Iklan Baru Samsung Galaxy S9 Lagi-lagi Sindir iPhone X

0

samsung galaxy s9

GadgetSquad Community – Perang iklan antara Samsung dan Apple sudah biasa, namun kali ini Samsung meluncurkan seri iklan baru yang berbeda.

Jika kamu adalah fans Samsung, Apple atau sering mengikuti berita perkembangan gadget, masih ingat dengan iklan Samsung yang menyindir iPhone X? Tahun lalu, Samsung meluncurkan iklan berjudul “Growing Up” yang bercerita mengenai pengguna setia iPhone beralih memakai Galaxy.

Bulan lalu, Samsung kembali meluncurkan iklan baru berjudul “Moving On” dengan konsep cerita yang sama. Nah, yang akan saya bahas dalam artikel ini adalah seri iklan terbaru Samsung S9 yang menohok iPhone X. Tenang saja, walaupun saya pakai iPhone, pendapat saya tidak bias.

Tanggal 20 Juli 2018, Samsung meluncurkan tiga buah iklan Samsung S9. Iklan-iklan tersebut direkam dalam sebuah toko imajinasi Apple dimana seorang karyawan menanggapi pelanggan yang ingin membeli iPhone X.

Ada pelanggan yang bertanya jika iPhone X memiliki headphone jack, ada juga yang bertanya jika kualitas kamera iPhone X lebih bagus dari Samsung S9. Melalui iklan terbarunya, Samsung juga ingin menekankan kalau Samsung S9 lebih cepat daripada iPhone X, dari segi charging maupun proses download.

Namanya juga bersaing, tidak ada yang salah jika sebuah merek ingin menunjukkan kelebihan produk mereka dibanding produk kompetitor. Namun, iklan Samsung S9 membuat Samsung terkesan bitter alias dongkol sendiri. Entah apa tujuan Samsung membuat iklan-iklan tersebut, saya sebagai pengguna iPhone saat menontonnya tidak ingin beralih pakai Samsung S9.

Misalnya, sudah sejak dua tahun lalu Apple menghilangkan headphone jack, kenapa masih dibahas dalam iklan tersebut? Jika target iklan tersebut adalah pengguna iPhone, mereka sudah terbiasa dengan keabsenan headphone jack.

Soal kualitas kamera – DxOMark, perusahaan yang meneliti kualitas lensa pada kamera dan HP, memberikan nilai yang lebih tinggi untuk Samsung S9 daripada iPhone X. Namun, tidak semua orang menganggap hal tersebut penting. Di mata orang awam, kualitas gambar iPhone X sudah super oke!

Anehnya, dalam ketiga iklan tersebut, Samsung S9 tidak muncul secara fisik. Hal ini memperkuat dugaan bahwa konsep iklan Samsung S9 adalah menjual dengan cara menohok iPhone X.

Yang lebih aneh, semua pelanggan dalam iklan tersebut sudah tahu kalau Samsung S9 memiliki fitur yang mereka inginkan, tapi kenapa mereka masih masuk ke toko Apple dan memilih iPhone X?

Dari segi storytelling atau cerita, “Growing Up” dan “Moving On” lebih artistik dan menyentuh sementara iklan Samsung S9 seperti dibuat oleh fans berat Samsung yang anti Apple. Itu lho, yang sering berantem di kolom komentar. Bagaimana menurut kalian? Iklan Samsung S9 jenius atau bikin greget?