6 Langkah Agar Obrolan di WhatsApp Lebih Aman

0

pesan whatsappGadgetSquad.ID – Berbicara keamanan obrolan via WhatsApp, mungkin kamu satu dari sekian banyak pengguna, yang masih belum percaya 100%, jika layanan mesengger itu sudah sepenuhnya aman.

Nah, biar merasa lebih aman lagi saat ngobrol di WhatsApp, ada beberapa trik sederhana yang bisa dicoba, agar pembicaraan di WA lebih terproteksi.

Dirangkum dari situs resmi WhatsApp, beberapa fitur ini bisa digunakan untuk mengontrol keamanan dan privasi obrolan di WhatsApp.

Baca juga : Begini Caranya Baca Pesan WhatsApp Yang Sudah Dihapus

1. Pengaturan privasi
Pada menu privasi, ada beberapa fitur yang bisa digunakan untuk mengontrol privasi profil pengguna. Di antaranya adalah laporan pesan telah dibaca, tanda waktu terakhir dilihat (last seen), informasi profil, dan foto profil.

Penyetelan privasi bisa dilakukan dengan pergi ke tombol menu di pojok kanan atas bergambar titik tiga, lalu pilih setelan (setting), akun (account) dan pilih privasi (privacy). Setelah pilih menu privasi, pilih opsi fitur mana yang akan dikontrol.

Untuk mengontrol keamanan laporan pesan telah dibaca, tanda waktu terakhir dilihat, informasi profil, dan foto profil, bisa memilih opsi siapa saja yang diperkenankan melihatnya.

2. Mengontrol pembaruan status
Pengguna juga bisa mengontrol pembaruan status.  Opsi yang bisa dipilih adalah “semua kontak” yang merujuk pada kontak yang anda simpan di perangkat.

Opsi kedua adalah “kontak saya dengan pengecualian”, di mana Anda bisa memilih beberapa kontak untuk dihalau meliat pembaruan status, layaknya fitur “sembunyikan”(hide) di Instagram story.

Terakhir adalah pilihan “hanya berbagi dengan beberapa kontak tertentu”. Artinya, hanya kontak-kontak pilihan Anda saja yang bisa melihat pembaruan status Anda.

3. Memblokir
Fitur ini bisa mencegah kontak tertentu untuk menghubungi Anda, baik melalui teks atau telepon. Caranya, pilih opsi “blokir kontak”, lalu klik ikon kontak di pojok kanan atas untuk memilih kontak mana saja yang ingin diblokir.

4. Menghapus percakapan
Untuk menghapus percakapan pesan di ruang percakapan personal, tahan pesan-pesan yang ingin dihapus lalu pilih ikon tong sampah dan pilih hapus. Jika usia pesan kurang dari 1 jam 8 menit 6 detik, Anda bisa memilih opsi hapus untuk semua.

Baca juga : WhatsApp Ternyata Bisa Disadap Orang Lain, Begini Cara Mencegahnya

5. Autentikasi dua langkah
Metode autentikasi dua-langkah umumnya menggunakan SMS untuk mengirim kode verifikasi. Cara menggunakan autentikasi dua langkah untuk ponsel Android, pilih ikon menu tiga titik di sisi kanan atas layar.

Selanjutnya pilih “Settings” dan tekan “Account”. Maka akan muncul pilihan “two-step verification”. Tekan pilihan tersebut dan masukkan enam digit yang diinginkan sebagai passcode.

WhatsApp akan meminta konfirmasi ulang passcode tersebut disertai permohonan memasukkan alamat e-mail.

Untuk pengguna iPhone, cara mengaktifkan otentikasi dua langkah hampir sama seperti di ponsel Android. Hanya saja, menu “Account” diakses dari ikon “Settings” di pojok kanan bawah layar. Jika sudah mengikuti semua prosesnya, akun pengguna diklaim bakal lebih aman.

6. Meminta info akun
Seperti Facebook dan Instagram, WhatsApp juga menyediakan fitur yang bisa diunduh penggunanya tentang informasi apa saja yang mereka koleksi selama penggunanya aktif di WhatsApp.

Cara mengunduh informasi profil adalah dengan mengetuk ikon titik tiga di pojok kanan atas, lantas pilih menu “setelah” (setting). Setelah pengaturan terbuka, piih menu “akun” (account), lalu pilih opsi “permintaan informasi akun” (request account info), lalu klik “permintaan laporan” (request report).

WhatsApp menginformasikan bahwa laporan baru bisa diterima selang tiga hari setelah melakukan permintaan. Permintaan informasi akan dibatalkan, jika pengguna menghapus akun WhatsApp, mengubah nomor ponsel, atau me-registrasi ulang akun selama masa tunda permintaan.

Informasi yang direkam WhatsApp di antaranya, nomor ponsel, koneksi IP yang digunakan, jenis perangkat yang digunakan, vendor perangkat, foto profil, semua nomor kontak, semua grup WhatsApp di mana pengguna masuk di dalamnya dan nomor kontak mana saja yang diblokir8