spesifikasi dan harga iphone 15 PlusGadgetSquad.ID – Walau banyak dibanggakan pemujanya, tak bisa dipungkiri teknologi maupun fitur iPhone, gak jauh lebih baik dari hape berbasis Android.

Hal ini bisa tercermin dari iPhone generasi terbaru iPhone 15. Buat pengguna iPhone garis keras yang memuja hape dengan kamera Boba, iPhone 15 yang baru aja rilis memang membawa perubahan.

Sayang perubahan di iPhone 15 bisa dikatakan kuno bagi mereka yang menggunakan Android. Pasalnya banyak perubahan yang dibawa iPhone 15, sudah terlebih dahulu dinikmati pengguna Android.

Diolah dari berbagai sumber, berikut beberapa fitur maupun teknologi baru di iPhone 15 yang ternyata sudah terlebih dahulu hadir di hape Android.

Action Button
Action Button hanya ada di iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max, yaitu tombol yang menggantikan tombol Mute. Action Button ini fungsinya bisa diatur sesuka pengguna, dari mulai membuka kamera, menyalakan senter, sampai melakukan deretan perintah yang lebih kompleks.

Tombol semacam ini sudah ada sejak lama di platform HP lain, baik itu Android dan bahkan BlackBerry. Ya, BlackBerry sudah menyediakan tombol yang bisa diprogram sendiri fungsinya sejak tahun 2010 lho.

Folded-zoom camera
iPhone 15 Pro Max punya upgrade paling besar, lantaran dibekali kamera tele dengan zoom optik 5x. Kamera ini menggunakan teknologi folded-zoom, menghadirkan zoom besar namun tak memakan banyak tempat di bodi hape.

Nah perlu kamu tau, folded-zoom adalah nama lain dari teknologi periscope yang banyak dipakai di HP Android, misalnya seri Galaxy Ultra yang punya zoom optik 10x dengan teknologi periscope. Hanya saja implementasinya sedikit berbeda antara Apple dan kebanyakan HP Android.

AV1
Khusus di iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max, Apple menghadirkan decoding AV1, yaitu sebuah codec baru yang membuat ukuran video bisa lebih kecil namun dengan kualitas yang sama.

Fitur sejenis sudah banyak tersedia di hape Android, bahkan Netflix dan YouTube pun sudah menawarkan codec ini ke penggunanya. Bahkan, MediaTek sudah menyediakan codec ini di Dimensity 1000 yang dirilis 2019.

Ray Tracing
Ray Tracing menjadi salah satu fitur yang diyakini Apple bisa menjadikan iPhone sebagai sebuah konsol, bahkan konsol terbaik. Padahal, ray tracing ini pun sudah ada sejak tahun lalu di Android, tepatnya di Exynos 2200 yang dipakai di Galaxy S22.

USB-C
Apple akhirnya meninggalkan Lightning dan mengubahnya menjadi USB-C. Hampir tujuh tahun sejak HP Android pertama menggunakan USB-C.

Parahnya Apple, tidak menggunakan teknologi USB-C yang paling kekinian untuk iPhone 15, yang hanya mendukung USB 2.0, namun dalam bentuk USB-C.

Hanya iPhone 15 Pro yang teknologinya lumayan baru, yaitu USB 3 dengan bandwidth maksimal 10Gbps