Indonesia Games Championship (IGC) 2018 adalah turnamen online game (eSports) terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh Telkomsel. Babak grand final ajang online games ini berlangsung pada tanggal 20-22 April 2018 di Kartika Expo Balai Kartini, Jakarta. Dan ini dia kelima pemenang yang meraih hadiah total senilai Rp 600 juta.

IGC 2018 mempertandingkan online game bergenre multiplayer online battle arena (MOBA) dan casual game. Untuk kategori PC Game, Boom.ID mempertahankan gelar juaranya tahun lalu untuk kembali menjadi yang terbaik pada kompetisi Dota 2. Sementara untuk kategori Mobile Games, Louvre Bigetron menjuarai kompetisi Mobile Legends, Renegades (Singapura) memenangkan kompetisi Vainglory, dan Bigetron eSports merengkuh gelar tertinggi pada kompetisi AOV. Sedangkan untuk kelas perorangan yang mempertandingkangames LINE Let’s Get Rich, Pon (Thailand) berhasil meraih juara pertama.

Baca juga : Telkomsel Cari Startup Anak Muda Potensial Lewat The NextDev, Ini Syaratnya!

IGC 2018, yang babak kualifikasi tingkat nasionalnya digelar secara online pada bulan Maret dan April 2018, diikuti oleh lebih dari 9.000 peserta dan dihadiri lebih dari 13.000 pengunjung. Babak kualifikasi online yang ditayangkan secara live streaming di YouTube tersebut disaksikan lebih dari tiga juta views dengan total durasi mencapai hampir sembilan juta menit. Pada grand final yang dihadiri 32 tim, termasuk tim yang beranggotakan pemain dari Singapura, Vietnam, Thailand, Taiwan, Tiongkok, dan Australia, para pemenang tiap kategori PC Game dan Mobile Games berhasil menyisihkan tujuh finalis lainnya untuk menjadi yang terbaik.

Selain menyaksikan kompetisi online game, para pengunjung IGC 2018 selama tiga hari di Jakarta juga bisa merasakan serunya bermain console game serta arcade games. Pengunjung juga akan dihibur penampilan musik atraktif dari JKT 48 dan artis pendukung lainnya.

Dalam event tersebut, Telkomsel juga mengadakan kompetisi cosplay (parade kostum tokoh film kartun atau video games) yang bisa diikuti oleh perorangan maupun kelompok. Kontes ini terbagi atas beberapa kategori, yakni team cosplaysingle cosplaycostreet, dan cosplay photography competition. Penilaian dalam kompetisi ini dilakukan oleh juri dari Indonesia, Malaysia, dan Korea Selatan. Selain itu, Telkomsel juga menggelar TCASH Food Bazaar, di mana pengguna TCASH bisa merasakan pengalaman bertransaksi secara nontunai di merchant-merchant makanan dan minuman yang telah disediakan di lokasi.

Baca juga : Ada Hadiah Paket Wisata ke Eropa untuk Pengguna Layanan SMS Banking Telkomsel

Direktur Marketing Telkomsel Alistair Johnston mengatakan, “Kami mengucapkan selamat kepada para pemenang dan terima kasih atas antusiasme para peserta yang bertanding di IGC 2018. Kami berharap ajang ini mampu menjadi wadah yang bermanfaat bagi komunitas games developerspublishers, dan gamers untuk bisa saling berkolaborasi, sehingga ke depannya dapat menjadi penyokong untuk mengembangkan ekosistem digital baru dalam industri game termasuk online game.”