tokopediaAnimo masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi terhadap festival belanja online pertama Tokopedia bertajuk ‘Ramadan Ekstra’ ternyata begitu tinggi. Ini terlihat dari beberapa torehan yang berhasil diraih oleh toko online yang satu ini.

Puncak Ramadan Ekstra juga berlangsung meriah dan disiarkan langsung di tiga televisi nasional, bahkan viral di media sosial. Antusiasme masyarakat Indonesia yang begitu besar terhadap Ramadan Ekstra menorehkan sejarah baru bagi perusahaan.

Baca juga : Gak Perlu Khawatir Hilang atau Rusak, Kiriman Barang Tokopedia Kini Diasuransikan

Yang pertama aplikasi Tokopedia berhasil memuncaki Apple Store mengalahkan Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Sementara di Android, Tokopedia juga berhasil menjadi #3 Top Chart di Google Play mengalahkan Facebook dan Instagram. Selain itu, Ramadan Ekstra juga berhasil melayani 65 juta pengunjung, dengan transaksi dalam 1 hari setara dengan 5 tahun.

Menurut data Google Analytics, sepanjang bulan Mei 2018, Tokopedia sudah melayani lebih dari 65 juta masyarakat Indonesia yang mengunjungi toko online ini setidaknya 300 juta kali di bulan ini. Jumlah pengunjung ini setara dengan 11 kali populasi Singapura.

Selain itu, tepat di puncak Ramadan Ekstra pada 25 Mei lalu, Tokopedia berhasil mencatatkan nilai transaksi setara dengan akumulasi nilai transaksi sepanjang lima tahun pertama (Agustus 2009 – Juni 2014). Dalam 10 menit pertama saja, berhasil mengalahkan angka transaksi sepanjang tahun pertama toko online ini berdiri (Agustus 2009 `– July 2010).

CEO sekaligus Co-founder Tokopedia William Tanuwijaya mengapresiasi sambutan luar biasa ini. “Melihat sambutan luar biasa dari masyarakat, bukan tidak mungkin Ramadan Ekstra dapat menjadi festival tahunan seperti Black Friday di Amerika Serikat, Boxing Day di Eropa, Single Day di China, atau Big Billion Day di India, festival yang sarat dengan kearifan lokal, memberikan kesempatan terbaik untuk memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Baca juga : Tokopedia Berikan Poin Untuk Ditukarkan Hadiah Menarik, Apa Saja ?

Lebih lanjut William menjelaskan, “Misi kami untuk mendorong pemerataan ekonomi secara digital selalu menjadi motivasi utama kami dalam berkarya. Kami sangat terharu dan mengapresiasi kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap Ramadan Ekstra. Kemeriahan dan antusiasme terhadap program ini memberikan pelajaran dan pengalaman berharga yang menjadi motivasi kami agar di tahun-tahun mendatang, Ramadan Ekstra dapat menghadirkan pelayanan yang jauh lebih baik lagi.”tutup William.