GadgetSquad.ID – Barbagai daya dan upaya dilakukan Telkomsel, untuk mengakselerasi transformasi digital sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. Teranyar Telkomsel akan menggelar program Digital Creative Enterpreneurs (DCE) 2021.

Melalui program DCE ini, Telkomsel ingin membuka peluang dan kesempatan lebih luas bagi para pelaku UKM agar dapat meningkatkan kapasitas maupun kapabilitas digitalnya.

Jadi, UKM lokal ini diharapkan dapat memiliki daya saing di tingkat nasional maupun global. Gelaran DCE 2021 sendiri dibuka dengan webinar bertajuk Digital Mindset for Digital Acceleration.

Andry P. Santoso, General Manager CSR Telkomsel, berharap DCE 2021, bisa menjadi langkah awal bagi UKM menuju level yang lebih tinggi.

“Semoga Digital Creative Entrepreneurs 2021, dapat menjadi peluang besar bagi para pelaku UKM dalam beradaptasi, sekaligus mengimplementasikan berbagai perkembangan teknologi terkini yang untuk mendukung kemajuan usaha ke level lebih tinggi,” tuturnya.

Sementara itu, Hadi Sucipto, CSR Education and Community Development Telkomsel, menjelaskan, program DCE 2021 terbuka untuk beberapa kategori pelaku UKM, seperti di bidang kuliner, fashion, dan kerajinan tangan.

Lebih lanjut Hadi menuturkan, program ini akan mengadakan beberapa rangkaian kegiatan untuk pelaku UKM yang nantinya bergabung. Mulai dari webinar, workshop, hingga mentoring.

“Kami tidak hanya menggelar webinar. Saat onboarding nanti para UKM juga dapat mengikuti workshop untuk mengetahui apa saja yang mereka bisa lakukan dengan platform yang ditawarkan di program, termasuk intimate session dari para mentor,” beber Hadi.

Dalam program DCE 2021 terdapat beberapa tahap penyeleksian yang akan memilih 150 UKM untuk dapat mengikuti rangkaian program.

Para peserta UKM terpilih nantinya akan menjalani masa orientasi dan mentoring selama tiga minggu yang akan didukung oleh sejumlah expert yang berada di ekosistem digital Telkomsel.

Selain itu, para UKM terpilih akan mendapatkan akses ke ratusan modul pembelajaran yang dapat diakses melalui website www.dce.co.id, mulai dari brand & design, storytelling, business & campaign, legal & IP rights, digital & social media, market research, quality control, hingga leadership & growth.

Tahap selanjutnya, peserta akan kembali disaring hanya menjadi 15 peserta UKM untuk dapat mengikuti sesi workshop, orientasi, dan mentoring selama satu minggu.

Di akhir program, Telkomsel menghadirkan program festival virtual UKM dengan memberikan kesempatan kepada 150 peserta DCE 2021 untuk menjangkau pangsa pasar lebih luas.

Pendaftaran dan rangkaian program Digital Creative Entrepreneurs 2021 dapat di akses melalui website www.dce.co.id, dan ikuti perjalanan DCE 2021 di social media @DCE_ID.

“Digital Creative Entrepreneurs 2021 diharapkan dapat menjadi peluang besar bagi para pelaku UKM dalam beradaptasi sekaligus mengimplementasikan berbagai perkembangan teknologi terkini yang dapat mendukung kemajuan usaha ke level lebih tinggi. Kami juga meyakini bahwa program ini mampu menghadirkan perubahan signifikan yang berdampak bagi sektor UKM agar dapat bersaing hingga level global. Inisiatif ini juga merupakan keberlanjutan komitmen Telkomsel dalam merangkul para pegiat serta pelaku UKM guna meningkatkan keterampilan yang kedepannya akan berkontribusi sebagai bagian penting dari ekosistem digital bangsa yang dapat mendorong gerakan #BanggaBuatanIndonesia sampai ke mancanegara,” tutup Andry.