2 Hp Xiaomi terbaru
2 Hp Xiaomi terbaru

GadgetSquad – Urusan tiru meniru atau membuat produk yang mirip dengan kompetitor, pabrikan Cina dikenal memang jagonya. Hanya saja, kalau sudah terlalu mirip harus hati-hati, nanti bisa seperti Xiaomi.

Xiaomi baru saja kena tuntut Coolpad, lantaran dituding telah melanggar hak paten. Atas pelanggaran yang ditujukan pada Xiaomi itu, Coolpad menuntut komptriotnya itu, untuk menghentikan produksi sejumlah tipe hp.

Seperti dilaporkan PhoneArena, setidaknya ada 6 tipe hape Xiaomi yang diklaim Coolpad telah melanggar hak paten, dan harus segera distop produksinya. Produk yang dipermasalahkan adalah Mi6, Mi Max 2, Mi Note 3, Mi 5X, Redmi Note 4X, dan Mi Mix 2.

Menurut catatan pihak Coolpad, keenam produk ini telah melanggar sejumlah paten termasuk desain UI slot kartu SIM ganda. Berdasarkan gugatan di pengadilan Provinsi Jiangsu, Coolpad melalui anak perusahaannya Yulong Computer Telecomunication Scientific Co Ltd, melayangkan tuntutan pada tiga kelompok perusahaan Xiaomi, yakni Xiaomi Telecom Technology Co Ltd, Xiaomi Technology Co Ltd, dan Xiaomi Factory Co Ltd.

Dalam catatan pengadilan, Coolpad menilai bahwa Xiaomi telah meniru sejumlah tampilan, fungsi, fitur komunikasi dasar hingga fitur interaktif ponsel. Selain itu, dalam catatan tersebut Coolpad meminta kompensasi atas kerugian dari pelanggaran hak paten ini

Sejauh ini, Coolpad sendiri terlihat sangat yakin dengan gugatannya. Bahkan Jiang Chao, CEO Coolpad Group mengatakan akan terus berupaya untuk menyelesaikan masalah pelanggaran hak paten ini. “Jika pencapaian ribuan insinyur di bagian R&D yang telah bekerja selama 25 tahun dijiplak dan tidak kita kejar, pada akhirnya sikap ini akan merugikan seluruh bangsa dan generasi mendatang,” ungkap Jiang