GadgetSquad.id – Hingga kini Google Search masih menjadi search engine favorit untuk mencari informasi di internet. Sepertinya ke depannya Google Search bakal mendapatkan pesaing yang tangguh, yaitu SearchGPT.

searchGPT saingi Google Search

SearchGPT adalah jawaban dari OpenAI yang telah lama ditunggu-tunggu. SearchGPT  adalah mesin pencari berbasis teknologi AI (artificial intelligent) yang didukung oleh rangkaian model GPT-4 dengan ringkasan informasi real-time dari web dan tautan ke sumber yang relevan.

Penggunaan mesin pencari AI ini sama mudahnya dengan penggunaan ChatGPT. Perintah entri teks bisa dilakukan sama seperti yang biasa dilakukan di ChatGPT. Kamu cukup mengetik perintah pencarian dan SearchGPT memberikan jawaban yang relevan. kamu kemudian dapat menelusuri informasi yang dirangkum dan mengikuti tautan yang disediakan atau melanjutkan dengan pertanyaan lanjutan.

Baca juga : Mengenal Sora, Inovasi Terbaru OpenAI untuk Membuat Video Dari Teks

SearchGPT akan memahami perintah kontekstual sehingga kamu dapat meminta informasi relevan lainnya dari pertanyaan yang diajukan. Mesin pencari ini juga mendukung hasil pencarian dalam bentuk visual seperti gambar, video, dan grafik.

OpenAI saat ini bekerja sama dengan mitra pihak ketiga untuk membangun databasenya termasuk kantor berita seperti The Wall Street Journal dan The Associated Press. OpenAI juga mengonfirmasi rencananya untuk mengintegrasikan Search GPT ke ChatGPT.

SearchGPT saat ini sedang dalam tahap pengujian prototipe. Pengujian ini terbatas pada 10.000 pengguna uji pada saat peluncuran. Kamu dapat mendaftar ke daftar tunggu SearchGPT di sini.