asus-zenfone-3Asus baru saja merilis sejumlah smartphone yang masuk ke dalam dereran Zenfone 3 Series. Salah satunya Asus Zenfone 3 yang pertama kali dan langsung dikeluarkan untuk bersaing di pasar smartphone Indonesia. Seperti apa kehebatan smartphone andalan Asus yang satu ini ?

 

Desain

Zenfone 3 mengalami perubahan desain yang sangat banyak. Benar-benar beda dari Zenfone sebelumnya. Di bagian bodi depan depan berdesain full kaca. Sscreen to body ratio dari Asus Zenfone 3 sudah lebih baik dari sebelumnya yaitu di angka 77.3%. Bezelnya sendiri berada di angka 2.1mm.

 

Kaca yang diusung oleh Asus Zenfone 3 sudah berteknologi 2.5D Curve Glass. Dengan hadirnya 2.5D Curve Glass maka kita akan menikmati kesan premium dari smartphone ini. Selain itu, kaca ini bukanlah kaca biasa, tetapi ini adalah kaca buatan Corning yakni Gorilla Glass 3. Seperti diketahui, Corning Gorilla adalah lapisan kaca yang sudah terkenal dengan kekuatan anti baretnya.

 

Asus tidak meninggalkan tombol capacitive di bagian depan. Sayangnya capacitive button ini hadir tanpa backled, jadi harus menghafal posisi capacitive button yang ada sehingga tidak ada kendala ketika digunakan di ruangan minim cahaya.

 

Desain dari Zenfone 3 ini sejatinya dioptimalkan untuk tangan kiri karena tombol kembali ada di sebelah kiri. Akan tetapi bisa juga kok digunakan di tangan kanan karena lama-lama kita akan terbiasa juga dengan hal itu.

 

Di sebelah kanan atas, sensor proximityberada di sebelah kiri lubang speaker. Ini perlu diperhatikan. Soalnya kalau tertutup, bisa mengakibatkan layar menjadi redup. Bisa-bisa kita terganggu saat sedang penting-pentingnya beraktivitas dengan Zenfone.

 

Sisi belakang smartphone ini juga mendapat balutan kaca yang sama dengan bagian depan. Balutan ini juga merupakan lapisan Gorilla Glass 3 sehingga anti gores. Desain bodi belakang juga menganut curve 2.5D sama seperti bagian depan.

 

Di bodi belakang, pada sisi bawah terdapat tulisan ASUS. Bedanya, kali ini logo tersebut sudah dituliskan di dalam kaca. Akhirnya kita tidak perlu khawatir identitas smartphone kita hilang.

 

Bagian atas ada fingerprint reader. Fingerprint ini bentuknya lonjong. Berbeda dengan fingerprint yang ada pada produk lain yang biasanya berbentuk bulat. Di atasnya ada kamera utama yang didampingi oleh laser autofocus dan LED. Desainnya benar-benar menyatu banget dan terus terang, penulis menyukai desain yang seperti ini.

2016-09-21_185626

Beralih ke sisi frame atau sekeliling smartphone ini. Asus menggunakan metal frame yang terbuat dari bahan aluminium alloy. Ketika coba menjatuhkan Asus Zenfone 3 ke lantai beberapa kali, terdapat bekas baret sedikit karena gesekan di bagian frame.

 

Di bagain bawah smartphone ada lubang USB Type-C, ada mic dan ada speaker stereo. USB Type-C ini sangat bermanfaat karena pengguna tidak perlu khawatir terbalik saat akan menyambungkan smartphone ini dengan charger ataupun dengan komputer jika ingin melakukan transfer data. Di bagian atas juga terdapat lubang jack 3.5mm dan mic yang berfungsi sebagai noise cancelation. Tombol power dan volume sendiri terletak pada bagian kanan.

 

Layar

Asus Zenfone 3 ZE520KL menggunakan layar IPS + sehingga layar akan lebih terang dari biasanya dan tentu saja lebih hemat daya. Bentang layar sentuh ini sebesar 5.2 inci. Layar ini sudah mendukung resolusi FullHD atau 1080p dengan kerapatan pixel sekitar 424 ppi.

 

Kamera

Untuk ZenFone 3, kamera yang digunakan sudah memiliki resolusi 16MP untuk kamera utama dan 8MP untuk kamera depan. Untuk sensornya sendiri, ASUS menyematkan sensor Sony Exmor RS™ IMX298.

 

Kehebatan kamera ini salah satunya karena ASUS Zenfone 3 sudah menggunakan aperture 2.0 sehingga cahaya yang dihasilkan oleh kamera cukup terang. Selain itu, perpaduan dengan software ASUS PixelMaster 3.0 yang memiliki segudang fitur juga mampu memanjakan para penggemar fotografi.

