Review Xiaomi Redmi Note 5A: Jago di Spesifikasi, Tapi Tanpa Sensor Sidik Jari

1
Review Xiaomi Redmi Note 5A - Tanpa sensor sidik jari
Review Xiaomi Redmi Note 5A – Tanpa sensor sidik jari

GadgetSquad.ID – Tidak berselang lama setelah seri Mi A1. Xiaomi juga mendatangkan seri Xiaomi Redmi Note 5A. Tanpa sensor sidik jari, ini dia review Xiaomi Redmi Note 5A yang diklaim menyuguhkan kemampuan dan fitur yang cukup menggiurkan. Bagaimana hasil review dari kami? Ini dia selengkapnya.

Sebelum membahas lebih dalam, mari kita bahas dulu soal harganya. Harga Xiaomi Note 5A di Indonesia terbilang murah. tapi lebih jauhnya mari kita lihat review Xiaomi Redmi Note 5A. meluncurkan produk dnegan harga terjangkau, tapi dibekali dengan spesifikasi yang diatas rata-rata. Lalu bagaimana dengan paket penjualannya? didalam box-nya pengguna akan menerima perangkat smartphone Xiaomi Note 5A, charger, kartu garansi, buku manual dan SIM ejector.

Desain

Secara desain Redmi Note 5A memiliki body lebih tipis mirip seperti pendahuluya, Redmi 4A, memiliki layar selebar 5,5 inci, nampaknya Xiaomi Redmi Note 5A menggunakan material logam pada bodinya. Namun sayang meski menggunakan material yang bagus, kesan ringkih masih terasa pada smartphone ini. Namun dengan dimensi yang dimilikinya, bodinya cukup ringan dan nyaman saat digenggam dengan satu tangan. sayangnya smartphone ini tidak memiliki sensor sidik jari.

Xiaomi menempatkan tombol volume dan power masih diletakkan di bagian kanan, sementara slot kartu SIM di posisi kiri. Pada bagian atas ada tiga buah lubang yang berfungsi sebagai audio jack 3,5mm dan sensor infrared. Pada bagian bawah, terdapat satu buah port microUSB untuk menghubungkan charger yang diapit speaker di kanan dan kirinya.

Untuk slot kartu SIM, Xiaomi menempatkan tiga buah slot yang bertugas menampung dua buah kartu SIM (nano) dan satu buah microSD, yang berarti Hybrid. Sehingga penguna tidak pelu mengorbankan salah satu slot untuk memilih antara SIMcard atau kartu memori. Bagian belakang Xiaomi Redmi Note 5A tampak relatif sama dengan Redmi 4A. Kamera masih diletakkan bagian kanan atas berdampingan dengan LED flash.

Performa

Secara teknis, Xiaomi Redmi Note 5A menggunakan Snapdragon 425 yang dipadukan dengan RAM sebesar 2GB. Berdasarkan mengunakan Redmi Note 5A dalam memainkan, secara keseluruhan, game berjalan dengan sangat baik.  Ssaat dicoba dengan menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, Redmi Note 5A mencetak skor 36574. Jika diurutkan, Xiaomi Redmi Note 5A berada di peringkat satu tingkat di bawah Huawei Mate 9 Pro dan Samsung Galaxy S7 Edge.

Baca Juga  Wah!! Harga Xiaomi Redmi 5A Naik

Baterai

Sayangnya Redmi Note 5A justru mendapatkan bekal baterai yang kecil yakni 3080mAh. Meski Perbedaannya sangat kecil, tapi di era smartphone modern dan aktivitas media sosial yang agresif sekarang ini, kapasitas ini dianggap kecil oleh sebagian pengguna smartphone saat ini.

Untuk mengisi ulang baterai Redmi Note 5A membutuhkan waktu sekitar 3 setegah jam hingga penuh, Meski smartphone sudah mendukung fitur quick charge. Namun untuk mengoptimalkan fitur ini Anda harus memakai charger yang sudah mendukung quick charge, yang tidak terdapat pada paket penjualannya.

 

Kamera

Redmi Note 5A memiliki sensor 13MP untuk bagian belakang dan 5MP di bagian depan. Pada kamera belakang terdapat beberapa fitur, antara lain HDR, Panorama, Timer, Audio, Manual, Straighten, Beautify, HHT dan Scene. Beralih pada Sedangkan kamera depan, tak ada fitur seperti yang tersedia di kamera belakang, hanya ada pengaturan skin mode Pro dan Smart, yang bisa diatur secara manual.

Soal kualitas, kedua kamera Redmi Note 5A menghasilkan hasil jepretan yang sama baiknya dengan Redmi 4A. Untuk kualitas video, Redmi Note 5A mampu menghasilkan rekaman yang jernih sesuai dengan kelasnya. Hasil rekaman video Redmi Note 5A tidaklah buruk.

Layar dan interface

Redmi Note 5A menggunakan Android Nougat dengan custom interface MIUI 8.5 versi stable. Pada interface ini pengguna akan disuguhkan interface Home Screen khas MIUI. Xiaomi juga mash membawa launcher bawaan Xiaomi sudah menyediakan berbagai pilihan tema yang bisa Anda jumpai di menu Themes, memakai yang sudah diunduh atau mengunduh tema baru dari direktori yang disediakan. Xiaomi juga membawa beberapa aplikasi default yang jadi standar mereka. Antara lain: Securit, App , Mi Remote, Mi Account, MIUI Forum, Mi Community. Dan sudah pasti ada sejumlah fitur bawaan Google, seperti Voice Search, Gmail, Maps, YouTube, Drive, Play Music, Play Movie, Hangouts, Photos, Chrome, Duo dan Play Games.

REVIEW OVERVIEW
Desain
7
Layar
7.5
Interface
7.5
Kamera
7
Performa
7.5
Baterai
7
SHARE
Previous articleUntung Rugi Mendengarkan Musik Streaming
Next articleLebih Dari 7 Menit, Pesan di WhatsApp Tetap Bisa Dihapus, Begini Caranya

1 COMMENT