GadgetSquad.ID – Tak hanya di hape, fitur kecerdasan buatan Galaxy AI, kini juga hadir di Samsung Galaxy Watch 7 dan Galaxy Buds 3 series, yang baru saja rilis.

Kondisi di atas, seakan mempertegas jika Galaxy AI akan semakin menjadi fitur andalan Samsung.

Annisa Maulina, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, menuturkan, Galaxy Watch 7 jadi smartwatch pertama Samsung yang dibekali Galaxy AI.

“Galaxy Watch 7-nya jadi yang pertama kali kita hadirkan fitur AI. Fitur ini pastinya ditujukan untuk orang-orang yang pengin gaya hidupnya jadi lebih baik dan melengkapi ekosistemnya Samsung user juga,” katanya.

Sedangkan Galaxy Buds 3 dan Galaxy Buds 3 Pro mendapatkan upgrade fitur AI dari yang sebelumnya sudah tersedia di Galaxy Buds 2, Galaxy Buds 2 Pro, dan Galaxy Buds FE.

Pertanyaannya, apa saja fitur AI yang tersemat di Samsung Galaxy Watch 7 dan Galaxy Buds 3 series?

Fitur AI yang ada di Galaxy Watch 7 difokuskan untuk memperkuat hasil analisis data kesehatan yang direkam oleh sensor-sensornya.

Misalnya lewat fitur Energy Score yang bisa menganalisis durasi tidur, kualitas tidur, dan detak jantung yang hasilnya bisa dilihat setelah bangun tidur.

“Misalnya sleep quality saya nih 92, berarti hari itu saya fit untuk olahraga fisik dan kerja gitu. Tapi kalau memang energy score-nya jelek misalnya 70 gitu, ya saya jadi sadar diri kalau badan saya lagi nggak terlalu fit jadi saya nggak perlu kerja fisik yang terlalu banyak,” jelas Annisa.

AI di Galaxy Watch 7 juga bisa mengukur kesehatan jantung dengan menganalisis data IHRN (notifikasi ritme jantung tidak teratur, EKG, tekanan darah, dan detak jantung.

Selain fitur kesehatan, fitur pintar di Galaxy Watch 7 juga diperkuat dengan Galaxy AI.

Seperti fitur Suggested Replies yang sebelumnya hanya menampilkan jawaban template untuk membalas pesan dari jam tangan, kini akan merekomendasikan jawaban dari AI berdasarkan isi percakapan.

Beralih ke fitur kecerdasan buatan di Galaxy Buds 3 series. Sebagai info Galaxy Buds 3 series tersedia dalam dua versi yakni Buds 3 dan Galaxy Buds 3 Pro.

Baca juga : Selain Samsung Ring dan Galaxy Z Fold/Flip 6, Ini Perangkat Baru Lainnya Dirilis di Samsung Unpacked

Adapun Galaxy AI di Galaxy Buds 3 hadir untuk, lebih memaksimalkan fitur Interpreter di Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6.

Jika fitur Interpreter dalam mode Listening diaktifkan, pengguna bisa mendengarkan terjemahannya langsung menggunakan Galaxy Buds 3 series dan membaca hasil terjemahan dalam bentuk teks di layar ponsel.

Fitur AI lainnya di Galaxy Buds 3 dan Galaxy Buds 3 Pro diantaranya, Adaptive EQ dan Adaptive dan ANC yang bisa disesuaikan secara otomatis mengikuti posisi buds saat dikenakan di telinga.

Khusus untuk Galaxy Buds 3 Pro, Samsung menyediakan fitur Adaptive Noise Control, Siren Detect, dan Enhanced Voice Detect yang bisa menyesuaikan level ANC sesuai dengan lingkungan sekitar.

Harga
Galaxy Watch 7
– 40 mm Rp 4.499.000
– 44 mm Rp 4.999.000

Galaxy Buds 3 Series
– Buds 3 Rp 2.299.000
– Buds 3 Pro Rp 3.299.000