ASUS Indonesia hari ini resmi memperkenalkan dua laptop AI terbaru nya yang ditujukan khusus untuk para konten kreator profesional, yakni ProArt PX13 dan ProArt PZ13. Kedua laptop ini juga sudah mendukung mobilitas tinggi yang dibekali dengan performa kencang untuk pengalaman terbaik bagi penggunanya.

ASUS ProArt adalah lini laptop kreator terbaik, hadir dengan teknologi dan fitur paling canggih, serta didesain secara khusus untuk para konten kreator,ā€ ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director. ā€œDua laptop ASUS ProArt terbaru kali ini bukan sekadar laptop tipis biasa, tetapi berperan sebagai alat kreatif yang selalu bisa diandalkan kapan saja dan di mana saja oleh para konten kreator untuk menghasilkan mahakaryanya.

ASUS ProArt PX13 (HN7306WU)

Walaupun hadir dengan bentuk yang ringkas dan ringan, laptop seluas 13,3 ini hadir dengan performa yang bisa diandalkan untuk kebutuhan editing video dan foto. Ya, laptop AI convertible ini dibekali dengan chipset AMD Ryzen 9 HX 370 dengan NPU untuk akselerasi AI, serta GPU NVIDIAĀ® GeForce RTXā„¢ 4050.

Tak hanya itu, kinerja prosesor tersebut juga didukung dengan RAM 24GB LPDDR5X on board dan media penyimpanan SSD NVMe berkapasitas 1TB M.2 NVMe PCIeĀ® 4.0 SSD. Tentu saja perpaduan kedua menambah cepat proses penggunaan laptop. SSD PCIe memang memiliki kelebihan dalam kecepatan mengakses file jika dibandingkan harddisk biasa.

Menyoal layar, laptop ini hadir dengan panel OLED 3K yang sudah mendukung 100% DCI-P3 color gamut dan sertifikasi PANTONEĀ® untuk akurasi warna. Selain itu, dilengkapi dengan port USB 4.0, HDMI 2.1, dan Wi-Fi 7, laptop tipis ini menawarkan konektivitas tinggi dan mobilitas dengan bobot hanya 1,38 kg. Menariknya, walaupun memiliki bentuk yang ringkas namun ASUS tetap membekali laptop ini dengan standar militer MIL-STD 810H untuk penggunaan di berbagai kondisi.

ASUS ProArt PZ13 (HT5306)Ā 

Sementara ASUS ProArt PZ13 (HT5306) adalah perangkat laptop AI sekaligus tablet yang dirancang khusus untuk kreator profesional on-the-go. Ditenagai oleh prosesor QualcommĀ® SnapdragonĀ® X Plus dengan 8 core dan NPU QualcommĀ® Hexagon yang mendukung akselerasi AI hingga 45 TOPS, perangkat ini sangat cocok untuk tugas pengolahan media dan grafis.

Layarnya menggunakan teknologi ASUS Lumina OLED 13,3 inci dengan resolusi 3K, menawarkan akurasi warna tinggi dengan sertifikasi PANTONEĀ® dan HDR True Black 500. ProArt PZ13 juga dilengkapi Wi-Fi 7, dua port USB 4.0 Type-C, dan pembaca kartu SD Express 7.0. Dengan berat 0,85 kg dan sertifikasi ketahanan MIL-STD 810H serta IP52, laptop ini cocok untuk kreator yang memerlukan mobilitas tinggi.

Harga & Ketersediaan

Bagi anda yang tertarik dengan duo laptop premium teranyar besutan ASUS ini, ASUS ProArt PX13 (HN7306WU) dibanderol dengan harga Rp. Rp31.999.000 sedangkan ASUS ProArt PZ13 (HT5306) bisa didapatkan dengan harga Rp. Rp26.999.000. Kedua laptop ini sudah tersedia untuk pasar Indonesia di Asus store dan toko retail.