 

Buat yang sudah menggunakan ASUS tidak asing lagi dengan ASUS PixelMaster 2. Kali ini dengan berbagai pembaharuan dan penambahan fitur-fitur baru, ASUS Pixel Master 3 hadir dengan kekuatan fotografi yang baru. Berikut mode yang ada di dalam ASUS PixelMaster 3 ini.

 

Auto, Manual, HDR Pro, Beautification, Super Resolution, Children, Low Light, QR Code, Night, Depth of Field, Effect, Selfie, GIF Animation, Panorama, Miniature, Time Rewind, Smart Remove, All Smiles, Slow Motion, Time Lapse

 

Begitu banyaknya modus pemotretan pada ASUS PixelMaster 3.0 ini membuat penulis merasa bahwa ini merupakan software kamera yang paling lengkap. Hampir seluruh kebutuhan fotografi mobile bisa dipenuhi di sini.

 

Oiya ternyata ASUS Zenfone 3 adalah ponsel termurah di kelasnya yang mampu menghasilkan rekaman video berkualitas 4K.

 

Kalau Anda memperhatikan dengan jeli saat memotret dengan ZenFone 3, pasti Anda akan kagum dengan fitur autofocus yang begitu cepat. Ini dikarenakan ASUS Zenfone 3 sudah mengadopsi teknologi laser autofocus.

 

Untuk mengoptimalkan pengambilan gambar, ASUS ZenFone 3 menggunakan sistem TriTech auto-focus yang mengombinasikan software eksklusif dengan tiga teknik fokus independen. Ketiganya adalah pendeteksi kontras untuk continuous focus, laser auto-focus generasi kedua dengan jarak fokus hingga 1,2 meter, dan juga phase-detection.

 

Jika dikombinasikan, ketiga teknologi fokus ini akan menghadirkan auto-fokus sangat cepat, mencapai 0,03 detik dalam kondisi apapun. Sistem mutakhir TriTech auto-focus juga memungkinkan pengguna mendapatkan auto-focus continuous pada objek yang bergerak.

 

Kinerja

Selain aplikasi-aplikasi itu mungkin Anda juga gemar melakukan kostumisasi secara menyeluruh bahkan sampai mengganti launcher. Nah pentingnya RAM juga adalah untuk mendukung kostumisasi yang akan dilakukan. Semakin banyak yang diubah, maka semakin berat prosesnya dimana itu artinya kita butuh banyak RAM untuk menjalankan semua itu.

 

Anda juga jangan lupa memilih aplikasi apa saja yang boleh autostart. Kalau semua aktif bisa-bisa smartphone Anda sudah lamban saat masuk ke homescreen. Pemilihan autostart juga penting karena tidak semua aplikasi butuh autostart. Fungsinya lebih ke pada aplikasi bisa berjalan terus menerus di background.

 

Asus memboyong prosesor Qualcomm Snapdragon 625 2GHz 64 bit.  Para developer aplikasi juga sudah mulai shifting ke 64-bit karena dengan standar 64-bit, aplikasi bisa melakukan serangkai perintah yang lebih banyak dibanding aplikasi 32-bit. Selain itu, dengan prosesor 64-bit, kita bisa memaksimalkan RAM 4GB karena prosesor 32-bit hanya bisa memanfaatkan RAM sebesar 3GB. Dari sisi grafis, ASUS ZenFone 3 sudah diperkuat oleh chipset Adreno 506 dengan kecepatan 650MHz.

 

LTE

Untuk di konektivitas jaringan, Asus ZenFone 3 mendukung 4G LTE.  Asus Zenfone 3 dua slot SIM dimana satu suport 4G dan sisanya menjadi 2G/3G. Di 4G LTE sendiri secara hardware sudah menggunakan modem yang mendukung LTE Category 7 dimana kecepatan secara teori bisa sampai 300Mbps.

 

Storage

ZenFone 3 punya dua pilihan kapasitas penyimpanan internal, yakni 32GB dan 64GB. Kapasitas ini cukup besar karena fitur App2SD sudah tidak tersedia di Android Marshmallow. Namun kalau Anda merasa kapasitas tersebut masih kurang, Anda bisa memasang kartu MicroSD di slot SIM 2. Adapun slot tersebut mendukung kartu MicroSD hingga kapasitas 256GB.

 

Untuk penyimpanan dokumen penting, Anda bisa mengandalkan ASUS WebStorage yang sudah tersedia di dalam ASUS Zenfone 3. Anda akan mendapatkan free 5GB storage ketika sudah melakukan registrasi dan semua file-file penting aman dari resiko hape kita rusak atau hilang.

