GadgetSquad.ID – Oppo menepati janjinya untuk kembali memboyong Oppo F5 ke Tanah Air. Sesuai janjinya, pabrikan asal Tiongkok tersebut, mendaratkan seri Oppo F5 ke Indonesia.

Sesuai kode produksinya, Oppo F5 masuk dalam jajaran perangkat selfie expert. Karenanya, kamera bagian depan masih menjadi nilai jual ponsel ini.

Dibanding seri sebelumnya, kamera depan Oppo F5 sejatinya hanya dibekali 1 lensa, tetapi hape ini juga memiliki teknologi anyar, yang dipercaya membuat ponsel ini akan menjadi tren setter di kelasnya.

Teknologi tersebut adalah Artificial Inteligence (AI) Beauty Recognition Technology. Berkat teknologi ini disebut-sebut mampu mendeteksi umur seseorang, jenis kelamin dan bahkan ras. Sehingga dapat melakukan pengaturan terbaik ketika selfie.

Suwanto, Marketing Planning Manager Oppo Indonesia, menuturkan, saat foto selfie AI akan mengenali wajah dengan 254 titik.

“Selanjutnya AI akan menganalisa kriteria wajah, mulai dari warna, tipe kulit, jenis kelamin dan usia. Kemudian teknologi akan mempersonalkan selfie, sehingga dapat menghasilkan foto yang lebih nyata,” jelasnya.

Selain selfie, Oppo memanfaatkan teknologi AI untuk membuka ponsel. Alhasil pengguna diberikan opsi yang tak kalah aman dengan sidik jari yang kini posisinya di bagian belakang.

Untuk spesifikasi detailnya, kamera depan Oppo F5 cukup mumpuni. Sensor yang ditanam berukuran 20MP dengan aperture f/2.0. Sementara untuk kamera belakang, memiliki ukuran 16MP.

Selain kamera, layar Oppo F5 turut pula menjadi daya tarik. Mengusung layar nyaris tanpa tepi dengan ukuran 6 inci dengan rasio 18:9 dan resolusi FHD+.

Oppo merilis ponsel barunya dalam tiga varian, yakni F5 Youth, F5 dan F5 6G. Ketiganya dibedakan dari spesifikasi RAM dan memori internalnya. Untuk dapur pacu, semuanya ditenagai prosesor octa core Helio P23 berkecepatan 2,5 GHz.

Soal harganya, F5 dijual Rp 3,999 juta (RAM 4 GB dan ROM 32 GB) dan Rp 5,199 juta (RAM 6 GB dan ROM 64 GB). Keduanya sudah mulai tersedia 11 November 2017.

Oppo juga menghadirkan F5 Youth dengan RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Sayangnya belum ada informasi soal harga jualnya, Oppo hanya menginformasikan ponsel ini akan hadir akhir November dengan kamera depan 16MP dan kamera belakang 13MP.