GadgetSquad.id – Tokopedia Affiliate pertama kali dihadirkan pada awal tahun 2022. Awalnya program ini ditujukan untuk menghadirkan pengalaman belanja yang lebih interaktif dan relevan bagi konsumen, sekaligus membantu memasarkan produk dari penjual. Namun kini keuntungan lain juga bisa dirasakan oleh affiliator atau orang yang membantu memasarkan produk melalui program affiliate. 

Tokopedia Affiliate (1)

Keuntungan Tokopedia Affiliate

“Tokopedia Affiliate mempermudah siapa pun menjadi influencer dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan mempromosikan produk atau toko di Tokopedia melalui link afiliasi yang bisa dibagikan lewat konten media sosial. Tokopedia Affiliate di sisi lain bisa memberikan nilai tambah pada strategi pemasaran pelaku usaha menjadi lebih interaktif dan menarik,” kata Associate Vice President of Content Marketing Platform Tokopedia, Nirmala Hapsari.

Beberapa keuntungan dari adanya program Tookopedia Affiliate antara lain yaitu :

  1. Pengguna Tokopedia Affiliate (disebut Affiliate) bisa meraih komisi hingga 10% setiap produk berhasil terjual dari link afiliasi yang mereka bagikan.
  2. Ada juga komisi tambahan Rp10 untuk setiap kunjungan tervalidasi (page visits) ke halaman produk atau toko yang dipromosikan Affiliate.
  3. Siapa pun dengan media sosial yang aktif–tanpa minimal jumlah followers–bisa mendaftar sebagai Affiliate.

Akademi Kreator

Kehadiran Tokopedia Affiliate disambut positif oleh masyarakat. Terbukti dari jumlah Affiliate yang naik hampir 16 kali lipat pada Juni 2023, dibandingkan dengan akhir bulan pertama saat program ini diluncurkan.

Tokopedia pun melakukan berbagai inisiatif guna membantu siapa pun mengasah skill menjadi influencer berkomisi. Salah satunya, Akademi Kreator Tokopedia. Program ini mewadahi Affiliate berkomunitas dan memberikan akses gratis terhadap berbagai materi edukasi yang bisa mengasah skill sebagai kreator konten, seperti membuat skrip video, membuat konten yang menarik banyak audience dan masih banyak lagi.

Baca juga : Tokopedia Care , Layanan Keluhan Pelanggan 24 Jam Berbasis Digital

Selain itu, Tokopedia rutin menyelenggarakan festival tahunan GEMBIRA: Brands and Creators Day sebagai wadah bagi Affiliate untuk memperluas koneksi dengan sesama kreator konten dan brand, mendapat wawasan lewat talkshow edukatif dan mengikuti berbagai aktivitas dan produk eksklusif.

 

Dipromosikan Affiliate

Program Tokopedia Affiliate juga memberikan keuntungan bagi penjual dalam memasarkan dan menjual produknya di Tokopedia. Untuk itu Tokopedia menghadirkan program khusus penjual yang dinamakan “Dipromosikan Affiliate”.

“Untuk memaksimalkan dampak afiliate bagi masyarakat termasuk pelaku UMKM, kami meluncurkan fitur Dipromosikan Affiliate. Fitur ini memungkinkan penjual yang memenuhi kriteria untuk menawarkan komisi tambahan hingga 20% kepada Affiliate. Jadi, Affiliate dapat memperoleh penghasilan tambahan yang makin tinggi, sedangkan produk atau toko pelaku usaha bisa makin laris manis,” kata Nirmala.

Fitur ini berkontribusi positif terhadap bisnis para pelaku usaha. Pada kuartal II 2023, penjual yang memakai fitur ‘Dipromosikan Affiliate’ di Tokopedia mengalami peningkatan kunjungan halaman produk rata-rata hampir 4 kali lipat, dibandingkan penjual yang belum memakai fitur tersebut.