Pernah ditelpon oleh nomor yang tidak anda inginkan? Jika iya maka anda salah satu pengguna yang harus mengetahui Cara Jitu Blokir Telpon Masuk. Dan ini adalah trik bagaimana cara memblokir nomor telpon yang tidak diinginkan. Sejatinya ada dua cara untuk melakukannya, yakni dengan menggunakan fitur “Call Barring” atau “Call Blocking” yang biasanya tersedia pada sebuah ponsel dan layanan jaringan yang anda gunakan. Bagaimana cara pengaturannya? Berikut adalah caranya.

Fitur Call Barring berarti bahwa Anda memanfaatkan jaringan telepon atau pada kartu SIM card untuk mencegah panggilan ke nomor Anda. Penggunaan fitur ini akan bekerja bahkan jika Anda mengganti ponsel baru sekalipun.

Sedangkan Call Blocking dilakukan pada ponsel itu sendiri dan akan membuat panggilan yang tidak diinginkan tak terlihat, diam atau akan mengirimkannya ke voicemail secara langsung. Cara ini sama saja dengan “Call Rejection” karena panggilan akan ditolak saat tiba di handset. Kedua cara ini memiliki respon terhadap masalah yang sama.

iOS / iPhone

Di iPhone memungkinkan pengguna memblokir nomor dengan empat skenario yang berbeda. buka nomor kontak yang tidak anda inginkan, dan cari tombol “Block Contact” dengan men-scroll kebawah layar. Pilih icon “i” di samping nomor penelepon yang tidak diinginkan dan pilih tekan Blok Contact

Android

Banyak ponsel memiliki cara yang sedikit berbeda dalam memblokir nomor dan panggilan karena beberapa tampilan android sedikit berbeda dengan tampilan bawaan Android sebenarnya. Untuk mengaktifkan Call Barring cari fitur ini dari menu Settings> Call. Disana anda akan menemukan pilihan “Call Barring ” atau Anda harus melakukan pilihan tambahan lainya pada ” Additional settings ” dan sesuaikan Pembatasan panggilan yang anda inginkan.

Windows Phone

Di smartphone berplatform Windows Phone memiliki built-in filter yang dapat Anda akses melalui Settings>Panggilan+SMS Filter. Dari sana, Anda dapat mengaktifkan fitur pemblokiran. Lalu kembali ke antarmuka ponsel dan blokir nomor dengan memilih nomor yang agak lama hingga keluar menu pilihan pop-up.

BlackBerry

Berbeda pada ponsel Blackberry yang memiliki sejumlah fitur bloking secara built-in untuk satu nomor kontak tertentu. Namun anda dapat melakukannya dengan memblokir semua panggilan yang akan masuk atau memblokir SMS / Text melalui Settings> Security> Firewall). Jika anda ingin melakukan pemblokiran panggilan maka Anda akan perlu menghubungi ISP Anda dan menggunakan pembatasan panggilan. Atau, Anda dapat menginstal aplikasi untuk memblokir panggilan untuk BlackBerry OS 10.3+, seperti BlockIt, Phone Warrior atau Junk Call Blocker.