Pilih Samsung Galaxy S9 Plus atau Galaxy Note 8, Mana Yang Lebih Menarik ?

0

Samsung Galaxy S9 Plus dan Galaxy Note 8 sama-sama dilengkapi dual camera belakang .

GadgetSquad.id – Samsung baru saja meluncurkan dua hape flagship terbarunya yaitu Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus. Kedua hape ini dibekali dengan spesifikasi hardware hape kelas atas. Sebenarnya saat ini sudah ada hape kelas atas Samsung lainnya yang berbedar di pasaran, yaitu Galaxy Note 8.

Jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S9 Plus, seri Galaxy Note 8 juga memiliki daya tarik yang sama menggiurkan. Seperti memiliki layar berukuran luas dengan desain bezel-less, prosesor yang bertenaga, kamera mumpuni dan lainnya.

Jadi lebih baik beli Galaxy Note 8 atau nunggu kehadiran Samsung Galaxy S9 Plus ? Sebelum menentukan, ada baiknya simak perbandingannya berikut ini :

Baca juga : 10 Keunggulan Samsung Galaxy Note 8

Desain

Dari bodinya, ukuran panjang Samsung Galaxy S9 Plus agak lebih pendek dibandingkan Galaxy Note 8. Tapi untuk ukuran lebar dan ketebalan bodinya, bisa dibilang setara. Tapi untuk bobotnya, Galaxy Note 8 lebih berat dengan bobot 195 gram. Di mana Galaxy S9 Plus memiliki berat 189 gram.

Perbedaan desain yang paling terlihat dari kedua hape ini yaitu posisi kamera di bodi bagian belakang. Galaxy Note 8 menyematkan kamera ganda dengan posisi horizontal, sedangkan Galaxy S9 Plus desain kamera gandanya berposisi vertikal di tengah.

Di mana untuk penempatan sensor fingerprint juga berbeda. sensor fingerprint di Galaxy Note 8 diletakaan di samping dual camera, sedangkan di Galaxy S9 Plus diposisikan di bawah kamera ganda yang terasa lebih mudah dijangkau.

Bodi kedua hape ini sama-sama sudah mengantongi sertifikasi IP68. Yang berarti sudah tahan terhadap air dan debu. Kedua hape ini bsia bertahan di dalam air berkedalaman lebih dari 1.5 meter selama 30 menit. Tampilan bodi kedua hape ini sama-sama terkesan mewah, didesain dengan material logam berlapis kaca Corning Gorilla Glass 5.

Layar

Untuk layarnyatidak ada perbedaan yang signifikan. Ukuran layarnya bisa dibilang sepadan, dimana layar Galaxy Note 8 punya ukuran hanya 0,1 inci lebih luas (berukuran layar 6,3 inci) dari Galaxy S9 Plus yang memiliki layar 6,2 inci.

Layar di kedua hape sama-sama mengadopsi teknologi layar Super AMOLED dengan resolusi tinggi, yakni Quad HD+ 2.960 x 1.440 piksel. Selain juga sama-sama sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5 sehingga tahan goresan. Yang membedakan dari kedua hape ini, yaitu Galaxy Note 8 yang sudah dilengkapi dengan stylush.

Kinerja

Digolongkan sebagai hape premium, Galaxy S9 Plus dan Galaxy Note 8 tentu memiliki kinerja yang andal. Ini karena disokong prosesor kelas atas. Tapi karena Galaxy Note 8 hadir lebih dulu pastinya prosesor yang digunakan versinya di bawah Galaxy S9 Plus. Tapi tetap kok prosesor tersebut bisa diandalkan.

Galaxy Note 8 dilengkapi dengan prosesor Exynos 8895 Octa-core, ada juga versi prosesor Qualcomm Snapdragon 835. Tampilan grafisnya mengandalkan GPU Mali-G71 MP20 atau Adreno 540.

