GadgetSquad.ID – Kabar penting bagi pelanggan XL Axiata yang masih enggan beralih dari teknologi 3G. XL Axiata akan melakukan penataan ulang teknologi 3G atau yang dia sebut sebagai 3G Sunset.

Merujuk dari fakta di atas, artinya perlahan tapi pasti XL Axiata secara bertahap akan menghentikan layanan 3G. Bahkan XL sudah pasang target, semua proses 3G Sunset rampung pada akhir Maret 2022.

I Gede Darmayusa, Technology Officer XL Axiata, mengatakan, program 3G Sunset dilakukan untuk meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan.

Selain itu, 3G Sunset juga dilakukan guna mendukung arahan pemerintah dalam meningkatkan efisiensi spektrum untuk jaringan data.

Gede menjelaskan, sejauh ini XL Axiata telah mematikan 5.000 BTS 3G dan setiap harinya, ada sekitar 1.000 BTS 3G yang dinonaktifkan. “Semuanya dilakukan secara bertahap dan ditargetkan selesai pada bulan Maret,” tutur Gede.

Dari data yang didapat, layanan 3G XL Axiata kini menjangkau 22 kota dengan jumlah tower sebanyak 22.000 BTS. “22.000 tower 3G bulan depan (Maret) semua bisa di-sunset,” tegas Gede.

Peranyaanya, lalu bagaimana nasib pelanggan XL yang masih bertahan dengan koneksi 3G?

Gede mengungkap, selain bertahap menghentikan layanan 3G, XL Axiata juga terus melakukan sosialisasi terhadap pelanggan. Para pelanggan yang belum menggunakan USIM disarankan untuk berganti USIM agar bisa mendapatkan sinyal LTE.

Sementara bagi pelanggan yang belum memiliki perangkat berjaringan LTE, XL Axiata menyediakan program bundling perangkat yang didukung berbagai promo.

“Kami tidak ingin kehilangan mereka, tetapi market harus mengerti dan pemerintah sudah memperhitungkan dengan matang (untuk menghentikan layanan 3G),” tegas Gede.

Sebagai info selain XL Axiata, operator lain seperti Telkomsel serta Indosat Ooredoo Hutchison, juga akan melakukan penghentian layanan 3G.

Bye koneksi 3G…cus beralih ke 4G atau 5G!!!