GadgetSquad.ID – Langkah Indosat Ooredoo Hutchison meluncurkan fitur Anti-Spam dan Anti-Scam, sebagai langkah mencegah penipuan berbasis digital, nampaknya berjalan sangat positif.

Berdasarkan keterangan yang di terima GadgetSquad, semenjak dirilis 7 Agustus 2025, fitur Anti-Spam dan Anti-Scam telah memblokir lebih dari 200 juta panggilan berisiko.

Selain itu diinfokan, fitur tersebut juga sudah memberikan peringatan pada lebih dari 90 juta pesan mencurigakan, dan melindungi rata-rata 11,5 juta pelanggan per bulan dari potensi penipuan digital.

Anti-Spam dan Anti-Scam sendiri, merupakan salah satu langkah Indosat, memperkuat komitmennya dalam melindungi pelanggan melalui penerapan teknologi kecerdasan artifisial (AI).

Fitur Anti-Spam dan Anti-Scam, yang dibangun di atas teknologi AIvolusi5G Indosat, memberikan perlindungan menyeluruh tanpa mengharuskan pelanggan memiliki perangkat premium atau menginstal aplikasi tambahan.

Bilal Khazmi, Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, jika Teknologi ini dirancang untuk membantu pelanggan dari berbagai usia agar dapat menjelajahi dunia digital dengan lebih percaya diri.

“Dengan konektivitas andal, produk terjangkau, dan perlindungan yang kuat, kami berkomitmen menghadirkan pengalaman digital kelas dunia yang menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Buat pengguna IM3, perlindungan ini tersedia dengan nama SATSPAM (Satuan Anti Scam dan Spam), yang terdiri dari dua jenis:

– SATSPAM BASIC : otomatis aktif untuk semua pengguna prabayar IM3 dengan paket data aktif.
– SATSPAM+ : menawarkan perlindungan lebih canggih dengan kemampuan mendeteksi tautan berbahaya.

Sedangakan untuk pelanggan Tri, fitur serupa yakni TRI AI: AntiSpam/Scam yang hadir melalui deteksi visual tiga kode warna: toska untuk Nomor Aman, kuning untuk Nomor Tidak Dikenal, dan merah untuk Nomor Berisiko.

Selain itu, pelanggan IM3 dan Tri juga dapat mengakses fitur perlindungan Plus+ melalui aplikasi myIM3 dan bima+.