Google Maps Kini Pakai AI, Apa Keunggulannya

Google kini telah menghadirkan kecerdasan buatan (AI) semakin meluas, sekarang giliran Google Maps pakai AI. Namun sayang, fitur baru ini baru tersedia saat ini untuk “Local Guides ” di Amerika Serikat.

Bagi yang beruntung menjadi salah satu dari Local Guides tersebut, maka dapat memanfaatkan generative AI di Maps untuk membantu menemukan tempat sesuai kebutuhan.

Jadi pengguna cukup sampaikan apa yang akan cari dalam bahasa sehari-hari, dan model bahasa milik Google akan menganalisis basis data tempat di Maps untuk memberikan jawaban.

Baca juga: Tips Pantau Lokasi Hape Real-time Pakai Google Maps!!

Google Maps pakai AI ini hadir pada fitur di Local Guides ini sejatinya belum diluncurkan secara luas. sehingga bisa dianggap sebagai versi beta.

Dalam posting pengumuman resmi, Google memberikan contoh cara untuk menggunakan fitur baru ini. Pengguna tinggal mengatakan “tempat dengan nuansa vintage di San Francisco”, dan Google Maps akan akan diberikan “informasi lengkap” tentang bisnis dan tempat di sekitar, lengkap dengan foto, rating, dan ulasan dari komunitas Maps.

Hasilnya disusun dalam kategori-kategori dan dilengkapi dengan carousel foto dan ringkasan ulasan yang menyoroti alasan mengapa suatu tempat mungkin menarik berdasarkan permintaan.

Setelah mengajukan pertanyaan, bahkan penguna dapat melanjutkan percakapan dengan pertanyaan lanjutan tanpa mengulangi apapun, sehingga bisa langsung beralih ke “bagaimana dengan makan siang?” dalam contoh sebelumnya. Selanjutkan akan mendapatkan rekomendasi tempat yang sesuai yang diinginkan.

Pengguna juga dapat menyimpan semua tempat yang direkomendasikan dengan cara ini atau berbagi dengan teman-teman. Fitur ini dirasa sangat berguna setelah diolah dan diluncurkan untuk semua orang. Kapan ya kira-kira akan tersedia untuk penguna Indonesia? Ya kita tunggu saja