GadgetSquad.id – Telkomsel mengembangkan layanan keuangan digital TCASH dengan menggelar uji coba layanan TCASH Pass di Bus Rapid Transit (BRT) Semarang, bekerjasama dengan Pemerintah Kota Semarang.

Telkomsel mengembangkan fitur TCASH Pass untuk menjawab kebutuhan digitalisasi pembayaran di sektor transportasi yang bersifat cepat dan berulang. Implementasi teknologi ini memungkinkan transaksi di terminal pembayaran dengan mudah dan cepat tanpa perlu melakukan otorisasi PIN.

Untuk memperoleh kemudahan layanan ini, pelanggan Telkomsel yang aktif menggunakan layanan TCASH dapat dengan mudah mengaktifkan fitur TCASH Pass pada stickernear-field communication (NFC) TCASH yang tersedia di pusat pelayanan transportasi khususnya di halte BRT Balai Kota Semarang dan GraPARI Semarang. Setelah aktivasi layanan TCASH TAP dan fitur Pass, pelanggan dapat mengalokasikan saldo untuk layanan TCASH Pass.

Transaksi TCASH di dalam BRT Semarang dapat langsung dilakukan di dalam bus dengan cara melakukan tap atau menempelkan sticker NFC TCASH ke terminal pembayaran BRT Semarang yang dibawa oleh petugas. Pelanggan dikenakan sesuai dengan tarif yang berlaku, yakni Rp 3.500 untuk umum dan Rp 1.000 untuk pelajar. Guna menunjang kemudahan akses layanan TCASH, Telkomsel juga menyediakan akses khusus aktivasi layanan TCASH untuk Kota Semarang melalui menu akses *800*024#.

Kerjasama pembayaran tiket BRT Semarang menggunakan layanan TCASH Pass ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Vice President Sales & Marketing Telkomsel Area Jawa Bali Ericson Sibagariang dan Walikota Semarang Hendrar Prihadi dalam acara peluncuran TCASH – BRT Semarang di Balai Kota Semarang.

Direktur Sales Telkomsel Sukardi Silalahi yang turut menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman tersebut mengatakan, “Fitur Pass dalam layanan TCASH kami hadirkan dalam upaya mempercepat pengembangan konsep Smart City sekaligus merupakan wujud dukungan dalam membangun Gerakan Nasional Non Tunai melalui digitalisasi pembayaran layanan transportasi.”

Walikota Semarang mengatakan bahwa kerjasama ini penting bagi peningkatan pelayanan BRT Semarang. “Saya yakin sebagian besar pengguna Trans Semarang akan sangat menyambut baik inovasi ini” ungkap Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi.

Sementara itu, Senior Vice President Mobile Financial Services Telkomsel Danu Wicaksana menyampaikan, “Kerjasama TCASH Pass dengan Bus Trans Semarang merupakan langkah pertama kami untuk masuk ke sektor transportasi umum.”