Mau Jual Hp ? Jangan Lupa Lakukan Hal Ini Dulu !

0

jual smartphone

Pastikan semua data hilang sebelum jual Hp.

GadgetSquad.id – Sebelum kamu mau jual Hpsalah satu yang wajib dilakukan adalah menghapus data yang ada di dalamnya. Dan untuk menghapus data tersebut kebanyaan dari mereka melakukannya melalui factory data reset.

Baca juga : File Penting di Hape Terhapus ? Ini Cara Mengembalikannya !

Cara ini memang manjadi pilihan utama, karena dianggap mudah dan dapat menghilangkan seluruh data dari perangkat dengan cepat. Tapi tahukah Kamu bahwa cara ini ternyata tak sepenuhnya menghapus data ?  Data yang dihapus melalui factory data reset tak sepenuhnya hilang. Karena data tersebut masih dapat diakali untuk kembali diakses.

Lalu, bagaimana cara untuk memastikan data yang tersimpan di Hp benar-benar hilang?

Setidaknya ada dua cara yang dapat dilakukan, terutama pada Hp Android. Yang pertama yakni dengan melakukan enkripsi dan menimpa data di Hp. Dengan cara ini maka pengguna baru tidak akan dapat mengakses data yang ada di Hp yang kamu jual.

Cara melakukan enkripsi data melalui menu ‘Settings’ > ‘Security’. > ‘Encrypt phone’. Setelah itu proses enkripsi akan dilakukan. Biasanya berlangsung cukup lama, tergantung dari jenis Hp Android.

Cara kedua, yaitu dengan memasukkan data sekunder hingga memenuhi memori yang ada di Hp. Jadi, setelah data utama dihapus, masukan data lainnya yang menurut kamu tidak penting hingga memenuhi memori Hp.

Baca juga : Baterai Smartphone Android Boros? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Setelah kedua cara ini dilakukan, baru Kamu bisa melakukan factory data reset. Dengan cara ini dipastikan data yang sebelumnya ada di Hp sudah benar-benar hilang dan tidak berbekas.