lg-v20LG Mobile mengeluarkan smartphone terbaru, LG V20. Ini adalah smartphone pertama di dunia yang mengadopsi sistem operasi terbaru Android 7.0 Nougat.

Sama seperti pendahulunya V10, LG V20 hadir dengan layar berukuran 5,7 inci dengan tingkat resolusi 1440 x 2560. Namun yang membedakan LG V20 dengan phablet 5,7 inci lainnya adalah adanya dukungan layar sekunder (second screen) yang berada pada panel atas layar utama. Fungsi fitur ini adalah untuk memberi akses buka aplikasi favorit dan recent apps secara cepat tanpa harus masuk ke menu. Bahkan bila Anda sedang asyik chatting, namun ada panggilan telepon yang masuk, layar tidak akan tertutupi.

Selain menawarkan layar unik, desain LG V20 juga terasa kokoh. Material body merupakan perpaduan silikon polikarbonat (Si-PC) dan aluminium alloy yang telah lulus standar uji US Military Standard (MIL STD-810G). Sehingga tahan terhadap benturan akibat terjatuh.

LG V20 disebut memiliki desain yang menyerupai LG G5, namun ponsel ini tidak memiliki bagian modular. Penutup bagian belakang ponsel V20 bisa dilepas sehingga pengguna bisa melepaskan baterai saat dibutuhkan. Pada sisi belakang pula, LG menempatkan sensor pemindai sidik jari yang juga bisa dimanfaatkan untuk mematikan/menghidupkan (on/off) layar. Sensor ini diletakkan di bawah dua kamera utama belakang.

V20 memiliki layar utama berukuran 5,7 inci dengan teknologi IPS. Layar utama ponsel memiliki resolusi Quad High Definition (QHD). Lalu layar kedua ponsel V20 kali ini lebih panjang dibanding pendahulunya. LG meningkatkan tingkat kecerahan layar atau brightness dua kali lebih tinggi dibanding generasi pendahulunya.

Urusan dapur pacu, performa LG V20 digenjot oleh prosesor Snapdragon 820, yang diperkuat dengan RAM 4 GB dan ruang penyimpanan internal sebesar 64 GB upgradable.

LG V20

Beralih ke fitur kamera. Smartphone ini juga akan memanjakan pengguna yang hobi fotografi, berkat fitur dual wide angle. V20 menggunakan kamera yang sama seperti milik G5 dimana lensa utama berkemampuan 15MP dengan perbandingan 16:9 OIS. Kamera dilengkapi dengan sensor laser dan phase detection autofocus. Sedangkan lensa kamera kedua berkemampuan 8 MP dengan fixed autofocus, lensa wide angle ini mampu menangkap gambar dengan sudut 135 derajat.

Kamera V20 juga menawarkan teknologi perekaman video Steady Record 2.0. V20 adalah ponsel pertama yang menggunakan Qualcomm proprietary (EIS) video stabilisation yang bekerja berdasarkan sensor gyroskop. Kamera ini juga dilengkapi dengan image steam analysis (DIS) untuk melacak benda bergerak dan menstabilkan video dengan mengikuti garis pergerakan objek.

Tak cukup sampai di situ, LG menempatkan lensa kamera depan berkemampuan 5 MP dengan aperture f/1.9. Kamera depan mampu mengabadikan foto normal ataupun wide angle. Dengan fitur ini, kita bisa mengabadikan gambar secara lebih utuh dengan latar belakang lebih luas dalam satu bingkai gambar. Pengaturan kamera yang juga berada di sektor kamera antara lain auto shot dan hybrid auto focus.

Untuk video, LG V20 mampu merekam suara 24 bit/48 kHz bersamaan dengan perekaman video. Kemampuan ini bisa merekam suara sangat keras hingga 132 dB, seperti saat merekam pertunjukan live music layaknya perangkat perekam video pro.

LG V20 juga membawa kemampuan 32-bit HiFi Quad DAC (Digital to Analog Converter), yang menimalisir distorsi dan gangguan noise yang lebih rendah. Suara yang dihasilkan lebih bersih, detail, dan tajam.

LG V20 dilengkapi baterai berkapasitas 3.200 mAh dengan kemampuan pengisian daya cepat QuickCharge 3.0. Mencopot back cover sangat mudah. Tinggal tekan di sisi kiri bawah ponsel dan otomatis bagian penutup belakang bakal merenggang dan terbuka.

LG V20 sudah menjalankan sistem operasi Android 7.0 Nougat. Update OS ini menawarkan fitur multi window dan mode Doze. Anda bisa membagi layar menjadi dua jendela dan keduanya bisa melakukan multitasking tanpa terpatah-patah.

Dinobatkan sebagai smartphone flagship, sudah sewajarnya LG mematok harga tinggi untuk V20 ini. Banderol LG V20 adalah Rp 9.499.000 yang sudah include earphone dari B&O.