GadgetSquad.ID – Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh 20 Mei lalu, dijadikan momentum bagi Smartfren untuk terus menyebarkan “positif vibes” ke penjuru negeri ini. Hal tersebut diwujudkan dalam kampanye “Smartfren gerakan 100% untuk Indonesia”.

Salah satu yang diwujudkan dalam kampanye Smartfren gerakan 100% untuk Indonesia, yaitu inisiatif Internet untuk Indonesia. Hal tersebut didasari oleh akses internet yang berperan penting sebagai medium perubahan dan pembuka peluang baru.

Gerakan Internet untuk Indonesia telah berjalan dan akan terus berlanjut pada 2023 ini. Lewat gerakan ini, Smartfren mengajak masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam upaya pengembangan potensi, khususnya lokal dengan memanfaatkan internet.

Andrijanto Muljono, Chief Commercial Officer Smartfren mengatakan momen Hari Kebangkitan Nasional kita manfaatkan untuk membangkitkan semangat anak-anak muda Indonesia dalam berkarya dan bisa terbang lebih tinggi dengan memanfaatkan internet.

“Gerakan 100% untuk Indonesia ini adalah komitmen Smartfren untuk menyatukan seluruh anak muda di Indonesia dengan berbagai programnya, membawa UMKM untuk naik kelas dan memberikan manfaat positif untuk Indonesia,” kata Andrijianto Muljono.

Siapa saja yang menjadi target gerakan yang diinisiasi Smartfren kali ini?

Target pemberian akses tersebut antara lain adalah pelajar yang berada di daerah pelosok, pelajar di kawasan sub-urban yang kesulitan memenuhi  kebutuhan akses internet untuk pendidikan, komunitas belajar di berbagai daerah, serta UMKM lokal di berbagai kota di Indonesia.

Dr. Nining I. Soesilo, Penasihat PEBS Universitas Indonesia, sangat mengapresiasi program yang telah dijalankan oleh Smartfren.

“Saya harap banyak perusahaan lain yang menginiasi program digitalisasi UMKM dan anak-anak muda seperti ini, sehingga dapat mewujudkan kontribusi positif untuk Indonesia,” kata Nining.

Lebih lanjut, Dr. Nining I. Soesilo menginfokan, saat ini ada lebih dari 64 juta UMKM di seluruh Indonesia. “Sayangnya, baru sebagian yang tersentuh digitalisasi dan berhasil naik kelas. Selain itu, hampir 97% tenaga kerja di Indonesia diserap oleh UMKM,” bebernya.

Lebih jauh perihal kampanye Smartfren 100% untuk Indonesia, gerakan ini tak hanya berkutat soal penyebaran internet saja. Gerakan keren ini juga memiliki sejumlah program lain yang terus dijalankan secara konsisten, antara lain:

Teman UMKM Indonesia yang fokus pada pengembangan potensi lokal dan digitalisasi untuk membawa UMKM naik kelas.

Teman Pintar Indonesia sebagai medium literasi digital untuk anak muda dan para ibu yang hingga saat ini telah menjangkau lebih dari 30.000 orang peserta di hampir 150 kota.

Teman Kreasi Indonesia yang merupakan wadah  kolaborasi dengan berbagai usaha lokal.

WOW 100% untuk Indonesia yang telah berjalan di sejumlah kota sebagai wadah untuk menampilkan berbagai potensi dari sisi komunitas serta usaha lokal