 

OS

ASUS sudah menggunakan Android Marshmallow versi 6.0.1. Dengan hadirnya sistem operasi terbaru ini maka kita bisa menikmati berbagai fitur menarik seperti fitur penghemat baterai yang dikenal dengan istilah doze. Ketika smartphone sedang idle, baterai tidak akan termakan habis. Kira-kira 6 jam hanya habis 4% dari kapasitas baterai.

 

Selain itu, ada juga ada fitur project buttler yang membantu smartphone untuk melakukan optimasi terhadap aplikasi yang ter-install di dalam Android. Artinya, project-project yang dikerjakan oleh Google sangat membantu OEM seperti ASUS untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menggunakan Android di lini produknya.Selain itu, Android 6 ini sudah secara native mendukung voLTE dan voWifi.

 

ZenUI

Di dalam setiap produk smartphone ASUS, kita akan melihat UI yang berbeda dari yang lainnya. UI ini dikenal sebagai ZenUI. Di ZenUI kali ini berbeda dengan yang lainnya karena sudah melakukan update ke versi ZenUI 3.0.

2016-09-21_190113

Kemudian juga di aplikasi default sudah berubah yaitu messaging sudah menggunakan Google Messenger, browser utama menggunakan Google Chrome, aplikasi email menggunakan Google Mail dan kalendar menggunakan Google Calendar.

2016-09-21_190125

Ada juga fotur touch gesture merupakan fitur dimana kita bisa mengaktifkan aplikasi dengan menggambarkan sebuah huruf di layar yang sedang sleep. Penulis sendiri menggunakan gesture untuk membuka kamera.

 

ZenUI ini juga bisa menggunakan double tap to wake and to sleep. Ini sangat memudahkan sekali agar kita gak perlu terlalu sering menggunakan power button.

 

ZenUI juga bisa dikostumisasi hingga menghasilkan tampilan yang berbeda beda sesuai selera kita. Kita juga bisa menemukan toko aplikasi untuk tema, wallpaper dan icon di dalam aplikasi theme. Kalau di dalam sana biasanya sudah paketan dapatnya. Ketika mau diapply kita bisa custom mau menggunakan yang mana saja.

 

Sekarang ZenUI juga sudah bisa dikostum untuk menggunakan 2 layer atau 1 layer saja. Kalau satu layer itu aplikasinya ada di home screen semua. Jadi tinggal swipe ke kanan terus untuk memilih aplikasi. Sedangkan untuk 2 layer itu aplikasi berada di app drawer seperti pada umumnya. Semua tergantung dari preferensi masing-masing pengguna.

 

Ada juga Easy Mode. Untuk Easy Mode sendiri biasanya penulis aktifkan untuk teman-teman yang baru move ke smartphone. Untuk belajar di satu minggu pertama kemudian baru switch ke menu biasa.

 

Performa

Berikutnya, mari kita lihat unjuk kerja ASUS ZenFone 3. Salah satu aplikasi yang paling umum digunakan untuk membandingkan performa setiap smartphone dengan produk lainnya adalah dengan aplikasi benchmark seperti AnTuTu. Berikut ini hasilnya:

2016-09-21_190153

Berikut ini perbandingannya dengan performa smartphone lain yang tersedia di pasaran:

2016-09-21_190244

Berikut ini spesifikasi Asus ZenFone 3 ZE520KL:

 

ModelASUS ZenFone3ZE520KL
CPUQualcomm Snapdragon 625octa core 64-bit 2GHz
GPUAdreno 506 650MHz
RAM4GB / 3GB RAM
Storage32GB + 5GB ASUS Webstorage gratis
Micro SDYes (up to 64GB)
ConnectivityWIFI 802.11ac, MiMO Wi-Fi,Bluetooth 4.2, USB Type-C, Fingerprint sensor
NetworkGSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100, LTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 5(850), 8(900), 26(850), 28(700), 39(1900), 40(2300), Speed            HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
SIM CardMicro SIM slot + Nano / MicroSD slot
NavigationGPS, AGPS, GLONASS, Beidou
Display5.2” FHD 1920 x 1080, Super IPS+ display with 178’ wide view angle,  Corning Gorilla Glass 3 display
VideoVideo Recording MPEG-4 1080 @30fps, Playback MPEG-4 up to 1080p
Battery3.000 mAh / 2600 mAh non removable
Main Camera16MPSony Exmor RS™ IMX298, f/2.0, Laser/Phase Detection Autofocus, OIS (4-axis), dual-LED (dual tone) flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Front Camera8MP, f/2.0, 1080p
SensorFingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
AudioDual Microphone dengan Noise Cancellation, ASUS SonicMaster untuk suara lebih jernih dan bass lebih dalam dengan 5 magnet sound chamber
OSAndroid M with next-gen ZenUI 3.0
Dimension146.9 x 74 x 7.7mm / 152.6 x 77.4 x 7.7mm
Weight144g
WarnaSapphire Black, Moonlight White, Shimmer Gold