GadgetSquad.ID – Tak dinyana, ternyata 20 tahun sudah Garmin Forerunner, mewarnai persaingan di ranah jam pintar. Seri Garmin Forerunner sendiri, menjadi jam pintar GPS pertama di dunia yang dirancang untuk membantu pelari.

“Awalnya seorang insinyur Garmin memasang perangkat GPS di pergelangan tangannya. Semenjak itu, seri Forerunner telah berkembang menjadi pendamping terpercaya untuk semua pelari di seluruh dunia,” kata Scoppen Lin, Assistant General Manager, Garmin Asia.

Jam pintar ini terbilang populer, menurut data pihak Gamin pada tahun 2022 saja, ada lebih dari 320.000 pengguna Forerunner baru di seluruh Asia.

Di Indonesia sendiri tercatat ada peningkatan sebesar 51% dari 2020 hingga 2022 untuk aktivitas lari yang tercatat oleh Garmin.

Bersama dengan perayaan 20 tahun, pihak vendor merilis Garmin Forerunner 265 dan 965. Keduanya diklaim sebagai Forerunner terkuat dan tercanggih. Jam tersebut membidik pelari tingkat menengah dan lanjutan serta atlet triatlon.

Soal spesifikasi, Garmin Forerunner 265 dan 965 datang dengan dukungan layar sentuh AMOLED berkualitas tinggi dalam bentuk yang ringan. Forerunner 965 memiliki bezel titanium, layar AMOLED 1,4 inci, dan daya tahan baterai yang luar biasa.

Baca juga : Deretan Jam Garmin MARQ Collection Second Generation Dengan Fitur Mewah!!

Di sisi lain, Forerunner 265 hadir dengan lensa Corning Gorilla Glass 4, dengan opsi layar AMOLED 1,3 inci atau 1,1 inci (pada Forerunner 265S) dengan dukungan Garmin Firstbeat Analytics.

Diklaim sebagai Forerunner terkuat, seri 265 dan 965 sudah lolos 9 pengujian, yang membuktikan produk bertahan pada kondisi penggunaan ekstrim

Kesembilan pengujian tersebut terdiri dari pengujian suhu rendah dan tinggi; pengujian tekanan tinggi hidrolik 10 bar; pengujian deteksi akselerasi; pengujian altimeter; pengujian jatuh berulang; quick fit life test untuk tali jam tangan; uji siklus keausan tali atau strap jam; dan pengujian tombol fisik.