Sedangkan Galaxy S9 Plus didukung prosesor terbaru, yakni Snapdragon 845 Octa-core besutan Qualcomm atau Exynos 9810 Octa-core buatan Samsung sendiri. Prosesor Snapdragon 845 sendiri memiliki peningkatan performa sebesar 20 persen lebih tinggi, dibandingkan Snapdragon 835 yang tersemat pada Galaxy Note 8. Untuk grafisnya didukung GPU Mali-G72 MP18 atau Adreno 630. Untuk RAM-nya kedua hape ini sama-sama disokong RAM berkapasitas 6 GB.

Kamera

Kedua hape ini sama-sama dilengkapi dengan dual camera di bagian belakang. Di mana karena hadir lebih dulu, Galaxy Note 8 menjadi smartphone flagship pertama Samsung yang mengusung fitur dual camera. Dual camera di Galaxy Note 8 terdiri dari kamera 12 Mpix (aperture f/1.7) + kamera 12 Mpix (f/2.4).  Dua kamera ini dilengkapi dual optical image stabilization (OIS),  phase detection autofocus, LED Flash  dan kemampuan 2x optical zoom.

Kamera ganda di Galaxy S9 Plus juga memiliki resolusi 12 Mpix + 12 Mpix. Tapi kemampuan bukaan kameranya atau aperture-nya di salah satu kameranya lebih bagus, yaitu berukuran f/1.5, sedangkan kamera satunya memilki aperture f/2.4. Kamera ini juga didukung OIS, phase detection autofocus, 2x optical zoom, LED flash

Namun ada perbedaan mencolok lainnya pada dual camera di Galaxy S9 Plus. Yaitu sudah mampu merekam video slow motion hingga 960 frame per detik beresolusi 720p.

Memori

Untuk urusan penyimpana berbagai macam jenis file, Galaxy S9 Plus dan Note 8 menyediakan ruang memori yang sama lapang. Yaitu dengan adanya memori internal dengan pilihan 64/128/256 GB.

Perbedaanya terletak pada kemapuan slot memori eksternal. Slot di Galaxy S9 Plus mampu membaca kartu memori hingga kapasitas 400 GB. Sedangkan slot di Note 8 ‘sebatas’ 256 GB.

Baterai

Untuk daya tahan hidupnya, kedua hape ini dibekali dengan baterai dengan kapasitas yang tak berbeda jauh. Galaxy S9 Plus membawa baterai berkapasitas 3.500 mAh, sementara Galaxy Note 8 dibekali baterai 3.300 mAh.

Dengan mempertimbangkan ukuran layar dan chipset yang lebih baru, lalu dikatikan dengan kapasitas baterai yang dimiliki, seharusnya Galaxy S9 Plus memiliki daya tahan baterai yang lebih baik dibandingkan Galaxy Note 8.

Fitur Pelengkap

Samsung membekali kedua hape ini dengan fitur lengkap yang canggih, Diantaranya yaitu asisten virtual Bixby, iris scanner, teknologi wireless charging,  Namun, Galaxy Note 8 terasa berbeda berkat adanya pena stylus S-Pen andalan Samsung yang sudah menjadi ciri khas untuk hape Samsung seri Galaxy Note.

Meski begitu, Galaxy S9 Plus juga membawa beberapa fitur baru sebagai pembeda dengan seri hape Samsung sebelumnya.

Baca juga : 9 Fitur Baru di Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus

Harga

Soal harganya, Galaxy S9 Plus dibanderol sama mahalnya dengan Galaxy Note 8 saat pertama kali diluncurkan, yakni Rp 12.999.000. Tapi Samsung bisa jadi akan menurunkan harga Galaxy Note 8 seiring dengan kehadiran Galaxy S9 Plus. Ini menjadi strategi agar  Galaxy Note 8 tetap menarik bagi konsumen, meskipun ada seri hape Samsung terbaru lainnya yang hadir.