GadgetSquad.ID – Jika berfikir hp pintar adalah tempat yang aman untuk menyimpan data pribadi, itu salah besar. Perlu diketahui, walau hp pintar punya sistem keamanan yang baik, bukan berarti ponsel tersebut aman dari bahaya pemnbajakan.

Setiap hp memiliki celah keamanan yang bisa dieksploitasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Lalu, bagaimana cara mengetahui sebuah hp sudah diretas? Merujuk data Brightside, berikut tanda-tanda jika hp kamu sudah retas orang tidak bertanggung jawab

1. Baterai Smartphone Berkurang Drastis Secara Tiba-Tiba

Jika tiba-tiba daya baterai hp berkurang drastis padahal pemakaian biasa-biasa saja, Agan patut waspada. Hal ini bisa terjadi karena ada aplikasi tak dikenal yang berjalan secara background. Aplikasi itu bisa saja sejenis malware yang bisa mencuri data-data dari hp agan. Solusinya, jangan sembarangan meng-install aplikasi dari sumber yang tak dikenal.

2. Suhu Smartphone Panas Tiba-Tiba

Tanda lainnya jika ada aplikasi yang berjalan secara background, adalah suhu smartphone yang tiba-tiba semakin panas. Jika ya, tidak ada salahnya jika kamu mengecek aplikasi apa saja yang sedang berjalan melalui pengaturan.

Bagi pengguna Android, kamu bisa masuk ke menu Settings > Developer options > Running services. Apabila menemukan aplikasi tak dikenal, segera hapus dan jangan pernah lagi meng-install aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya.

3. WiFi Aktif dengan Sendirinya.

Saat berada di tempat umum, dan WiFi di hp tiba-tiba aktif sendiri, kamu harus waspada. Hal tersebut bisa jadi kamu sedang disadap. Lewat koneksi WiFi di tempat umum, para peretas bisa dengan mudah menginfeksi dan melakukan transfer data ke target yang mereka inginkan.

4. Ada Suara Orang Lain Saat Melakukan Panggilan.

Salah satu tanda smartphone sedang disadap adalah munculnya suara bising dan aneh selama melakukan panggilan telepon. Kalau itu terjadi, kamu wajib waspada, apalagi jika lawan bicara merasa suara panggilan normal-normal saja.

5. Kuota Internet Boros.

Jika kerap menggunakan paket data, pastinya hapal berapa lama biasanya kuota akan bertahan. Namun jika tiba-tiba menjadi boros, segera mengecek aplikasi apa saja yang ter-install di smartphone kamu. Bisa saja, ada aplikasi yang tidak dikenal berjalan secara backgroud, dan mencuri data-data pribadi kamu.