Jam Tangan Pintar Xiaomi Ini Mirip Apple Watch, Harga Lebih Murah

0

Jam tangan pintar Xiaomi ini pakai OS buatan sendiri

GadgetSquad.id – Gak cuma smartphone, Xiaomi juga sering bikin perangkat lain. Salah satunya yaitu smartwatch atau jam tangan pintar. Dan baru-baru ini Xiaomi memperkenalkan jam tangan pintar terbarunya yang diberi nama Xiaomi Amazfit Bip.

Terlihat desain smartwatch ini mirip banget dengan Apple Watch. Ini karena bentuk bodinya kotak. Xiaomi Amazfit Bip dibuat dari bahan polycarbonate. Makanya kalau dipakai terasa ringan, karena beratnya Cuma 31 gram.

Baca juga : Xiaomi Rilis Smartwatch Lebih Murah dari Apple Watch Series 3

Tapi emang sih, bahan polycarbonate daya tahannya dan ketahan terhadap goresan tidak sekuat bahan metal alloy. Bagian tali jam-nya yang berbhan karet memiliki panjang 22 mm. Xiaomi Amazfit Bip didesain dengan kaca jenis transflective color display. Ukuran layarnya seluas 1.28-inci. Tampilan kaca pada jam ini juga terlihat elegan karena berdesain 2.5D.

Apalagi layar di Xiaomi Amazfit Bip sudah dilapisi bahan Gorilla Glass 3. Jadi pengguna juga tidak perlu khawatir jika jam tangan ini terbentur atai tergores benda keras. Soal tampilan layar smartwatch ini terlihat cukup tajam, bahkan tetap terlihat jelas di kondisi di bawah terik matahari sekalipun.

Ditambah lagi layar smartwatch ini juga tidak boros dalam penggunaan daya baterai . Dimana kapasitas  baterai di smartwatch ini yaitu sebesar 190 mAh. Bahkan baterai ini diklaim bisa bertahan hingga jangka waktu 45 hari. Yaitu dalam kondisi jam hanya menampilkan tampilan waktu, sedangkan untuk fungsi lainnya dalam keadaan tidak aktif.

Baca Juga  10 Hp Terbaik yang Paling Ditunggu di MWC 2018

Untuk fitur di dalamnya, Xiaomi Amazfit Bip berbagai sensor untuk mendeteksi kegiatan olahraga. Antara lain yaitu PPG heart rate sensor, triaxial acceleration sensor, geomagnetic sensor, barometric pressure sensor dan GPS + GLONASS.

Berbagai sensor itu bisa mendeteksi berbagai kegiatan seperti jogging, jalan kaki, lari hingga bersepeda. Termasuk bisa digunakan untuk berenang. Ini karena Amazfit Bip sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP68, yang membuatnya tahan terhadap air dan debu.

Baca juga : SmokeBeat, Jam Pintar yang Bisa Bantu Berhenti Merokok

Amazfit Bip menggunakan pada sistem operasi smartwatch buatan Xiaomi sendiri. Sayangnya tidak ada aplikasi tambahan yang mendukung OS ini. Paling hanya disediakan aplikasi Mi Fit companion yang bisa kompatibel dengan perangkat Android 4.4 dan iOS 8. Untuk terkoneksi ke perangkat luar, jam tangan ini menggunakan akses Bluetooth.

Xiaomi Amazfit Bip tersedia dalam beberapa warna pilihan, yaitu Onyx Black, White Cloud, Kokoda Green dan Cinnabar Red. Untuk harganya, jam tangan pintar ini dibanderol $99 atau sekitar Rp1,3 juta. Ini berarti lebih murah dibanding Apple Watch yang dijual paling murah Rp 2,5 jutaan sampe Rp 5 jutaan.