GadgetSquad.ID – Jika melirik sejarah, sejatinya smartphone mulai marak pada medio 2008. Dalam kurun waktu 2008 hingga 2018 ini, evolusi smartphone bisa dikatakan sangat cepat.

Bahkan, begitu cepatnya evolusi smartphone, tidak jarang hanya dalam kurun waktu 1 tahun saja, hp pintar yang sedang kita miliki saat ini, sudah bisa dikatakan ketinggalan zaman.

Nah, jika boleh sedikit bernostagia, semenjak eranya smartphone, tentu banyak hp pintar yang bisa dikatakan begitu populer dan membekas dihati para penggunanya.

Merujuk dari laporan Phone Arena, berikut ini deretan hp pintar yang pernah begitu populer dan membawa revolusi tersendiri, bagi perkembangan smartphone selama kurang lebih 10 tahun belakangan ini.

iPhone 3G

iPhone pertama kali hadir pada tahun 2007 dengan layar sentuhnya yang begitu fenomenal. Selang setahun, Apple akhirnya merilis iPhone 3G pertama di tahun 2008. iPhone 3G juga merupakan iPhone pertama yang dibekali dengan toko aplikasi App Store, meski saat itu cuma sekitar 500 aplikasi yang ada di App Store.

Dari segi teknologi, iPhone 3G hadir dengan layar sentuh berukuran 3,5 inci yang beresolusi 320×480 piksel. Smartphone ini dibekali dengan memori internal 16GB, yang terbilang cukup luas pada masanya, serta kamera 2MP.

BlackBerry Bold 9000

BlackBerry (BB) pernah begitu meraja dalam persaingan hp pintar. Anda semua pasti setuju jika, seri Bold 9000 menjadi salah satu smartphone lansiran BB yang begitu ikonik. BlackBerry Bold 9000 dirilis tahun 2008 dan melengkapi portofolio BlackBerry yang saat itu hadir dalam seri Curve dan Pearl.

Bold 9000 dikenal sebagai BB seri premium yang memiliki layar seluas 2,6 inci dengan resolusi 480×320 piksel dan tentunya keyboard fisik qwerty. Dimasanya kinerja Bold 9000 bisa dibilang cukup kencang berkat prosesor 624MHz yang tersemat didalamnya serta OS BlackBerry yang sudah diperbarui.

HTC Dream

2008 menjadi tahun dimana HTC, merilis smartphone berlabel “Dream”. dirilis. Dari literatur yang ada, HTC Dream bisa dikatakan menjadi hp Android pertama yang dirilis ke pasaran. Dibandingkan dengan perangkat Android saat ini, HTC Dream punya bentuk yang agak aneh.

Smartphone ini memiliki layar sentuh 3,2 inci dengan resolusi 32×480 piksel, tetapi di bagian dagunya terdapat empat tombol fisik, trackball, dan keyboard fisik qwerty yang bisa di-slide dari perangkat. Smartphone ini hadir dengan OS open source yang mengintegrasikan berbagai layanan Google seperti Gmail, Maps, hingga YouTube.

Nokia E71

Dimasa jayanya, untuk menghadapi popularitas BlackBerry, Nokia merilis seri E71. Walau menggunakan OS Symbian, Nokia E71 menghadirkan user experience yang terbilang premium. Smartphone berbodi metal ini tak hanya digunakan oleh pebisnis, tetapi juga berbagai kalangan.

Secara fisik, Nokia E71 hadir dengan layar 2,4 inci dan resolusi 320×240 piksel. Berbagai fitur lain yang disajikan adalah jaringan 3G, koneksi Wi-Fi, GPS, web browser, dan Nokia Maps. Nokia E71 memiliki home screen yang bisa disesuaikan, satu untuk urusan bisnis dan satunya untuk personal.

Samsung Omnia

Samsung Omnia dirilis pada pertengahan 2008. Samsung Omnia bisa dibilang sebagai salah satu perangkat Samsung terkeren dimasanya, sebelum pabrikan asal Korea Selatan ini menghadirkan perangkat Android mereka yang kini sangat sukses. Samsung Omnia merupakan perangkat yang didukung OS Windows Mobile.

Smartphone ini memiliki layar sentuh seluas 2,4 inci dengan resolusi 240×400 piksel serta kamera 5MP.Samsung Omnia juga merupakan smartphone pertama Samsung yang hadir dengan antarmuka TouchWiz meskipun masih sangat sederhana, belum seperti antarmuka pada smartphone Android Samsung saat ini.