GadgetSquad.idXL Axiata melalui divisi usahanya yaitu XL Axiata Business Solutions (XLABS) menyediakan layanan ICT berupa Internet of Things (IoT) dan koneksi tetap (fixed connectivity) untuk perkembangan industri mobil listrik nasional. Hal ini dibuktikan dengan menjalin kerjasama dengan salah satu produsen bus listrik nasional, yaitu PT Mobil Anak Bangsa (MAB).

Dukung Mobil Listrik Nasional, XL Axiata Sediakan Layanan Internet of Things (1)

Penandatanganan kesepakatan kerja sama berlangsung di Jakarta (4/5), oleh Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, dan Direktur Utama PT MAB, Kelik Irwantono. Turut menyaksikan penandatanganan ini, Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), Jenderal TNI (Purn) Dr. Dr. (H.C) Moeldoko, S.I.P, M.SI.

Baca  juga : Kinerja XL Axiata di Kuartal 1 2024 Melejit ! Laba Bersih Naik 168%

Dian Siswarini mengatakan, “Kerja sama dengan PT MAB ini sangat strategis bagi XL Axiata, dan menjadi salah satu portfolio proyek XLABS untuk industry electric vehicle (EV) Indonesia yang saat ini tumbuh pesat.”

Sementara itu, Kelik Irwantono menyatakan, “Dengan bekerja sama dengan mitra seperti XL Axiata kami bertujuan untuk mendorong inovasi dan keberlanjutan di sektor transportasi. ” PT MAB merupakan produsen mobil listrik nasional yang didirikan pada tahun  2017. Pabrik perakitan berlokasi di Kudus, Provinsi Jawa Tengah. Hingga saat ini, jenis-jenis kendaraan listrik produksi PT MAB yaitu bis Listrik, truk Listrik dan van Listrik.

Dukungan XL Axiata Untuk Industri Mobil Listrik Nasional

Dalam kerja sama di industri mobil listrik nasional ini, XLABS persisnya akan memberikan solusi berupa IoT Connectivity+ yang akan digunakan untuk konektivitas pada EV Bus. Dengan layanan ini, pihak pengelola kendaraan listrik produksi MAB bisa melalukan monitoring perangkat krusial kendaraan seperti kondisi baterai, juga lokasinya secara real time. Manfaat dari penggunaan solusi ini antara lain berupa kemudahan dalam operational sehari-hari dan pemeliharaan kendaraan.

Selain itu, solusi IoT Connectivity+ akan memungkinkan efisiensi biaya operational karena semua hal bisa dikontrol dan dimonitoring dari dashboard. Di tahap awal kerja sama ini, solusi IoT Connectivity+ akan diterapkan pada kendaraan terpilih produksi MAB. Sementara itu, solusi Fixed Connectivity akan dipergunakan untuk konektivitas pabrik MAB di Kudus. Kedepannya sangat dimungkinkan untuk penggunaan Solusi-solusi IoT dan ICT di atas konektivitas XL Axiata yang handal yang dapat memberikan manfaat lebih jauh bagi operasional Perusahaan.