GadgetSquad.id – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Alodokter. MoU ini bertujuan memperluas jangkauan komunikasi tentang visi dan program-program kesehatan dari Kemenkes RI melalui platform Alodokter. Selain itu, MoU ini juga bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang terlibat dalam penyediaan layanan kesehatan di seluruh Indonesia secara digital melalui layanan telemedisin di Alodokter.


Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyatakan, “Penandatanganan MoU dengan Alodokter, sebagai salah satu telemedisin besar di Indonesia, merupakan langkah penting dan strategis dalam mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan aksesibilitas informasi dan kualitas pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Melalui kolaborasi dengan Alodokter, kami berharap dapat memberikan solusi inovatif dalam menyampaikan informasi secara efisien kepada seluruh ekosistem layanan kesehatan tanah air untuk kesejahteraan masyarakat yang lebih baik dan merata.”

Menkes juga menyebut setidaknya ada tiga peluang besar yang bisa dimanfaatkan oleh platform teknologi kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Indonesia. Pertama, menyediakan pendidikan tenaga kesehatan yang lebih mudah dan murah. Kedua, akses layanan kesehatan harus masif sampai di tingkat bawah seperti Puskesmas. dan yang ketiga lanjut Menkes, layanan kesehatan dapat diperluas tak hanya di level Puskesmas, Pustu ataupun Posyandu, tetapi setiap rumah harus memiliki layanan kesehatan yang diberikan oleh ibu rumah tangga.

Suci Arumsari selaku Co-Founder dan President Director dari Alodokter mengatakan, “Alodokter merasa bangga karena dipercaya oleh Kementerian Kesehatan dalam kolaborasi ini, khususnya dalam integrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam sektor kesehatan. Kami berkomitmen untuk terus mendukung visi dan program-program pemerintah yang bertujuan meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Kami percaya bahwa dengan menjalin kemitraan yang erat dan terpercaya, kami dapat bersama-sama menciptakan perubahan yang positif dan signifikan dalam pelayanan kesehatan, membawa manfaat yang luas bagi seluruh lapisan masyarakat.”

Baca Juga: ALOMEDIKA, Sosial Media Khusus Para Dokter

Ruang lingkup dari MoU Kemenkes dan Alodokter meliputi:

  1. Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia
    Lingkup ini memfokuskan pada komitmen bersama untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di sektor kesehatan, termasuk dokter dan tenaga kesehatan lainnya.
  2. Pengembangan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi
    Lingkup ini menekankan pada penyampaian komunikasi, informasi, dan edukasi mengenai program-program kesehatan yang terbaru dan sedang berjalan dari Kemenkes melalui platform Alodokter dan aset digitalnya.
  3. Survei dan Pengumpulan Umpan Balik
    Lingkup ini mencakup inisiatif untuk melakukan survei dan mengumpulkan feedback (umpan balik) dari pihak-pihak yang terlibat dalam sektor kesehatan, termasuk dokter dan praktisi lainnya.
  4. Dukungan Langsung Layanan Telemedisin Alodokter untuk Program-Program Kemenkes
    Sebagai bagian dari kesepakatan, terdapat komitmen kuat untuk memberikan dukungan langsung layanan telemedisin kepada program-program Kemenkes.
  5. Kegiatan Kolaborasi untuk Sosialisasi Program Kesehatan
    Dalam ruang lingkup kolaborasi ini, terdapat rencana masa depan untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan yang bertujuan mensosialisasikan program kesehatan kepada masyarakat luas.

Kolaborasi antara Kemenkes RI dan Alodokter diharapkan tidak hanya akan memperkuat infrastruktur kesehatan dan akses terhadap layanan kesehatan digital, tetapi juga akan memperkuat komunikasi dan partisipasi seluruh pihak di sektor kesehatan serta masyarakat dalam upaya bersama untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan nasional.