Pengen Baterai Hp Awet? Ikuti Tips Ini

0

Baterai hp awet jika dirawat dengan baik

Baterai adalah salah satu komponen yang paling penting untuk sebuah hp, Kalau baterai sudah rusak atau ngedrop, bakalan bikin susah penggunanya. Lalu bagaimana supaya baterai hp awet? Berikut tips untuk merawat baterai hp supaya awet.

Baterai Hp Awet

mengIsi ulang baterai adalah aktifitas yang pasti dilakukan setiap hari. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan agar hp terus menyala dan mengakomodasi semua aktiftas sehari-hari. Adapun banyak pilihan supaya hp tetap hidup sepanjang hari.

Pertama-tama kamu harus ingat-ingat kapan hp kamu bisa di charge dalam waktu yang yang ideal, misalnya di rumah, sekolah, kampus atau kantor.

Baca Juga: Review Nokia 2: Desain Istimewa Baterai Tahan Lama

Jika kamu orang yang sering berada di luar ruang ada baiknya,kamu membawa pengusu daya portabel seperti Power bank. Atau paling tidak kamu membawa satu kabel adaptor di dalam tas.

Jika kamu bukan merupakan seorang yang sering berada diluar ruang, lebih baik tinggalkan kabel adaptor di tempat-tempat yang biasa kamu tempati, seperti kantor, mobil, kampus atau sekolah.

Jika kamu berkeinginan membawa powerbank Jangan lupa mengisi powerbank, supaya selalu siap digunakan kapanpun dan dimanapun.

Baca Juga: Baterai Tahan Lama, Hp Lokal ini Diklaim Tahan 10 Hari

Pastikan isi ulang baterai hp kamu sebelum menyentuh 20 persen.

Jangan pernah biarkan ponsel Anda mati total kehabisan daya. Pertahankanlah di kisaran 50 persen ke atas. Dengan cara ini, baterai ponsel bisa bertahan hingga 1.500 siklus, yakni rentang normal kekuatan sebuah baterai berada di 300–500 siklus.

Jangan lupa cabut sebelum mencapai 100 persen

Ini dikarenakan semua baterai sekarang menggunakan bahan lithium ion. Baterai jenis ini tidak kuat akan suhu yang panas. Jadi makin sering baterai kepanasan, maka makin pendek umurnya. Dengan mencabut ponsel dari colokan sebelum mencapai 100 persen maka akan menghindari baterai hp dari kepanasan. Jadi baterai hp awet.

Baca Juga: Cegah Baterai Hape Meledak dengan Langkah Sederhana ini

Lepas dari cover hp saat mengisi baterai

Seperti yang dijelaskan pada point sebelumnya, hp tidak suka panas. Maka dengan membuka cover hp mengisi ulang, bisa menurukan suhu saat mengisi daya. Jika kamu tidak melepaskan cover hp, maka panas tidak bisa mengalir keluar dan mengakibatkan peningkatan suhu di atas normal.

Melalui tips di atas maka baterai hp awet dan tahan lama. Tapi ingat, meski begitu baterai ponsel Anda tidak bisa hidup selamanya. Pada masanya, setelah ratus kali diisi ulang, baterai hp akan rusak dan perlu diganti atau membeli hp baru dengan baterai yang lebih fresh.