GadgetSquad.id – Di sela-sela acara peluncuran teknologi Copilot+, Microsoft bersama dengan para produsen perangkat asli (OEM) memperkenalkan berbagai PC yang ditenagai oleh prosesor Snapdragon X Series yang terdrii dari Snapdragon X Elite dan Snapdragon X Plus.

Prosesor Snapdragon X Series

“Ini adalah era baru dari PC, dimana kami berkolaborasi dengan Microsoft menggabungkan kekuatan Snapdragon Seri X dan kekuatan Copilot+ untuk menghadirkan kemampuan AI inovatif yang mendefinisikan kembali pengalaman komputasi personal” tutur Alex Katouzian, Group General Manager, Mobile, Compute & XR, Qualcomm Technologies.

 

Prosesor Snapdragon X Series

Ini adalah prosesor PC terbaru buatan Qualcomm yang mendukung PC Windows berteknologi CoPilot+. Qualcomm Technologies mendesain Snapdragon X Elite, yang memberikan kinerja NPU (neural processing unit) per watt tertinggi untuk laptop, hingga 2,6X vs. M3 dan hingga 5,4X dibandingkan prosesor Core Ultra 7.

Dengan arsitektur Qualcomm Hexagon NPU yang terintegrasi, Snapdragon X Elite dapat menghadirkan performa tertinggi hingga 24 TOPS/watt untuk menjalankan penggunaan seperti fitur Super Resolution. Selain itu, dengan CPU Qualcomm Oryon, Snapdragon X Elite memimpin dalam performa per watt, setara dengan  performa puncak CPU dari para PC pesaing namun dengan daya 60% lebih rendah.

Baca juga : Snapdragon X Plus: Platform Laptop AI, Performa Tinggi Dan Efisiensi Maksimal

Rangkaian PC dengan prosesor Snapdragon X Elite dan X Plus menawarkan daya tahan baterai hingga berhari-hari, kinerja terdepan, dan efisiensi mutakhir untuk memaksimalkan produktivitas dan kreativitas. Produk-produk ini juga menawarkan pengalaman AI unik yang didukung oleh NPU tercepat di dunia untuk laptop dengan kecepatan 45 TOPS serta performa per watt yang unggul. 

Gelombang pertama peluncuran lebih dari 20 PC Copilot+ dengan Prosesor Snapdragon X Elite dan Snapdragon X Plus diumumkan oleh para produsen gadget dan peralatan elektronik (OEM) terkemuka dunia, termasuk Acer, ASUS, Dell, HP, Lenovo, Microsoft, dan Samsung. Beragam seri dari perangkat ini tersedia untuk pre-order sekarang dan bisa dibeli dari toko retail mulai 18 Juni 2024 mendatang. 

“PC Copilot+ yang ditenagai oleh Prosesor Snapdragon X Series menghadirkan kinerja per watt yang unggul pada ekosistem Windows, sekaligus mendukung pengalaman AI yang inovatif serta masa pakai baterai yang luar biasa,” ungkap Pavan Davuluri, Corporate Vice President, Windows + Devices untuk Microsoft