ASUS memperkenalkan varian terbaru dari Zenbook DUO (UX8406), laptop dua layar yang sukses menjadi perhatian masyarakat Indonesia saat diluncurkan bulan Maret 2024 silam. Dalam acara The New Zenbook ASUS AI Laptop – Gathering (13/6/24) kami berkesempatan untuk mencoba laptop futuristik dengan penggunaan dua layar yang kini hadir dengan performa yang lebih powerful berkat prosesor Intel® Core™ Ultra 9 185H.

Tidak hanya itu, Zenbook DUO (UX8406) juga memberikan kenyamanan yang lebih kepada para pengguna dengan dua layar sentuh dan performa AI yang mumpuni untuk setiap produktivitas harian kapanpun dan di manapun. Nah, kali ini tim Gadget Squad berkesempatan untuk menjajal langsung laptop ini pertama kalinya, yang tentunya bisa menjadi pertimbangan sebelum anda membeli perangkat ini.

Hands-on

Secara desain, laptop Zenbook DUO (UX8406) ini tidak memiliki perubahan secara fisik dari generasi sebelumnya. Tampilan nya yang khas masih sama dengan bodi yang tipis dan ringkas. Ketebalan bodinya hanya 1.99 cm dengan bobotnya mencapai 1,39 kg pada laptop dan 0.3 kg pada keyboardnya yang membuat laptop ini tetap mudah untuk dibawa bepergian.  Kesan elegan dan mewah juga sangat terasa dengan material aluminium di seluruh bagian bodinya yang ringan dan kuat.

Port I/O

Walaupun laptop ini ringkas, tapi untuk urusan kelengkapan port nya cukup lengkap, terdapat 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS dan 1x 3.5mm Combo Audio Jack.

Layar Ganda Superior

Desain layar ganda Zenbook DUO (UX8406) terdiri dari dua layar penuh berukuran 14-inci dengan teknologi ASUS Lumina OLED 3K Touchscreen with Stylus Support yang memberikan kualitas visual terbaik. Didesain untuk meningkatkan produktivitas, laptop ini dapat digunakan dalam lima skenario penggunaan yang berbeda, mencakup berbagai mode seperti Laptop, Dual Screen, Desktop, dan lainnya.

Layar nya ini juga memiliki tingkat kecerahan sebesar 600 nits dengan tingkat cakupan warna 100% DCI-P3, PANTONE Validated. Selain itu, refresh rate yang dimiliki juga sangat tinggi mencapai 120Hz yang mampu menyuguhkan tampilan yang lebih halus dan lebih lancar.

Tak hanya itu, melalui ScreenXpert, pengguna Zenbook DUO (UX8406) juga dapat menggunakan berbagai gesture untuk menampilkan virtual keyboard, mengganti mode layar, hingga menjalankan banyak aplikasi lewat satu kali sentuhan.

Performa Kencang

Secara performa, kini laptop berlayar ganda besutan Asus ini hadir dengan tenaga yang lebih powerfull dengan penggunaan prosesor Intel® Core™ Ultra 9185H yang memiliki Neural Processing Unit untuk meningkatkan kinerja aplikasi AI. Selain itu, chip grafis Intel® Arc™ pada laptop ini juga memberikan performa grafis dua kali lipat dibandingkan dengan chip generasi sebelumnya dan dilengkapi dengan teknologi canggih seperti real-time ray tracing dan Xᵉ Super Sampling.

Sedangkan untuk mendukung kinerjanya, Asus Zenbook DUO (UX8406) dibekali dengan kapasitas RAM 32GB dengan type LPDDR5X dan kapasitas penyimpanan sebesar 2TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD.

Dengan sistem operasi Windows 11 dan fitur AI Copilot, Zenbook DUO (UX8406) menawarkan asisten cerdas untuk mendukung kreativitas, kolaborasi, dan fokus dalam menyelesaikan tugas. Dilengkapi dengan genuine Microsoft Office 2021, laptop ini dapat membantu menunjang aktivitas sehari-hari dengan lancar.

Baterai

Untuk daya tahan hidupnya, Asus Zenbook DUO (UX8406) ini memiliki baterai berkapasitas 75WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion yang hadir dengan adaptor charger nya juga punya bentuk yang simple dan ringan.

Harga & Ketersediaan

Bagi anda yang tertarik dengan laptop futuristik ini, Zenbook DUO (UX8406) terbaru yang telah ditenagai prosesor Intel® Core™ Ultra 9 185H sudah tersedia di Indonesia yang di dibanderol dengan harga Rp. 40.399.000. Selain itu, Asus juga memberikan 2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty. Laptop ini dapat diperoleh di channel retail online dan offline di seluruh Indonesia.