca dan tulis yang drastis, kinerja secara keseluruhan, waktu boot-up, dan data yang lebih aman saat disimpan di SSD. Adapun untuk data yang lebih besar, bisa disimpan di HDD berkapasitas 1TB yang sangat lega,” jelasnya.

Sementara untuk urusan port konektivitas, ASUS VivoBook S S410 dilengkapi dengan port USB 3.1 dengan konektor USB Type-C reversibel dengan desain any-way-up yang membuat perangkat penghubung menjadi sederhana dan cepat. USB 3.1 juga memberikan kecepatan transfer data hingga 5x lebih cepat dari koneksi USB 2.0 lama. Didukung dengan port USB 3.1, slot kartu HDMI dan slot SD card tentunya mendukung kompatibilitas tanpa kerumitan dengan berbagai macam periferal, display dan proyektor.

 

Main Spec.ASUS VivoBook S14 S410
CPUIntel® Core™ i5 8250U Processor Quad Core (4M Cache, up to 3.5GHz)
Operating SystemWindows 10 Home
Memory8GB DDR4 2133MHz SDRAM
Storage128GB SATA 3 M.2 SSD + 1TB HDD
Display14” (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) with slim bezel
GraphicsDiscrete graphics Nvidia MX 150MX 4GB GDDR5 VRAM
Input/Output1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x Fingerprint (On selected models), 1 x HDMI, 1 x USB 3.0 port(s), 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 2 x USB 2.0 port(s)
CameraVGA Web Camera
ConnectivityIntegrated 802.11a/b/g/n/ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
AudioBuilt-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers And Digital Array Microphone

ASUS SonicMaster Premium Technology

Battery3 Cells 42 Whrs Battery
Dimension(WxDxH) 361.4 x 243.5 x 17.9 mm
Weight1,7Kg with Battery
ColorsRose Gold
PriceRp11.229.000
Warranty2 tahun garansi global senilai Rp900.000